Tips Mendesain PowerPoint Dashboard

Tips Mendesain PowerPoint Dashboard. Saat ini, PowerPoint dashboard menjadi salah satu tampilan visual yang informatif dalam menampilkan data. Karena audiens menginginkan visual yang singkat, padat dan jelas, dashboard bisa menjadi alternatif karena punya ciri satu slide bisa memuat banyak informasi. Selain terlihat menarik dan interaktif, presentasi akan berjalan lebih efektif dan efisien.
So, Bagaimana tips mendesain powerpoint dashboard yang padat menjadi mudah dipahami? Berikut kami rangkum dari artikel Pakar Slide Dhony Firmansyah yang merujuk pada tulisan David Weedmark (Chroe).

1- Tentukan Template Warna

Tips Mendesain PowerPoint Dashboard yang pertama adalah menentukan template warna. Mengapa warna dipilih pertama? Karena sebelum audiens focus ke konten, ia pertama kali melihat warna, apakah dominan biru, soft, dan lainnya. Yang ditangkap pertama kali oleh indera penglihatan adalah warna. Selain itu, dengan pemilihan harmoni warna grafik, teks, hingga background, dashboard akan terlihat mudah dibaca dan dipahami. Di mana website penyedia template warna yang menarik? Lebih lengkapnya, silakan simak Inspirasi Palet Warna Terbaik.

Website Inspirasi Palet Warna Terbaik

2- Menyusun Alur Dashboard

Umumnya, alur dashboard terdiri dari Data-Analisa-Kesimpulan-Saran. Data dan Analisa bisa diisi dengan grafik batang, grafik garis atau grafik lingkaran. Simpulan dan saran bisa menggambarkan jumlah tertinggi, terendah atau total dari data yang ditampilkan. Di bagian ini akan terlihat menonjol dengan by number atau angka yang diperbesar.

Contoh Tampilan Dashboard

3- Susun Dashboard Menjadi 3 Tingkatan

Yang membuat dashboard tidak terkesan terlalu padat adalah adanya ruang kosong. Selain itu, agar terlihat terstruktur, susun menjadi 3 level, ingin bertingkat secara horizontal atau vertikal. Jika horizontal, susunlah di level atas, tengah bawah. Jika vertikal, susunlah di level kanan, tengah, kiri. Adanya 3 tingkatan ini membuat dashboard terkesan lebih profesional.

Tingkatan dashboard membuat ia mudah dipahami

4- Tambahkan Elemen Desain untuk Sentuhan Visual

Inti dashboard memang terletak pada grafik dan konten, namun tambahan elemen desain seperti ikon dan vektor bisa menambah sentuhan visual yang menarik perhatian. So, tak ada salahnya kan menambah ikon dan vektornya? Yuk dicoba!

Penambahan Ikon/vektor membuat dashboard tampak lebih visual

5- Tambahkan Link di Dalam Dashboardnya

Mengapa perlu tambahan link/tautan ke dalam dashboard? Karena dashboardnya berbentuk 1 slide berisi banyak informasi, terkadang ada informasi tambahan sebagai penjelas. So, tentunya ini akan membantu presentasi Anda berjalan sukses dan lancar.

Oke Sobat Kreasi, Itulah tajuk Tips Mendesain PowerPoint Dashboard yang bisa kami sharing kepada Anda.


Jika ingin praktik langsung mendesain slide infografis atau visualisasi data dengan software tableau, silakan bekerjasama dengan Kreasi Presentasi.

Kami tunggu undangan Anda, info lebih lanjut bisa menghubungi Bu isti di Nomor 0857-3333-0407.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.