Workshop Videografis Kementerian Pertanian


Workshop Animasi dan Videografis (Amazing Slide Videographic) semakin banyak dibutuhkan oleh corporate, BUMN dan Lembaga Pemerintahan yang ada di penjuru wilayah Indonesia. Dan kali ini tim Kreasi Presentasi dipercaya kembali untuk mengadakan inhouse training untuk lingkungan Biro Perencanaan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dari tanggal 21 – 22 Februari 2019 bertempat di Meeting Room Hotel Royal Padjajaran Bogor.

Workshop Videografis Kementerian Pertanian ini merupakan yang kedua kali (batch ke-2) yang diadakan tim Kreasi Presentasi dan dibuka secara resmi oleh Bapak Ir. Budi Waryanto MSi, selaku Kepala Bagian Evaluasi dan Perencanaan. Dalam sambutan pembukaan workshop ini, beliau menyampaikan bahwa pentingnya untuk mampu membuat/menyajikan data dengan efektif, menyampaikan narasi laporan kinerja/presentasi optimal dengan visual yang menarik, audio informatif dan animasi unik sehingga dapat meningkatkan kualitas serapan dan simpulan informasi.

Videografis menggabungkan visualisasi data, story telling dan Teknik animasi dalam satu kesatuan harmoni. Teknik pembuatannya yang mudah, efektif dan sangat ekonomis menjadikan videografis sebagai altenatif utama sajian informasi, mulai dari untuk iklan komersil, profil corporate, pengenalan produk, publikasi riset, evaluasi hingga sosialisasi perencanaan, peraturan dan Undang-undang.

Dalam kesempatan ini tim Kreasi Presentasi yang memandu jalannya pelatihan  Amazing Slide Videografis (ASV) yakni Pakar Slide Dhony Firmansyah, dibantu dengan 4 Associate Trainer yakni Hakim Asthra Yudhie, Panji Priambudi, Pambudi Wisnu Adjie serta Heryadi Mulyana.

Seperti biasanya inhouse dalam sebuah instansi pemerintah atau pun swasta, pelatihan diawali dengan sambutan pembukaan oleh pejabat setempat. Dan setelah dibuka langsung kemudian dimulai dengan perkenalan para trainer yang akan membantu jalannya pelatihan selama 2 hari.

Hari pertama Workshop Videografis Kementerian Pertanian adalah memahami software presentasi yakni MS Office (MS Powerpoint) versi terkini dengan fungsi-fungsi fitur di dalamnya. Mengawali praktek pelatihan videografis, para peserta diajak untuk memahami videografis, mengetahui elemen penyusun videografis, memiliki gambaran contoh bagaimana membuat videografis, membuat template warna yang harmoni, template warna sendiri di luar tema warna yang sudah ada di software powerpoint, memilih font dan image subject, memiliki pemahaman narasi videografis yang mampu mempengaruhi audiens.   

Jika Anda ingin belajar cara membuat videografis yang menarik dengan powerpoint, Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi, Infografis & Videografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti).

Hari kedua para peserta praktek langsung  Image motion, font placement, recording, audio effect, animation dan transition serta pada diakhir sesi peserta mampu optimasi slide presentasi sebagai video dan convert slide powerpoint menjadi video yang menarik perhatian audiens.

Di akhir sesi Workshop Videografis Kementerian Pertanian, Tim Kreasi Presentasi menilai dan menampilkan 4 hasil karya videografis terbaik dari para peserta dan juga memberikan masukan terhadap hasil karya para peserta. Selain itu juga diberikan post test untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan para peserta setelah mengikuti 2 hari workshop.

Dari hasil testimoni yang disampaikan langsung oleh para peserta, bahwa materi pelatihan Amazing Slide Videografis sangat bermanfaat dalam membuat bahan pimpinan terkait penyampaian visualisasi data/informasi kinerja Kementerian Pertanian.

Salam Amazing!
Pambudi Wisnu Adjie