Workshop Infografis PT BRI Batch 52

Workshop Infografis PT BRI Batch 52. Kebutuhan akan slide yang berkualitas dan berkelas denga visualisasi yang menarik menjadi daya tarik dari dunia Bisnis maupun Pendidikan. Melalui tampilan yang visual informasi dan data mudah untuk dipahami dengan cepat. Tampilan visual bisanya dikemas dengan tampilan infografis, ini merupakan salah satu solusi jitu untuk menampilkan beragam informasi. Kemampuan membuat infografis menjadi keahlian yang dibutuhkan saat ini di berbagai instansi Perusahaan maupun dunia Pendidikan, namun belum banyak yang mampu mendesainya secara sederhana dan menarik dengan software sederhana.

Kreasi Presentasi salah satu perusahaan training membidangi Slide Presentasi, Infografis, Videografis & Visusalisasi Data dengan Tableau, sebagai pemateri tetap di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk Program BRILiaN Future Leader Program (BFLP) dan Program Brilian Next Leader Program (BNLP) dengan materi Infografis. Kerjasama ini sudah berlangsung dari 2019 hingga saat ini sudah menginjak angkatan ke 52 yang terlaksana pada tanggal 14 s.d. 15 November 2022 yang diikuti 29 peserta.

Workshop Infografis yang dilaksanakan secara offline berlokasi di Lembah Hijau Hotel & Resort Ciloto Kab. Cianjur Jawa Barat, yang dipandu langsung oleh Tim Kreasi Presentasi Pakar Slide Indonesia Dhony Firmansyah, Slide Makeover Expert Hakim Asthra Yudhie, Shella Febrian dan Findia Ramadhani.

HARI PERTAMA

Diawali dengan Doa bersama dan Yel-yel penyemangat (seremonial) pagi, workshop Infografis dimulai. Peserta diminta mengikuti pre-test, tujuannya untuk mengetahui pemahaaman peserta seputar PowerPoint dan Infografis. Selanjutnya peserta memperkenalkan diri dan memilih tema yang tersimpan dibalik angka-angka yang ditampilkan pada layar. Workshop Infografis ini menantang peserta mendesain infografis dari nol hingga jadi infografis vertikal dengan tema yang sudah peserta pilih sendiri, tentunya peserta dipandu dalam mendesainnya.

Materi yang disampaikan diawal mengenal dasar-dasar inforgrafis dengan memilih dan memformat template warna pada slide master, menentukan kombinasi font yang digunakan dalam infografis sehingga infografis tersebut mudah untuk dibaca, peserta mempelajari tentang diagram, teknik reduksi artikel yang digunakan untuk konten materi serta visualisasi diagram dengan menggunakan ikon.

Hari pertama berlangsung dengan atusias dan senang, peserta mengumpulkan tugas pertamanya dengan hasil yang dikatakan sangat memuaskan karena peserta belajar mendesain infografis secara dasar dan hasilnya cukup ok.

HARI KEDUA

Materi dilanjutkan dengan Text Layout, tujuannya untuk merapikan berbagai macam elemen dalam slide infografis dengan menggunakan guides dan dilanjutkan mendesain bagian what dengan menampilkan latar belakang menarik sesuai dengan tema yang dibuat peserta. Agar infografis yang didesain semakin menarik dan visual, peserta belajar bagaimana mencari dan memasukkan gambar ilustrasi berupa vektor kedalam infografis yang peserta desain dengan tema-tema yang menarik. Peserta menuangkan ide terbaiknya dalam mendesain Infografis. Berikutnya peserta fokus belajar bagaimana mevisualkan data yang awalnya sulit untuk dipahami menjadi data yang visual, menarik serta mudah untuk dipahami dengan cepat.

Materi sesi terakhir di hari kedua ditutup dengan materi bagaimana mengabungkan part-part infografis yang didesain selama dua hari terdiri dari Judul, Why, What, How dan Pustaka, selanjutnya digabungkan menjadi infografis vertikal seperti yang ada di penterest.com sehingga infografis tersebut mempunyai story menarik.

Diakhir workshop infografis PT BRI pada Program BNLP, kami memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada peserta. Kami Tim Kreasi Presentasi memilih 5 desain infografis terbaik yang berhak mendapatkan reward.

Kami atas nama Tim Kreasi Presentasi mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan dan Peserta Workshop Infografis PT BRI Batch 52. Semoga kerjasama ini terus terjalin kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.