Kenali Macam Grafik Infografis

Kenali Macam Grafik Infografis. Infografis menjadi sebuah kebutuhan terkini bagi Anda yang ingin memvisualisasikan data yang menarik dan mudah dipahami. Ia juga bisa dipakai untuk presentasi laporan perusahaan, banner yang berisi sejumlah informasi atau sosialisasi program tertentu, hingga membuat data yang rumit terlihat simple dan profesional. Lagi-lagi, infografis menjadi salah satu bagian dari desain yang menarik untuk dibahas dan diulik lebih dalam. Membahas infografis memang seru, kita akan belajar data atau grafik, warna hingga elemen desain grafis.

Oke, kali ini kita akan membahas nyawa infografis itu sendiri yaitu grafik. Apa Anda sudah tahu apa saja macam infografis? Yuk kita kenali macam grafik infografis bersama-sama. Kita langsung bahas satu per satu macam grafik infografis yang merujuk pada tajuk Dhony Firmansyah:

1- Grafik Batang

Grafik batang atau bisa disebut dengan bar chart ini sangat cocok untuk menampilkan perbandingan beberapa variabel. Panjang bar menunjukkan jumlah data, semakin Panjang semakin banyak proporsinya, dan sebaliknya. Oh ya, usahakan menampilkan grafik secara berurutan ya, dari tertinggi ke terendah agar terlihat harmoni. Tips Grafik Batang juga bisa disimak di tajuk berikut: Tips Grafik Batang.

Grafik batang untuk membandingkan data

2- Grafik Garis

Pasti Anda setuju kalau grafik garis atau bisa disebut dengan line chart ini cocok untuk menampilkan tren atau peningkatan dan penurunan data. Dengan begitu, kita akan tahu perkembangan tahun ke tahun dari data tertentu. Tips Grafik Garis lebih lanjut ada di tajuk berikut: Tips Grafik Garis.

Grafik garis untuk menunjukkan tren data

3- Grafik Lingkaran

Grafik lingkaran atau bisa disebut dengan pie chart ini cocok untuk menampilkan proporsi tertentu dari jumlah keseluruhan 100%. Lalu bagaimana jika nilainya tidak 100%? Anda bisa menggunakan grafik lingkaran berjenis donat. Persis bentuknya seperti donat, ia punya lubang di tengah. Jika grafik lingkaran, ia punya bentuk lingkaran yang utuh. Oh ya, jika ingin tahu tips grafik donat lebih dalam, bisa langsung klik di link berikut: Tips Grafik Donat.

Grafik Lingkaran untuk menunjukkan proporsi dari total keseluruhan 100%

4- Grafik Ikon

Grafik ikon atau disebut dengan icon chart ini bentuk aslinya adalah grafik batang.Namun ia ditambah frame yang menyerupai ikon sehingga tampak eyecatching. Satu catatan untuk Anda yang ingin mencoba memvisualisasikan data dengan grafik ikon, ia tidak cocok untuk data yang rumit. Ia cocok untuk menunjukkan satu macam data yang simpel.

Grafik ikon adalah bentuk visualisasi grafik batang

5- Grafik Gelembung

Kenali macam grafik infografis yang terakhir adalah grafik gelembung. Sama seperti namanya, ia mirip seperti gelembung yang nilainya didapatkan dari sumbu X, Y dan nilai besaran gelembung. Dengan grafik ini, Anda bisa menunjukkan nilai biaya, produk dan resiko.

Memilih Macam Grafik Infografis

Oke Sobat Kreasi, cukup sekian Tajuk Kenali Macam Grafik Infografis yang bisa kami share hari ini. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menampilkan grafik yang mudah dipahami. Jika ingin mendalami infografis lebih jauh, Kreasi Presentasi siap memandu Anda di workshop Amazing Slide Infographic. Info Kerjasama bisa langsung menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.