Tips Visualisasi Ikon Infografis

Tips Visualisasi Ikon Infografis. Seperti yang kita tahu, infografis adalah perpaduan yang sempurna antara teks dan visual. Agar lebih visual, Anda bisa menambahkan elemen-elemen penting seperti ikon, vektor atau image, hingga grafik. Oke, pada pembahasan kali ini, kami akan membahas salah satu elemen infografis, yakni ikon. Ikon adalah simbol atau lambang yang memiliki sisi visual yang menarik. Mengapa kita perlu menggunakan ikon? Agar audiens bisa memahami informasi Anda lebih mudah dan cepat. Untuk itulah kita perlu mendalami tips visualisasi ikon infografis untuk memudahkan penyampaian informasi. Kita mulai satu per satu ya biar lebih mudah:

1- Sesuaikan ikon dengan konten

Tips Visualisasi Ikon Infografis yang pertama yakni sesuaikan ikon dengan konten. Usahakan memilih ikon yang relevan dengan konten agar pesan Anda mudah dicerna dan dipahami di masing-masing poin-poinnya. Oh ya, jangan lupa mereduksi teks yang Anda miliki. Optimalnya, masukkan 3-4 kalimat di dalamnya. Kalau terlalu banyak, tujuan infografis yang memudahkan pemahaman menjadi kurang terpenuhi.

2- Tambahkan ikon dalam Grafik


Ketika menambahkan data tertentu ke dalam sebuah grafik, Anda tentu menambahkan kategori atau series di dalamnya. Jangan ragu untuk menambahkan ikon agar tampilan lebih visual dan mudah dipahami. Oh ya, usahakan memilih ikon yang universal agar tidak audiens lebih familiar untuk membaca maksud dari ikon tersebut.

3- Mengganti bullet point dengan Ikon

Dalam mendesain infografis, bullet point adalah hal yang harus dihindari karena membuat slide tampak monoton dan kurang menarik. Jika Anda menemui konten yang berupa list atau daftar, cobalah mengganti bullet point dengan ikon agar tampilan makin eyecatching.

4- Jenis Ikon Konsiten

Anda lebih suka pakai ikon monocolor atau multicolor? Kalau monocolor, tambahkan shape di belakangnya agar ada nuansa visualnya. Jangan lupa mengganti warna ikon dengan warna background agar kontras dengan shape di belakangnya. Kalau multicolor, tak perlu menambahkan shape di belakangnya agar tidak terlihat terlalu fullcolor. Yang perlu ditatat, kalau Anda memilih ikon monocolor, pilih monocolor di setiap slide. Kalau memilih multicolor, pilih multicolor semuanya. Oh ya, untuk ikon multicolor, ada ikon yang dengan outline atau tanpa outline. Usahakan memilih yang konsisten dari awal sampai akhir ya.

5- Ukuran Ikon Konsisten

Saat menambahkah ikon, usahakan ukurannya seimbang dan harmoni. Agar lebih mudah, tak perlu menginsert satu per satu ikon. Anda cukup menambahkan satu ikon, kemudian buatlah duplikasi sesuai kebutuhan. Jika sudah selesai, ubahlah bentuk ikon dalam menu change picture seperti gambar di bawah ini:


Oke, itulah tips visualisasi ikon infografis yang bisa kami share untuk Anda. Terimakasih sudah menyimak blog kami sampai akhir, mudah-mudahan bermanfaat untuk upgrade skill Anda terkait infografis. Untuk memperdalam materi ikon infografis, Anda bisa menyimak tajuk Teknik Membuat Ikon Slide Presentasi. Jika ingin bergabung menjadi alumni workshop infografis bersama Kreasi Presentasi, dengan senang hati kami menerima undangan Anda. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.