Mengoptimasi Teks Slide Presentasi

Mengoptimasi Teks Slide Presentasi. Salah satu persiapan presentasi yang perlu dilakukan adalah penyusunan materi yang akan disajikan kepada audiens. Materi tersebut tentunya dikemas dalam sebuah slide presentasi yang menarik dan eyecatching. Jika slide kita tampak simple, berisi poin-poin penting yang informatif, tentu audiens akan mudah memahami pesan yang ada di dalamnya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi presenter karena mereka akan berupaya bagaimana agar slide tersebut bisa mempersuasi dan menggugah semangat audiens. Lalu bagaimana agar poin-poin atau teks yang kita tampilkan tampak optimal? Bagaimana kita membuat slide yang memukau dengan pengaturan teks yang tepat? Oke, kita coba belajar ilmu tipografi agar teks terlihat menarik di mata audiens. Yuk kita simak satu persatu tipsnya:

1- Reduksi Kalimat

Reduksi Kalimat

Mengoptimasi teks slide presentasi yang pertama yakni reduksi kalimat. Informasi dalam sebuah artikel berisi kalimat utama dan kalimat penjelas. So, jangan terburu-buru memasukkan semua kalimat ke dalam slide PowerPoint, kita hanya perlu memasukkan intinya saja dalam sebuah slide. Untuk menemukan inti sebuah paragraf, usahakan membaca artikel keseluruhan. Jika perlu, baca berulang kali hingga dipahami inti dan pokok bahasannya.

2- Pilih Font yang Tepat

Dalam memilih font, usahakan memilih 2-3 font saja, jangan lebih dan kurang. Lebih akan membuat slide Anda terlalu ramai, sedangkan kurang akan membuat teks tak ada hierarkinya sehingga sulit dibedakan mana judul dan mana konten. Untuk judul, Anda bisa memilih font berjenis serif, sans serif, atau decorative. Oh ya, Anda juga bisa menyimak tajuk Free Font Pilihan Untuk Infografis untuk megetahui pilihan-pilihan font yang recommended. Font serif adalah font yang mempunyai lekukan di ujung huruf, ibaratnya seperti memakai topi dan sepatu. Sedangkan font sans serif adalah font yang tidak mempunyai lekukan di ujung hurufnya. Ia terkesan ringan dibaca karena topi atau sepatu tidak akan mengganggu huruf lain di sebelahnya. Sedangkan decorative, ia mirip latin dan biasanya ditujukan untuk fungsi keindahan. Untuk konten, Anda wajib memilih font sans serif agar ringan dibaca.

Kombinasi Font Unik

3- Pisahkan Kata dalam Text Box yang Berbeda

Mengapa kita perlu memisahkan kata dalam text box yang berbeda? Agar penempatan teks lebih fleksibel. Rapatkan kalimat dan atur semaksimal mungkin agar terlihat menarik. Oh ya, Anda tak perlu mengatur layoutnya, buatlah menjadi blank layout agar penempatan text box bisa lebih mudah.

Memisahkan Kata dengan Text Box

4- Tentukan Kapitalisasi Judul

Dalam pembuatan judul, Jika Anda memilih font sans serif atau serif, buatlah semua huruf menjadi kapital atau bisa disebut uppercase agar terlihat lebih tegas dan profesional. Namun jika memilih font decorative yang cenderung latin, pilih Capitalize Each Word atau kapital huruf depan saja di tiap kata. Jika font decorative dibuat uppercase, ia justru sulit dibaca. Cara mengubah uppercase dan Capitalize Each Word nya adalah di menu home, kemudian pilih ikon Aa, kemudian akan ada pilihan uppercase dan lainnya. Oh ya, usahakan ukuran font judul lebih besar dari font konten. Kalau sama, audiens kesulitan membedakan mana judul dan konten.

Penggunaan Judul

Pengunaan judul huruf kapital semua.

Capitalize Each Word

Kalimat “Fresh Long Lasting” dibuat kapital di awal kata karena berjenis decorative.

5- Menambahkan shape

Mengoptimasi teks slide presentasi yang terakhir yakni menambahkan shape. Shape pada teks membuat desain Anda tidak terlihat sepi. Silakan berkreasi seindah mungkin, bisa memakai shape kotak, garis lurus, dan masih banyak lagi.

Kreasi Judul Utama dengan Menambahkan Shape

Nah, itulah 5 tips mengoptimasi teks slide presentasi yang dapat kami share hari ini. So, saatnya kita praktikkan sama-sama ya. Jika dirasa membutuhkan pendampingan dalam praktik, jangan ragu menghubungi Kreasi Presentasi di 0857 3333 0407 (Bu Isti) untuk inhouse training desain slide presentasi atau infografis.

Salam Amazing,

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.