7 Aturan Dasar Mendesain Infografis

7 Aturan Dasar Mendesain Infografis. Di era data ini, setiap orang semakin kreatif dengan tampilan data yang unik dan menarik. Banyak yang mencari cara bagaimana membuat infografis yang bisa dipahami oleh semua orang, bukan hanya dipahami pembuatnya. Tujuannya beragam, ada yang ingin mengedukasi audiens tentang topik tertentu, ada yang ingin membangun merk untuk mengembangkan bisnisnya, dan masih banyak alasan lainnya. Untuk mencapai tujuan itu, memperhatikan sisi visual adalah hal yang harus dilakukan untuk menarik perhatian audiens. Tak mengherankan jika kita banyak menemukan infografis yang tidak biasa, bukan sekedar menampilkan grafik batang atau lingkaran yang umum, namun lebih menarik dari itu.

So, kali ini kita akan bahas aturan yang perlu dipahami jika kita ingin mendesain infografis.

1- Buat Kerangka Dulu

1 dari 7 aturan dasar mendesain infografis adalah buat kerangka dulu. Salah satu kesalahan yang dilakukan dalam mendesain infografis adalah tidak membuat kerangka/draft dulu. Draft membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan terarah. Hal ini juga menghindari buntu ide di tengah jalan, karena hal terburuk saat buntu desain adalah harus menata ulang konsep dari awal. Anda cukup meluangkan waktu kurang lebih 1 jam untuk membuat draft, maka pekerjaan Anda selanjutnya akan lebih mudah dan cepat.

2- Pilih Palet Warna yang Tepat

Refernsi Warna dari colourlovers.com

Dalam workshop infografis Amazing Slide Infographic, kita rekomendasikan kepada peserta untuk memilih 5 warna untuk background, konten, dan lainnya. Usahakan tidak lebih dari 5 karena membuat slide Anda terlalu full color nantinya.  Anda juga bisa membaca tajuk Tips Cepat Memilih Warna Infografis untuk mengetahui pemilihan warna yang harmoni.

3- Pemilihan Font

Kombinasi Font Unik

Dalam infografis atau slide presentasi, Anda bisa menggunakan 2 font optimal, 3 font maksimal. Jika lebih dari itu, audiens akan kesulitan mana judul, sub judul, atau konten. Oh ya, Anda bisa memilih font judul secara bebas, bisa serif, sans serif, ataupun dekoratif. Namun untuk konten, kami rekomendasikan pakai sans serif karena tanpa lekukan membuat ia terkesan longgar dan tidak padat. Silakan simak Rekomendasi Website Kombinasi Font untuk memudahkan Anda memadu-padankan font.

4- Tampilkan Data

Ketika ingin mempresentasikan data, kita perlu menampilkan data dalam slide. Data tidak cukup hanya disampaikan atau diceritakan saja karena audiens akan sulit mengambil kesimpulan. Beda halnya jika kita menceritakan sambil menampilkan, itu lebih memudahkan. Misalnya, kita ingin menunjukkan perbandingan jumlah ekspor tanaman obat di beberapa negara, kita perlu membuat grafik batang untuk mengetahui di negara mana ekspor tertinggi dan terendah. Dengan begitu akan mudah menganalisa faktor penyebab tinggi dan rendahnya ekspor.

Data Ekspor Tanaman Obat

5- Visualkan Data

Kita perlu mempertimbangkan untuk menampilkan data yang terlihat fresh dan kekinian. Misalnya Anda ingin menampilkan grafik lingkaran, bisa memberi frame berupa roda seperti gambar di bawah ini, bukan hanya lingkaran flat pada umumnya.

Data Pengelolaan Keuangan

6- Runtut Dari Awal Hingga Akhir

Ketika bercerita, kita harus menampilkan 5W+1H untuk memperjelas kronologi kejadian suatu cerita. Sama halnya dengan infografis, kita perlu menampillkan what, why, dan how untuk memperkuat pesan. What bisa berupa definisi tentang topik tertentu, why bisa berupa pentingnya tema Anda dan diperkuat dengan data yang terpercaya, baru kemudian Anda menampikan how to yang berupa tips, langkah-langkah, atau inti pembahasan.

7- Buat Desain Out of The Box

7 aturan dasar mendesain infografis yang pertama adalah buat desain out of the box. Kita tentu sering menemui infografis yang diposting di media sosial, website, ataupun di tempat publik. Sebagian besar infografisnya berbentuk vertikal memanjang ke bawah, dan sudah sering kita temui. Anda bisa mencoba membuat infografis panjang namun arah bacanya dari kiri ke kanan secara zig-zag ke bawah.

Nah, itulah 7 Aturan Dasar Mendesain Infografis yang bisa kami share. Untuk teknik membuatnya, Anda bisa mengikuti workshop Amazing Slide Infographic dengan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 atau langsung klik bit.ly/WA_KP. Temukan tips menarik dan insight baru di dalamnya.

Salam Amazing,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.