Langkah Kreatif Mengkombinasikan Font

Langkah kreatif mengkombinasikan font. Sevisual-visualnya desain Anda, pasti terdapat teks di dalamnya, entah itu judul saja maupun judul dan konten. Menurut Anda, seberapa pentingkah kehadiran font dalam desain? Mari kita bersama-sama menyadari sepenuhnya bahwa font merupakan elemen utama untuk mempercantik desain Anda.

Times New Roman mungkin menjadi salah satu font umum yang banyak digunakan, tapi, perlu diingat bahwa font tersebut tidak direkomendasikan diterapkan pada desain Anda. Mengapa? Karena audiens membutuhkan tampilan yang luar biasa, sedangkan sesuatu yang umum menjadikan tampilan Anda terlihat biasa saja karena sudah banyak yang menerapkannya. Jadi, penting untuk memperdalam langkah kreatif mengkombinasikan font agar desain Anda semakin menarik perhatian. Berikut ulasannya:

1- Mengkombinasikan Font Serif dan San Serif

Jika menggunakan dua font, silakan menggunakan font serif dan san serif. Jika menggunakan tiga font, gunakanlah dua font san serif, dan satu font serif. Font san serif lebih mudah dibaca daripada font serif karena dapat meningkatkan kecepatan dalam membaca.

2- Menciptakan Kontras

Untuk menciptakan kontras, Anda dapat mengatur gaya, ukuran, berat, dan warna font.  Sebagai contoh, Anda dapat mengkombinasikan font tebal dan font tinggi tipis. Selain itu, usahakan menciptakan kontras dengan elemen lain, misalnya, pada judul, buatkan size font lebih besar dan berwarna daripada sub judul dan konten.

3- Membatasi Jumlah Font

Idealnya, font yang dapat diterapkan dalam slide presentasi adalah maksimal tiga jenis font. Ini memang bukan aturan wajib yang harus diterapkan, namun pakar slide presentasi ataupun pakar powerpoint merekomendasikan teori ini karena dinilai efektif dan terbaik untuk diterapkan. Tiga font ini maksudnya satu untuk judul, satu untuk sub judul, dan satu lagi untuk konten.

4- Menghindari Jenis Font yang Mirip

Langkah kreatif mengkombinasikan font yang terakhir yakni menghindari jenis font yang mirip. Mengapa harus dihindari? Karena dalam sebuah desain, font tidak boleh saling menonjol satu sama lain. Hal ini dapat membuat audiens merasa bingung font mana yang merupakan topik utama yang diperhatikan pertama kali. Idealnya, kita perlu menampilkan teks utama menonjol yang merupakan kata kunci, serta teks pendukung yang biasanya dibuat tidak terlalu menonjol.

Demikian langkah kreatif mengkombinasikan font yang terus diupgrade agar presentasi Anda semakin bertambah amazing. Jika ingin menambah pengetahuan tentang kombinasi font terbaik slide presentasi, silakan kunjungi website Pakar Slide Dhony Firmansyah. Jika ingin menambah inspirasi font-font baru, silakan kunjungi web kami amazing-slide.com. Jika ingin praktek langsung, Anda dapat mengikuti inhouse training bersama Kreasi Presentasi. Silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 untuk melakukan kerjasama.

Salam Amazing,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.