Workshop Infografis Kementerian ESDM


Sepanjang tahun 2019 Kreasi Presentasi mendapatkan kepercayaan untuk membimbing pelatihan infografis dari berbagai instansi. Pada workshop infografis kali ini, diadakan atas permintaan dari Pimpinan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Workshop Infografis Kementerian ESDM yang dikemas dalam program bimbingan Teknis untuk membuat sebuah desain slide presentasi data dengan visual yang kekinian sudah juga sangat dibutuhkan oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).  Terlebih lagi untuk meningkatkan kompetensi para pegawai di lingkungan Kementerian ESDM dalam hal membuat presentasi data menjadi kebutuhan dalam standar kompetensi yang dipersyaratkan.

Kreasi Presentasi dipercayakan sebagai pemateri dalam workshop infografis kementerian ESDM karena dilihat secara track recordnya telah memiliki jam terbang yang tinggi untuk pelatihan membuat presentasi infografis. Terlebih lagi untuk pembuatannya hanya dengan menggunakan software yang sudah familiar di masyarakat yakni MS Powerpoint.

Pelatihan ini selain untuk meningkatkan kompetensi pegawai di lingkungan kementerian ESDM, juga harapannya adalah para karyawannya mampu mengembangkan informasi mellaui infografis, sehingga tidak memerlukan tim khusus dengan keahlian desain grafis yang menggunakan media Photoshop atau Corel Draw atau Adobe Ilustrator yang tidak semua orang bisa menggunakannya.

Bertempat di Fox Harris Hotel Bandung, pada tanggal 21-22 November 2019, diselenggarakanlah pelatihan bimbingan teknis infografis. Seramai 12 orang dari berbagai unit kerja di kementerian ESDM Bandung dihadirkan menjadi peserta pelatihan. Dari Kreasi Presentasi sendiri pelatihan dipandu oleh Panji Priambudi dengan asistennya Heryadi Mulyana.

Dalam pembukaannya, kepala kantor  kementerian ESDM  Bandung mengatakan bahwasanya infografis adalah cara yang bagu dalam berinteraksi dengan masyarakat baik dalam wujud media cetak maupun digital. Informai yang tervisualkan lebih mampu memberikan pesan dan enak untuk dilihat.  Dan bersama Kreasi Presentasi, PPSDM Aparatur Bandung dalam waktu dua hari pelatihan mampu mengimplementasi pembuatan infografis dengan media Powerpoint.

Dua hari pelatihan sebagaimana biasa pada hari pertama para peserta diperkenalkan dengan bentuk-bentuk infografis kemudian dilanjutkan dengan pemahaman dan praktik mengenai harmoni warna, harmoni font, serta mulai membuat slide dengan tema masing-masing. Di akhir sesi para peserta mengumpulkan tugas yang telah dilaksanakan pada hari pertama.

Di hari kedua para peserta diajarkan mengenai optimasi grafik, layout serta melengkapi tema presentasi mereka masing-masing. Dan diakhir sesi semuanya diajarkan membuat infografis panjang seperti yang sering kita lihat di Pinterest. Dan tak lupa banyak tips dalam mendesain slide presentasi diberikan. Ini yang membuat para peserta takjub , karena banyak hal-hal yang selama ini di depan komputer mereka tapi belum tergali.

Di akhir sesi kedua para peserta mengumpulkan infografis panjang yang telah mereka buat. Dan dari Kreasi Presentasi sendiri sepanjang dua hari pelatihan memantau para peserta dalam kreasi infografisnya. Dan dari seluruh peserta dipilihlah hasil kreasi desain slide infografis terbaik.

Rasa puas tercermin dari para peserta pelatihan, karena selama pelatihan pada saat jam coffee break atau jam makan siang, hampir seluruhnya enggan untuk beranjak dari meja mereka. Dan pada testimoni yang diberikan dari peserta dengan desain terbaik mengatakan pelatihan ini benar-benar amazing, karena hanya dalam waktu dua hari sudah bisa membuka mindset dan meningkatkan skill dalam pembuatan slide bernuansa infografis.


Untuk Anda yang ingin mempelajari Presentasi, Infografis, Visualisasi data & Videografis, dan Analisa Data, silahkan hubungi Bu Isti (0857 3333 0407)


Tentunya pelatihan dengan kementerian ESDM tidak hanya berhenti di sini, karena batch pelatihan berikutnya sudah dijadwalkan pelaksanaannya.

Kami Kreasi Presentasi dan Tim mengucapkan banyak terimakasih kepada pimpinan dan peserta workshop infografis kementerian ESDM. Semoga kerjasama tetap berlanjut.

Salam Amazing!