Rekomendasi Ice Breaking Online

Dalam inhouse training infografis atau videografis, peserta bukan hanya diberi materi tentang desain slide PowerPoint saja, namun diberikan kesempatan untuk menunjukkan progress dan sharing hasil karya untuk memperkaya ide dan referensi. Untuk membangun semangat dan suasana peserta, seringkali kami menyelipkan ice breaking di sela-sela sesi atau setelah break. Harapannya, training yang berjalan full 2 hari ini berjalan dengan menyenangkan dan mengesankan. Selama offline, kami seringkali mengadakan ice breaking seperti tebak-tebakan, hingga melibatkan gerakan tubuh atau tangan. Selama Pelatihan berubah dari offline ke online, model ice breakingnya pun berubah. Cukup bermodalkan gadget, suasana menyenangkan sudah bisa dibangun dengan mudah. So, apa saja rekomendasi ice breaking online yang bisa dicoba? Silakan simak sampai tuntas ya, tajuk berikut merujuk pada Ice Breaking Meeting Online karya Pakar Slide Dhony Firmansyah:

1- Kahoot

Rekomendasi Ice Breaking Online yang pertama adalah kahoot. Siapa sih yang nggak kenal kahoot.it? kahoot ini cukup populer dimainkan saat kelas online, entah untuk siswa, mahasiswa, hingga untuk corporate. Anda bisa membuat pertanyaan sendiri beserta pilihan jawabannya. Score tertinggi akan tampil setiap pertanyaan sehingga kita pun bisa melihat siapa yang menjadi top 1, 2, 3 di akhir kuis. Oh ya, siapkan pertanyaan lucu dan menjebak agar suasana semakin seru, atau jika ingin membuat pertanyaan yang berhubungan dengan materi pun tidak masalah, karena terkadang peserta ingin merefresh kembali materi yang sudah disampaikan. So, tunggu apalagi? Ambil gawai Anda dan mainkan kahootnya…

2- Tebak gambar

Masih ingat game populer tahun 2013 an yang seringkali Anda mainkan? Yaps, salah satunya adalah game tebak gambar.  Nah, Anda bisa mencoba merangkai kata atau kalimat untuk menebak gabungan huruf dan gambar. So, mintalah audiens mengetikkan jawabannya di kolom chat, dan catatlah siapa yang menjawab tercepat dan terbenar. Lebih repot dari kahoot memang, tapi cukup menyenangkan dilakukan dengan peserta workshop.

3- Zoom Gambar

Zoom gambar? Apatuh maksudnya? Begini, silakan mencari gambar yang sering ditemui di sekitar kita, lalu perbesar ia hingga sulit ditebak benda apakah itu, kalau sudah, beri clue kepada peserta apakah itu kategori benda hidup atau mati, makanan atau bukan, dan seterusnya sekreatif mungkin.

4- Make It

Make It menyediakan berbagai variasi games mulai dari kuis, tebak gambar, puzzle, benar atau salah, hingga menggambar. Anda perlu mengunjungi Playstore untuk mendownload aplikasi ini. Kelebihannya, game ini bisa diikuti orang berkebutuhan khusus sekalipun, misalnya fitur suara yang memudahkan peserta tuna netra.

5- Dua Benar Satu Salah

Rekomendasi Ice Breaking Online yang terakhir adalah dua benar satu salah. Games ini bisa dicoba agar peserta mengenal satu sama lain. Salah satu peserta bisa menuliskan 3 hal yang berhubungan dengan dirinya, dua hal benar dan satu hal salah. Lalu, peserta lain bisa mencoba menebak mana hal yang salah tersebut.

Nah, itulah rekomendasi ice breaking online dari Kreasi Presentasi, beberapa diantaranya sudah kami praktikkan di workshop infografis Amazing Slide Infographic. Oh ya, jika ingin mengundang kami untuk workshop infografis, silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.