Menentukan Jenis Ikon Infografis

Menentukan jenis ikon infografis. Seperti yang kita ketahui bersama, data dan informasi kian berlimpah, menjadikan kita berfikir ulang mana informasi yang penting dan mana yang tidak. Untuk menyajikan informasi yang penting dan bermanfaat, kita perlu memberi kesan profesional. So, infografis adalah jawabannya. Untuk membuat infografis yang berdampak, tentu butuh perencanaan yang matang. Bukan sekedar tempel-tempel source semata. Kita perlu membuat dan menata konsep yang terstruktur.

Salah satu elemen infografis yang perlu dipersiapkan adalah ikon. Ikon ini sangat cocok untuk menggantikan bullet point yang terkesan jadul, ia juga membantu menjelaskan maksud atau informasi tertentu. Sebelum mendownload ikon yang pas dan sesuai tema, kita perlu menentukan jenis ikon infografis agar tampilan terlihat harmoni dan semakin menarik. Dengan begitu, informasi bisa tersampaikan secara efektif dan efisien. So, apa saja jenis ikon infografis yang perlu diketahui? Simak selengkapnya:

1- Ikon Monocolor dengan Outline

Contoh Ikon Monolocor dengan Outline by Flaticon

Anda bisa memilih ikon ini jika ingin tampilan yang simple. Ikon ini terlihat sedikit tipis karena visualnya hanya berbentuk outline saja. Ibarat menggambar, ia adalah kerangka luar sebelum diwarnai.

2- Ikon Monocolor Filled

Ikon Monocolor Filled bertema Travelling

Ikon filled ini terlihat lebih tebal jika dibandingkan dengan ikon dengan outline. Ia bagaikan sebuah gambar yang sudah diwarnai. Jika dilihat dari kejauhan, ikon filled ini sudah terlihat jelas dan nyata, sehingga audiens akan lebih mudah menagkap maksud informasi Anda.

3- Ikon Multicolor dengan Outline

Free Download Ikon by Flaticon

Ikon multicolor cocok digunakan jika Anda ingin tampilan yang fullcolor. Warna-warna yang disediakan pun terlihat eyecatching, bisa langsung digunakan tanpa diedit-edit lagi jika ingin mendesain infografis yang mudah dan cepat. Ibarat gambar, ikon jenis ini sudah diwarnai penuh. Ikon ini mirip dengan sebuah gambar yang kerangkanya ditebali dengan spidol hitam sebelum diwarna penuh.

4- Ikon Multicolor Filled

Ikon multicolor filled

Ikon ini sama dengan prinsip ikon multicolor dengan outline yang difungsikan untuk tampilan fullcolor. Bedanya, ia tanpa outline atau flat. Agar lebih mudah memahaminya, berikut kami berikan contoh ikon multicolor filled. Oh ya, jika Anda memilih ikon multicolor, tak perlu menambahkan shape untuk latar belakang ikon agar tidak terlalu banyak warna. Jika memilih yang monocolor, ada kebebasan untuk Anda ingin diber shape atau tidak.

5- Gradient

Menentukan jenis ikon infografis yang terakhir adalah gradient. Maksud dari gradient adalah penggabungan dua atau lebih warna, sehingga menyebabkan efek warna seperti tercampur, tidak berdiri sendiri seperti warna multicolor. Ikon jenis gradient ini ada yang filled, ada yang outline, tergantung Anda ingin memilih yang mana.

Ikon Gradient Outline

(Ikon Gradient dengan outline)

Ikon Gradient Filled

(Ikon Gradient Filled)

Oke Sobat Kreasi, itulah tajuk Menentukan jenis ikon infografis yang bisa kami bagikan untuk Anda. Kita perlu menentukan 1 jenis saja jika ingin tampilan yang harmoni. Jangan mencampurkan lebih dari 1 jenis karena membuat tampilan kurang menarik nantinya.

Terimakasih sudah menyimak sampai akhir, mudah-mudahan terus semangat mendesain infografis yang menarik dan eyecatching. Untuk website mendownloadnya, Anda bisa mengecek dalam tajuk 5 Website Ikon Gratis. Format apa yang perlu dipilih? Simak selengkapnya dalam tajuk Memilih Format Ikon Infografis. Oh ya, jika ingin praktik langsung bersama Kreasi Presentasi, kami siap memenuhi undangan Anda. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857-3333-0407 atau Mbak Ayu di 0812-3271-6030. Sampai ketemu di workshop Kreasi Presentasi…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.