Desain Microblog dengan PowerPoint

Desain Microblog dengan PowerPoint. Microblog dan carousel adalah salah satu jenis postingan di sosmed yang sedang menjadi tren saaat ini. Apa sih Microblog itu? Yaitu konten yang dibuat secara singkat atau menulis blog dalam versi singkat untuk berinteraksi dengan audiens. Dengan microblog kita bisa menyampaikan informasi unik, fakta, tips dan trik, seputar presentasi atau topik lainnya.

Sedangkan Carousel adalah salah satu fitur Instagram yang bisa mengunggah 2 hingga 10 foto, video maupun gabungan dari keduanya. Uniknya dengan carousel ini, kita bisa bikin gambar cover yang nyambung. Jadi audiens pun ikut tertarik jika membaca konten unik yang akan kita bikin nantinya.

Ternyata bikin gambar yang menyambung bisa lho dibuat dengan Powerpoint. Gimana sih caranya bikin gambar biar bisa nyambung di desain carousel Powerpoint?

Nah, sebelum kita membuat gambar yang bisa menyambung, kita perlu perhatikan Langkah-langkah mudah berikut :

  1. Siapkan Konten

Pastikan Anda sudah menyiapkan konten yang sudah matang dan simple sebelum dibuat menjadi desain microblog. Pastikan konten yang Anda buat menarik dan bermanfaat untuk banyak orang. Hindari kalimat bertele-tele dan membingungkan, pastikan kalimat Anda sederhana dan mudah dipahami.

  1. Tentukan Layout

Buat ukuran layout sebelum memulai mendesain, Disini kami contohkan ukuran slide 1:1. Ukuran default instagram 1080 x 1080 pixel, dalam cm di Powerpoint yakni 38 cm x 38 cm. atau boleh juga menggunakan layout ukuran slide 4:3, dalam IG ukurannya 1080 x 1350 pixel. Dalam cm PPT sama dengan 28 cm (lebar) x 35 cm (tinggi)

  1. Tentukan template warna

Terapkan tema warna yang sama di setiap postingan agar harmonis disetiap slidenya. Untuk menarik perhatian audiens tentu Anda harus memilih warna-warna yang menarik. Biasanya warna-warna yang cukup kontras bisa menarik perhatian audiens, seperti Hitam-kuning, Putih-biru, dan lain sebagainya.

  1. Masukkan semua konten

Konten yang sudah dibuat, masukkan dalam masing-masing slide yang akan didesain. Atur posisi konten dengan garis bantu bila perlu agar konten tertata dengan rapi dan professional. Bisa menggunakan garis bantu Guides yang ada pada menu view di PPT.

  1. Buat Slide Cover

Usahakan membuat slide cover yang mendatangkan ketertarikan di awal, sehingga audiens Pay Attention terhadap postingan Anda. Karena slide cover adalah garda terdepan dari postingan Anda, maka buatlah tampilan judul yang Wow serta persuasif.

  1. Visualkan Slide

Agar lebih menarik, buat konten-konten Anda dengan visual yang didukung oleh gambar-gambar yang menunjang isi konten. Gambar maupun foto yang Anda masukkan untuk konten sebaiknya gambar yang berkualitas tinggi. Tidak hanya tinggi resolusi, namun juga yang relevan dengan pesan yang disampaikan.

 

So, bagaimana caranya membuat gambar yang saling menyambung dari slide pertama dan selanjutnya dengan Powerpoint?

  1. Insert Gambar

Desain Microblog dengan PowerPoint yang pertama adalah insert gambar. Kumpulkan gambar/foto yang akan digunakan dalam desain carousel , pilih salah satu gambar untuk 1 slide, lalu sisipkan gambar tersebut dengan cara (Insert < Picture < This Device < Pilih gambar)

  1. Atur Posisi Gambar

Sesuaikan bagian gambar yang ingin ditampilkan di slide pertama, biarkan sebagian gambar keluar batas karena perpotongan gambar tersebut aka ada di slide berikutnya

  1. Copy-Paste gambar awal

Copy gambar yang ada di slide pertama, dengan cara menduplikasi gambarnya untuk slide yang kedua.

DESAIN MICROBLOG DENGAN POWERPOINT

  1. Geser dengan Panah keyboard

Perhatikan 3 titik point yang ada pada gambar, fokus di titik pembatas bagian tengah, geser ke kiri menggunakan tanda panah pada keyboard. Jangan menggunakan mouse untuk menggeser, karena bisa mengubah posisi gambar

DESAIN MICROBLOG DENGAN POWERPOINT

  1. Mengecek Hasil Akhir

Desain Microblog dengan PowerPoint yang terakhir yaknik mengecek hasil akhir. Klik slide sorter di bagian pojok kanan bawah Microsoft powerpoint, maka akan muncul preview kedua slide, dan inilah hasilnya

Nah itulah tutorial cara mendesain microblog dengan powerpoint yang Kreasi presentasi bagikan untuk Anda, semoga sedikit tutorial ini  bermanfaat dan menarik perhatian audiens di media sosial. Ohya, jika ingin mendalami PowerPoint lebih lanjut, silakan mengunjungi tajuk Fitur Keren PowerPoint 365 karya Pakar Slide Dhony Firmansyah. Jika ingin lebih amazing lagi, bisa mengikuti pelatihan kami silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407. Selamat berkreasi dan Salam Amazing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.