Situs Pencari Data Indonesia

Situs pencari data Indonesia. Di artikel sebelumnya, kita membahas situs apa saja yang menyediakan data statistik dan informasi dunia pada artikel Situs Pencari Data Dunia. Kali ini kita akan menjelajahi beberapa rekomendasi situs untuk mencari data Indonesia yang dapat dijadikan referensi nih. Data-data apa sih yang sering dicari? Nah, biasanya data yang dicari seperti data kependudukan, data ekspor-impor, banyaknya pengguna internet, e-commerce, sosial media, data pemerintah daerah maupun pusat dan lain sebagainya.

Nah, siapa tahu Sobat Kreasi ada yang mencari data statistik Indonesia untuk bahan slide presentasi maupun infografis. Jadi, mari kita jelajahi apa saja sih situs pencari data Indonesia yang biasanya digunakan:

1- KATADATA 

Situs katadata.co.id menyajikan data, informasi, berita, dan hasil riset yang dikemas secara detail agar publik mudah memahaminya. Serta hasil riset yang disediakan dapat berguna bagi kepentingan para pemimpin bisnis dan pengambil kebijakan.

Katadata menawarkan berbagai layanan diantaranya D-Insights, Katadata Insight Center, dan Databoks. D-Insight adalah sebuah platform analisis terkait politik, ekonomi dan kebijakan di Indonesia. Katadata Insight Center khusus dalam penelitian data primer-sekunder dan analisis. Penelitian tersebut dapat digunakan untuk riset pasar, analisis industri, dan data insights. Sedangkan Databoks merupakan portal data statistik ekonomi dan bisnis untuk memudahkan pencarian dan pengolahan data secara cepat.

2- BPS (Badan Pusat Statistik)

Dalam visi Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa BPS berperan sebagai penyedia dan pembina data statistik nasional maupun internasional. Data statistik yang disediakan memiliki beberapa kategori dan dapat diakses umum. Yang pertama, data sosial kependudukan terdiri dari gender, geografi, indeks pembangunan manusia, kependudukan, dan lain-lain. Kedua, data ekonomi dan perdagangan terdiri dari ekspor-impor, harga perdagangan, industri makro dan mikro, inflasi, neraca dan lain-lain. Dan yang terakhir, data pertanian dan pertambangan terdiri dari holtikultura, kehutanan, perikanan, perkebunan, pertambangan, peternakan dan tanaman pangan.

3- APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) 

Selanjutnya, rekomendasi situs pencari data Indonesia adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). APJII sendiri berperan membangun sarana informasi dan komunikasi nasional dan internasional yang mana dapat digerakkan secara terpadu, efektif, dan efisien. Situs ini menyediakan beberapa data statistik misalnya hasil survei perilaku pengguna internet menurut APJII dari tahun ke tahun, hingga data profil pengguna internet.

4- GO.ID

Situs Satu Data Indonesia (data.go.id) merupakan portal resmi data terbuka Indonesia yang dikelola oleh Sekretariat Satu Data Indonesia tingkat pusat, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional / BAPPENAS. Tujuan dibentuknya Satu Data Indonesia (SDI) untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagikan antar Instansi Pusat maupun Daerah di Indonesia. Melalui SDI, Pemerintah terus berupaya memperbaiki tata kelola data untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah, serta mendukung pembangunan nasional.

5- INDONESIA DATA

Situs pencari data Indonesia terakhir yang akan kita jelajahi adalah Indonesia Data. Indonesia Data merupakan platform digital yang menyediakan data untuk beragam kebutuhan. Data yang ditawarkan pada situs ini dari tahun 2015 hingga 2021 dengan berbagai macam kategori. Tim Indonesia Data juga menawarkan beberapa layanan diantaranya untuk riset industri, riset investigasi, riset konsumen, penyedia dan pemasok data, studi klien tunggal, studi multi klien, studi indikasi, dan laporan status.

 

Nah, itulah beberapa rekomendasi situs pencari data Indonesia yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa berguna sebagai bahan presentasi atau infografis Anda. Oh iya, tim Kreasi Presentasi juga menawarkan pelatihan terkait infografis, videografis, atau visualisasi data. Jika Sobat Kreasi ingin praktik langsung, silakan saja hubungi 0857 3333 0407 (Bu Isti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.