Workshop Infografis PGN batch-4


Perjalanan Kreasi Presentasi dalam memberikan inhouse training Workshop Infografis PGN batch-4, Amazing Slide Infographic di PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk memasuki angkatan ke-4. Pelaksanaan pelatihan selama 2 hari pada tanggal 21-22 November 2017 di ikuti oleh 25 Karyawan PGN area Jakarta serta Bogor dan ditujukan untuk meningkatan kemampuan skill presentasi data dan pembuatan laporan kegiatan dengan visual yang baik di lingkungan PGN.

Dua hari perjalanan workshop infografis PGN batch-4 dipandu langsung oleh Pakar Slide Bapak Dhony Firmansyah serta asisten trainer yang membantu pendampingan peserta secara personal yakni Hakim Asthra Yudhie dan Heryadi Mulyana. Asisten trainer ini adalah orang-orang yang sudah ditunjuk dan lulus uji kelayakan menjadi associate trainer Amazing Slide Presentation Kreasi Presentasi.

Seperti biasa peserta yang hadir diberikan goody bag yang berisi buku panduan pelatihan, buku Amazing Slide Infographic, block note, pulpen serta flashdisk yang berisikan kumpulan image, icon, vector, template infografis, dan software-software pendukung presentasi.

Sebelum dilaksanakan pelatihan setiap peserta diberikan lembar pretest sebanyak 20 soal. Setiap peserta menjawab soal-soal yang diberikan. Dan dari hasil pretest tersebut terlihat sejauh mana mereka memahami mengenai hal-hal yang berkaitan dengan slide infografis. Dan setelah pelatihan semua peserta diberikan lembar posttest sebagai tolak ukur kemampuan menerima materi yang disampaikan. Dan berdasarkan grafik pretest dan postteset, pada saat pretest prosentase yang menjawab benar di kisaran 30%, dan setelah pelatihan prosentasi yang menjawab benar ada di kisaran 70%.

Materi Workshop Amazing Slide Infographic Selama 2 Hari Pelatihan

Pelaksanaan workshop infografis PGN batch-4 berlangsung selama dua hari penuh. Hari pertama diberikan materi mengenai mindset infografis, memahami jenis-jenis infografis, serta tahapan-tahapan dasar membuat slide infografis.

Pelaksanaan hari kedua, pelatihan dimulakan dengan pelajaran placement / tata letak diagram dilanjutkan dengan olah data seperti tabel, grafik dan pie chart. Khusus untuk grafik, kali pertama disampailkan kesalahan-kesalahan umum dalam membuat grafik. Lalu pelatihan berlanjut pada grafik apa saja yang patut ditampilkan sesuai dengan data yang ada serta cara mengoptimasi grafik tersebut sehingga tampilannya eye catching, sehingga tampilannya efektif dan efisien.

Terakhir, dalam workshop infografis PGN batch-4 ini, semua peserta yang sudah selesai dengan file infografisnya, bisa mengirimkan slidenya kepada pihak Kreasi Presentasi untuk mendapatkan reviewnya. Dan sebagai penghargaan atas keseriusan peserta, maka 4 peserta dengan desain slide infografis terbaik mendapatkan hadiah dari pihak Kreasi Kresentasi.

Terakhir, menutup pelatihan, setiap peserta mengisi posttest untuk mengetahui sejauh mana serapan materi yang diterima serta feedback atas jalannya pelatihan ini. Dan 4 pemenang slide terbaik memberikan testimoninya dalam bentuk rekaman video yang dapat anda lihat di website kreasi presentasi. Dari feedback yang masuk nilai-nilai positif untuk pengembangan lebih lanjut sangat diharapkan.

Terima kasih PGN, moga pelatihan ini berdampak pada skill dan presentasi staf dan karyawan Anda.

Salam Amazing.

Reportase by: Heryadi Mulyana