Pertanyaan Font yang Sering Muncul

Pertanyaan Font yang Sering Muncul. Font adalah salah satu elemen desain yang menarik karena ia membantu desainer menyampaikan pesan lewat tulisan. Bahkan tanpa disadari, kita akan selalu menemukan font di manapun dan kapanpun. Saat membuka pekerjaan kantor, kita tentu bertemu dengan font. Saat membuka media sosial, kita tentu bertemu dengan font yang unik dan estetik. Bahkan di tempat umum seperti menu di rumah makan, plang penunjuk arah dan tempat di bandara, mall dan masih banyak lagi.

Bicara tentang font, banyak pertanyaan-pertanyaan menarik yang seringkali muncul saat kita membahas tentang font. Mulai dari rekomendasi font, menyematkan font agar tetap terbaca di device lain, mengidentifikasi nama font dari source tertentu, rekomendasi ekstensi font, hingga ukuran font ideal. Kita coba bahas satu persatu ya:

1- Apa saja rekomendasi font unik dan estetik?

Pertanyaan font yang sering muncul yang pertama adalah apa saja rekomendasi font unik dan estetik? Bicara font unik dan estetik tentu tak akan ada habisnya. Kita akan menemukan font baru yang selalu menarik di setiap bulan, minggu, hingga tiap hari. So, inilah rekomendasi font unik dan estetik berdasarkan jenisnya:

Font dekoratif: Brittany Signature, Miller salt, brownhill script, northwell dan bathilda. Simak rekomendasi lainnya di Rekomendasi Font Latin untuk Presentasi

Font sans serif: glacial indifference, avenir, lato, gillroy regular dan gill sans MT

Font serif: rockwell, American typewriter, Merriweather, Sanford dan Alexandria FLF. Selengkapnya ada 5 font serif terbaik

2- Ada Berbagai Ekstensi Font Seperti Otf dan Ttf. Apa Beda Keduanya?

Untuk mendapatkan hasil desain yang memukau, terkadang kita perlu menginstall font tertentu dari website penyedia font, bukan hanya mengambil font dari bawaan office saja. Namun setelah mendownloadnya, kita akan menemukan berbagai ekstensi font, umumnya adalah otf dan ttf. Jika digunakan untuk desain slide PowerPoint, gunakan ekstensi ttf karena ia berisi abjad umum dan simbol. Ia pun bisa diembed dari satu device ke device lain. Namun jika Anda memerlukan karakter yang lebih banyak seperti tanda baca khusus dalam suatu Bahasa, pilih yang jenis otf.

3- Bagaimana Menebak Nama Font dari Source Lain?

Ketika scrolling media sosial, kita tentu menemukan font yang unik dan ingin didownload. Atau bahkan ketika melihat karya desain oranglain, ada rasa penasaran yang muncul kira-kira desainer tersebut menggunakan font apa. Kita hanya tahu bentuknya, tapi tidak dengan namanya. Menariknya adalah, ada website yanh bisa mendeteksi nama font hanya dengan mengupload screenshoot an bentuk font yang diinginkan. Website tersebut bernama myfont.com, rekomendasi nama font yang mirip dengan yang kita incar akan muncul dalam website tersebut. Tutorial lengkapnya klik link berikut.

4- Bagaimana Agar Font Tetap Terbaca Meskipun Pindah Device?

Pertanyaan berikut adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul. Namun banyak yang belum menyadari bahwa hal ini sering dilewatkan saat sedang berkirim file dengan orang lain. Jika font yang dipakai adalah bawaan office, biasanya font tersebut akan tetap aman meskipun berpindah device. Namun beda halnya jika font yang dipakai adalah font instalasi, kita perlu menyematkan font tersebut agar ia tidak berantakan ketika harus dibuka di komputer lain. Cara lengkapnya ada di Font Aman Setelah Dipindah.

5- Apakah ada Resep Tertentu untuk Menentukan Ukuran Font?

Pertanyaan font yang sering muncul yang terakhir adalag apakah ada resep tertentu untuk menentukan ukuran font? Ada 2 rumus yang direkomendasikan pakar tipografi:

a. Guy Kawasaki

Untuk slide presentasi, idealnya audiens bisa membaca slide di angka 15-20 pt. Jika sudah menentukan angka pastinya, tambahkan 5-10 pt untuk menentukan sub judul. Jika sub judul sudah fix, kalikan 2-5pt. Lebih detailnya ada di gambar berikut:

b. Deret Fibonacci

Untuk deret Fibonacci, kita perlu mengingat bilangan decimal yaitu 1, 618. Sama seperti poin sebelumnya, tentukan dulu ukuran font fix untuk konten. Jia sudah fix, hierarki font di atasnya dikalikan 1, 618. Sedangkan hierarki font di bawahnya dibagi 1, 618. Misalnya heading 1 adalah big title, maka hierarki font di bawahnya adalah title kecil, sub judul, konten hingga paling bawah adalah keterangan foto/gambar. Berikut selengkapnya:

Nah, itulah Pertanyaan Font yang Sering Muncul yang bisa kami bagikan untuk Anda. Oh ya, materi tentang font juga kami share di Workshop Infografis Amazing Slide Infographic lho… Info kerjasama silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407. Kami tunggu undangan spesial dari Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.