Situs Pencari Data Dunia

Situs Pencari Data Dunia. Bagi seorang desainer infografis, salah satu tantangan yang sering terjadi yaitu mencari data dan informasi yang sesuai dengan kebutuhan infografis mereka. Selain data dan informasi dari Perusahaan, Anda mungkin tetap mencari data secara online. Karena butuh proses yang cukup lama untuk mencari data yang sesuai kebutuhan, perlu adanya pencarian berdasarkan tipe data untuk mempersempit jangkauan.

Berdasarkan buku Cool Infographics – Effective Commucation with Data Visualization and Design karya Randy Krum, berikut ada beberapa situs pencari data dunia online yang menampung ribuan kumpulan dataset. Data yang tersedia pada situs-situs tersebut tersedia untuk umum. Namun sebelum itu, pastikan terlebih dahulu untuk memahami persyaratan layanannya dan menyetujui semua kebijakan dari masing-masing situs.

Oke Sobat Kreasi, berikut rekomendasi situs pencari data dunia secara online yang akan kami ulas. Mudah-mudahan informasi dari kami dapat menambah referensi dan wawasan terkait pencarian data online untuk kebutuhan Infografis Anda.

1- Data.gov

Data.gov adalah situs data resmi milik Pemerintah Federal Amerika Serikat yang menyedikan data, tools dan resources untuk penelitian, pengembangan suatu sistem, desain visualisasi dan lain sebagainya. Proyek Data.gov ini berkaitan dengan data, akuntabilitas, dan transparansi. Hal-hal tersebut bertujuan menciptakan strategi dan infrastruktur data untuk masa depan Federal Data Strategy (FDS). Menurut Data.gov, situs ini menawarkan kurang lebih 350.000 data yang berisi kumpulan datasets, tools, dan geo-datasets.

2- Google Public Data Explorer 

Situs ini menyediakan kumpulan data kepentingan publik dari berbagai pemerintahan dunia, organisasi internasional dan institusi akademik seperti beberapa Universitas yang ada di dunia. Data-data tersebut dapat dijelajahi, dikomunikasikan dan divisualisasikan ke dalam bentuk bagan grafik atau peta. Siapapun dapat mengakses situs ini untuk mengunggah, berbagi, dan menvisualisasikan dataset yang telah disediakan oleh Google Public Data Explorer.

3- Internet World Stats 

Situs untuk mencari data online selanjutnya adalah Internet World Stats (IWS) sebagai tools yang berguna untuk riset pasar internet. Situs ini menyediakan data statistik penggunaan Internet internasional, riset pasar e-commerce, statistik perjalanan, populasi dunia, dan informasi telekomunikasi dunia. Anda dapat menemukan data statistik penggunaan internet terkini dari 250 negara yang berasal dari berbagai benua.

4- Quantcast 

Quantcast membantu pemilik website atau aplikasi, pengiklan, dan penerbit untuk memahami karakteristik dan demografi pengunjung website atau aplikasi mereka. Dengan cara memberikan informasi statistik secara terperinci yang diukur secara real time. Selain menyediakan data insight sebagai resource, Quantcast juga menawarkan webinar, event, blog, guide, studi kasus, berita, bahkan pelatihan gratis.

5. Wolfram Alpha 

Situs pencari data dunia online yang terakhir adalah Wolfram Alpha. Situs ini membuat pengetahuan di dunia dapat dihitung dengan beberapa data statistik atau informasi lainnya terkait dengan topik yang telah disediakan. Data tersebut diperoleh dengan melakukan komputasi dinamis berdasarkan kumpulan data, algoritma, dan metode bawaan yang sangat banyak. Topik yang disediakan diantaranya tentang matematika, ilmu pengetahuan dan teknologi, kultur masyarakat dan kehidupan sehari-hari.

 

Jadi, itulah beberapa situs pencari data dunia yang kami rekomendasikan. Oh iya, jika Perusahaan Anda tertarik belajar infografis, videografis, hingga visualisasi data, silahkan hubungi Kreasi Presentasi (Bu Isti di 0857 3333 0407). Jangan lupa, nantikan artikel kami selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.