Workshop Infografis Kementerian BUMN


Infografis saat ini telah menjadi populer dan menjadi banyak digunakan di kalangan bisnis dan organisasi baik digital maupun cetak. Infografis adalah cara yang jelas, efektif dan artistik dalam menyajikan informasi yang menarik perhatian pembaca atau audiens.

Di zaman modern yang serba cepat ini, orang-orang dibanjiri informasi setiap hari dan rentang perhatiannya berkurang setiap detik. Infografis digunakan sebagai alat yang ampuh untuk memungkinkan orang dengan mudah mencerna informasi melalui penggunaan data visual, grafik, dan statistik. Dengan penggunaan warna, proporsi, dan layout yang tepat, informasi diubah menjadi grafik yang mengesankan, menarik perhatian, dan bahkan persuasif.

Itulah salah satu alasan Kementerian BUMN menjadikan program pelatihan Amazing Slide Infographic dari Kreasi Presentasi sebagai salah satu materi training WAJIB bagi semua karyawannya, terutama karyawan baru  atau CPNS yang terdiri dari generasi milenial.

Tanggal 11-12 Maret kemarin telah dilaksanakan Workshop Amazing Slide Infografis Kementerian BUMN batch ke-9 yang diikut oleh 34 peserta yang terdiri dari para pegawai baru, yang sedang menjalani proses pelatihannya selama beberapa bulan. Pakar Slide Dhony Firmansyah dan tim Kreasi Presentasi yaitu Hakim Asthra Yudhie, Enny Rahmita dan Heryadi Mulyana menuntun dan mengarahkan peserta yang semuanya adalah generasi milenial untuk membuat desain infografis dengan topik yang berbeda sesuai dengan hasil undian yang dilaksanakan sebelum sesi dimulai.


Jika Anda ingin belajar cara membuat videografis yang menarik dengan powerpoint, Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi, Infografis & Videografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti).


Diawali dengan memahami bahwa Infografis haruslah Simple, Harmony dan Unik dan perlu mengenal jenis-jenis Infografis berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Research.

Sangat mengagumkan bahwa dalam 1 hari saja para peserta dari Workshop Infografis Kementerian BUMN sudah mampu mendesain tampilan infografis mereka dengan baik sesuai dengan yang diajarkan termasuk pemilihan template warna, font yang digunakan dan juga komposisi layout-nya sesuai dengan kaidah infografis yang diajarkan. Terlihat banyak sentuhan kreativitas khas anak muda dalam setiap desain mereka.

Pada hari kedua Workshop Infografis Kementerian BUMN , sesi pertama di buka dengan overview materi yang disampaikan pada hari pertama. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang diagram. Materi tentang diagram ini sangat penting karena biasanya sering digunakan dalam desain infografis. Sesi kedua dalam Workshop Infografis Kementerian BUMN, peserta mempelajari tentang grafik, teknik infografis, dan pie chart. Peserta mulai memvisualkan data yang sebelumnya dibuat dengan menggunakan pie chart dan grafik dengan nuansa infografis.

Pada sesi terakhir, peserta sudah mampu menggabungkan teknik-teknik yang sebelumnya dipelajari pada hari pertama dan hari kedua menjadi sebuah slide infografis vertikal. Berupa Judul, Definisi, Data, Solusi dan Actionnya dari setiap tema yang dibuat oleh masing-masing peserta.

Hasil infografis yang dibuat peserta sangat menarik dengan beragam tema. Harmonisasi warnanya, pemilihan font, penempatan image, dan grafik terlihat proporsional, menarik, dan sesuai kaidah. Ini membuktikan bahwa teknik mendesain infografis yang disampaikan oleh tim Kreasi Presentasi sangat mudah dipahami dan dipraktekan, bahkan untuk orang yang belum pernah membuat slide inforgafis sebelumnya.

Terimakasih kepada Kementerian BUMN atas kerjasamanya hingga batch 9 ini. Terimakasih juga kepada peserta yang aktif mengikuti Workshop Infografis Kementerian BUMN bertajuk Amazing Slide Infographic. Semoga ilmu yang kami sampaikan bermanfaat untuk personal dan institusi.

Salam Amazing,