Workshop Slide PT Semen Indonesia


Di akhir tahun 2016 bertambah satu lagi klien Kreasi Presentasi dari perusahaan BUMN, yang biasanya berada di Ibu Kota Jakarta, kali ini klien tersebut berasal dari wilayah Jawa Timur yaitu PT Semen Indonesia Group, yang dahulu dikenal sebagai PT Semen Gresik. Tim Kreasi Presentasi mendapatkan kepercayaan untuk berbagi ilmu Workshop Slide PT Semen Indonesa kepada karyawan dari berbagai divisi di wilayah Tuban hingga Gresik.

Workshop slide PT Semen Indonesia (Amazing Slide Presentation) ini diselenggarakan di dua kota dengan 3 batch (angkatan). Batch-1 bertempat di Tuban, 13-14 Desember 2016; batch-2 masih di Tuban, 22-23 Desember 2016; dan batch-3 bertempat di Gresik, 27-28 Desember 2016. Workshop Slide PT Semen Indonesia dipandu langsung Pakar Slide Dhony Firmansyah dan didampingi associate trainer Hakim Asthra Yudhie.

Tiap angkatan berlangsung selama dua hari, dimana pelatihannyapun full praktik. Peserta mempelajari beberapa cara mempersiapkan presentasi yang memukau audiens menggunakan software yang sudah tersedia di komputer maupun laptop mereka, dengan Office Powerpoint. Workshop slide PT Semen Indonesia dimulai dengan mendesain judul presentasi, profil diri pemateri, konten (isi) presentasi, dan ditutup dengan quotes dari tokoh ternama baik dari Indonesia maupun Mancanegara.

Pada hari pertama peserta diajak bersama-sama merubah mindset tentang presentasi selama ini. Bill Gates sebagai CEO Microsoft dan orang yang terkaya di dunia mau mengubah slide presentasinya, seharusnya kita pun demikian. Dilanjutkan dengan materi tentang elemen-elemen penting dalam mendesain slide presentasi yang diantaranya adalah mengenai image (gambar), font (huruf) dan color (warna). Peserta juga mendapatkan informasi website mencari macam-macam image, font, dan color dari sumber yang terpercaya dan tentu akan menambah refrensi peserta, serta dapat digunakan dalam mendesain slide presentasi. Menurut Pakar Slide, dalam bukunya Amazing Slide Presentation (edisi revisi):

Ini bukan hanya tentang memilih gambar dan font yang tepat. Namun juga bagaimana menyajikan informasi dengan indah. Slide yang didesain juga merupakan bukti kecintaan seorang presenter pada audiens. Seorang presenter tidak akan membuat audiens menggelengkan kepala dengan presentasi yang tanpa persiapan dan apa adanya. Karena itu dia bersusah payah untuk mendesain slide demi kepuasan hati audiensnya” (2016: 15)

Jadi mempersiapkan presentasi tidak serta merta seperti sulap, namun diperlukan proses yang tidak singkat untuk menghasilkan tampilan slide yang memukau. Peserta diminta untuk memilih tema presentasi dari balik angka-angka yang tapil di layar, dan mencari gambar yang sesuai tema. Selanjutnya memilih warna yang harmoni dari template warna serta membahas tentang font agar tampilan slide lebih menarik, nyaman untuk dibaca dengan catatan harus disesuaikan dengan audiens-nya. Tidak sebatas teori, peserta bersama-sama belajar menedesain slide judul dari memilih gambar yang beresolusi tinggi dan penataan. Di sesi akhir hari pertama peserta diminta mendesain sebuah quote (kutipan), latihan ini bermaksud untuk mendalami penataan tulisan (text).

Hari kedua pelatihan Amazing Slide Presentation, diawali dengan penjelasan bagaimana mendesain profil diri yang menarik. Ternyata di hari kedua materi semakin menantang, berupa grafik-diagram untuk tahapan mendesain slide yang sistematis. Setelah mendapatkan penjelasan materi grafik, peserta mersama-sama mencari data sesuai dengan tema presentasi dan data tersebut ditampilakan berupa grafik dalam slide (Why). Latihan berikutnya berkenaan dengan penataan dalam slide (What) peserta bersama-sama mencari informasi seputar tema. Sebagai pelengkap, materi beranjak kemateri diagram, animasi, transisi diterapkan pada slide How.

Sebelum diakhiri dengan presentasi dari peserta, pakar slide menjelaskan materi video dalam presentasi. Sebagai sesi penutup, peserta diminta tampil sesuai kesepakatan di hari pertama untuk mempresentasikan presentasi mereka sesuai dengan tema yang sudah dipilih melalui undian. Dalam pelatihan Amazing Slide Presentation, tidak sebatas hanya berlatih melainkan peserta mendapatkan feedback dari tim kreasi presentasi dan terpilih 4 orang pemenang dalam tiap angkatan.

Setelah diadakannya Workshop Slide PT Semen Indonesia, kami pun siap mengoptimasi visual slide presentasi Anda. Selain slide profesional, Kreasi Presentasi juga siap untuk memberikan pelatihan infografis untuk perusahaan Anda. Silakan menghubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti).

Terima kasih dan Salam Amazing

Hakim Asthra Yudhie

| Associate Trainer Kreasi Presentasi |