Font Aman Setelah Dipindah

Font Aman Setelah Dipindah. Ketika mendesain slide presentasi, tentunya kita ingin membuatnya semenarik dan seindah mungkin, salah satunya dengan menambahkan font. Font digunakan untuk menjelaskan informasi tertentu sehingga perlu memilih yang mudah dibaca dan nyaman dilihat. Ketika memilih, tidak selamanya kita mengambil font yang berasal dari bawaan Office atau disebut dengan font default. Karena website penyedia font gratis cukup berlimpah, kita ingin mencoba suasana baru dengan memilih font yang unik. Setelah mendownload dan menginstallnya, font tersebut sudah siap pakai untuk desain slide. Oh ya, silakan simak juga Website Kombinasi Font Terbaik Slide Presentasi untuk tahu kombinasi yang cocok.

Namun, bagaimana jika ingin pindah komputer? Bagaimana agar fontnya tidak berubah setelah dipindah? Hal seperti ini sering terjadi, ketika kita menginstall font menggunakan komputer A, namun slidenya dibuat presentasi di laptop B. So, inilah tips font aman setelah dipindah:

1- Embed Font

Sebelum menyimpan filenya, pastikan Anda sudah menyimpan opsi Embed Font. Caranya Pilih File, lalu pilih Options. Di menu PowerPoint Options, ada pilihan save di kolom paling kiri. Langsung pilih save, dan jangan lupa centang Embed fonts in the file (embed only the characters used in the presentation). Ini tips paling aman karena file Anda berbentuk PPTX dan font aman setelah dipindah ke komputer lain. Tapi ada kekurangannya yaitu ukuran filenya cenderung lebih besar dari file PPTX yang fontnya belum diembed.

2- Pindah File PPTX dan Font sekaligus

Kalau tidak ingin file powerpointnya besar seperti poin 1, Anda bisa memindahkan file PowerPoint dan font dalam satu paket. Intinya, Anda menginstall font di 2 komputer yang digunakan untuk mendesain dan presentasi. Namun jika ingin memakai cara ini, pastikan mempunyai waktu prepare lebih lama, karena kalau terlalu mendadak dikhawatirkan terburu-terburu dan mempengaruhi performa Anda dalam presentasi.

3- Save PDF

Jika ingin font aman setelah dipindah, Anda bisa mengubah format filenya dari PPTX menjadi PDF. Tapi memang hal ini jarang dilakukan untuk kebutuhan presentasi, karena biasanya PDF ini digunakan untuk kebutuhan pembuatan ebook, proposal dan lainnya. Tapi untuk urusan aman, ia dipastikan aman dipindah ke manapun.

4- Save JPG

Tips Font Aman Setelah Dipindah yang terakhir adalah save dalam bentuk JPG. Ini memang sedikit lebih repot dari tips lainnya, Anda perlu membuat 2 file baru dalam 1 komputer. file 1 untuk mendesain dan menyimpan file yang sudah fix dalam bentuk JPG, dan file 2 lainnya untuk memasukkan JPG yang berasal dari file 1. Oh ya, pastikan memilih resolusi tertinggi agar kualitas gambar tetap terjaga. Caranya, setelah mengatur format menjadi JPG, pilih Tools, lalu Compress Pictures, lalu pilih resolusi tertinggi yaitu High Fidelity.

Oke Sobat Kreasi, itulah tips Font Aman Setelah Dipindah yang bisa Kreasi Presentasi bagikan untuk Anda. Silakan pilih tips yang mana saja yang menurut Anda paling mudah dan sesuai kebutuhan. Materi font ini juga kami sharingkan di Workshop Amazing Slide Infograhic bersama corporate, jika ingin belajar lebih lanjut, silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk kerjasama spesialnya. Terimakasih sudah menyimak tajuk Font Aman Setelah Dipindah sampai tuntas. Kalau ingin sharing pengalaman ketika memindah font, silakan ditulis di kolom komentar ya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.