Pelatihan Infografis Kementerian ESDM Batch 4

Pada tanggal 12-13 Desember 2019 tim Kreasi Presentasi keempat kalinya kembali dipercaya sebagai pemateri dalam pelatihan infografis untuk PPSDM Geominerba, Kementerian ESDM. Pelatihan infografis kementerian ESDM batch 4 yang dilaksanakan di Kota Bandung. Dihadiri oleh 30 peserta yang dibimbing oleh dipandu oleh trainer  Panji Priambudi dengan didampingi oleh asistennya (Heryadi Mulyana, Pambudi Wisnu Adjie, dan Scoria Novrisa Dewi)

Kreasi Presentasi sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pelatihan desain slide presentasi dengan menggunakan power point terus mengembangkan produk pelatihannya. Dimulai dari Amazing Slide Presentation, Amazing Slide Infographic, Amazing Slide Videographic hingga Amazing Data Presentation. Salah satu yang banyak peminatnya adalah pelatihan infografis. Pelatihan ini lebih dikenal dengan nama Workshop Amazing Slide Infographic.

Hal yang menjadi latarbelakang diadakan pelatihan ini berdasarkan data, pesan, dan informasi yang ditampilkan dengan menggunakan infografis menjadi lebih diminati saat ini. Hal ini dikarenakan apa yang disampaikan menjadi lebih nyaman untuk dibaca dan dicerna oleh otak kita dengan tampilan visual dalam infografis yang menarik.

Hal pertama yang dipelajari dalam pelatihan infografis kementerian ESDM batch 4 ini tentu saja mengenai pemilihan warna.

Warna merupakan salah satu bagian terpenting dan paling mendasar yang harus ditetapkan. Sebab, menarik atau tidaknya sebuah infografis dapat dilihat dari kesesuaian antara warna background, warna font / jenis huruf, serta warna elemen lainnya seperti icen ataupun vector yang dipakai. Termasuk warna diagram dan table yang tertera. Jika warna sudah sesuai, nantinya infografis ini akan lebih mudah dibaca dan enak untuk dilihat.

Selanjutnya peserta pun diajarkan mengenai pemilihan Font / jenis huruf. Font juga merupakan salah satu bagian penting yang harus dipilih secara tepat. Karena setiap jenis font itu memiliki karakter dan fungsi yang berbeda. Mulai dari font untuk judul, sub judul, dan font untuk konten itu perlu dibedakan. Agar lebih mudah dibaca dan ada sisi keindahan yang membuat infografis ini nantinya menjadi lebih menarik.

Kemudian, peserta juga diajarkan memilih gambar yang dalam infografis ini menggunakan vector. Vector inilah yang membuat infografis terasa lebih ringan dibaca dan kesannya tidak kaku. Banyak sekali vector yang bagus digunakan oleh peserta dalam membuat infografisnya.

Dalam menampilkan data pada infografis agar terlihat lebih menarik dari sisi visual yaitu dengan menggunakan diagram. Diagram ini ada beberapa jenis yang dijelaskan oleh trainer dan peserta bebas memilih diagram mana saja yang akan mereka gunakan sesuai dengan tema infografisnya.

Agar pada saat infografis ditampilkan atau dipresentasikan menjadi tidak monoton, peserta juga diajarkan untuk menggunakan animasi. Pemilihan animasi yang tepat dapat membuat presentasi nantinya menjadi lebih menarik.


Untuk Anda yang ingin mempelajari Presentasi, Infografis, Visualisasi data & Videografis, dan Analisa Data, silahkan hubungi Bu Isti (0857 3333 0407)


Hasil akhir dari Pelatihan infografis kementerian ESDM batch 4 ini, setiap peserta dapat membuat infografis Panjang yang terdiri dari cover, isi materi hingga referensi materi. Dapat dijadikan sebagai bahan presentasi maupun untuk publikasi untuk perusahaan mereka.

Kami Kreasi Presentasi dan Tim mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya, semoga kerjasama terus terjalin. Sampai jumpa pada batch selanjutnya.

Salam Amazing !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.