Workshop Infografis Kemenlu batch-2


Sekolah Staff Dinas Luar Negeri (SESDILU) merupakan sekolah kusus yang diperuntukkan untuk para Diplomat Madya Kementerian Luar Negeri RI. Para diplomat yang mendapatkan pendidikan di SESDILU, wajib mempunyai keterampilan memvisualkan informasi berupa data dan angka. Menampilkan informasi berupa data dan angka bukan hal yang mudah, butuh keterampilan untuk mengemasnya agar mudah dipahami. Demi tercapainya tujuan tersebut, SESDILU Kementerian Luar Negeri RI bekerjasama dengan Kreasi Presentasi mengadakan kembali Workshop Infografis Kemenlu batch-2 dengan tajuk Amazing Slide Infographic.

Workshop Infografis Kemenlu batch-2 ini diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 3 Oktober 2017 di Pusdiklat Kementerian Luar Negeri SESDILU Lantai 3, Jl. Sisingamangaraja No. 73, Jakarta Selatan. Workshop infografis Kemenlu batch-2 ini diikuti oleh 32 peserta. Dalam dua hari peserta dipandu langsung oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah dan di damping Associate Trainer Hakim Asthra Yudhie dan Enny Rahmita sebagai fasilitator untuk pendampingan peserta secara optimal.

Dalam workshop infografis kemenlu batch-2 ini peserta tidak hanya belajar teori, melainkan 90% praktik dengan materi yang terstuktur dan berkelanjutan. Sehingga peseta dapat mengikuti prosesnya secara bertahap.

Hari pertama pelatihan infografis, peserta diajak bersama-sama belajar dasar-dasar infografis dengan berbagaimacam contoh, dimaksudkan agar peserta mudah memahami dasar dari infografis tersebut. Pembahasan berikutnya mempelajari tentang harmonisasi warna, peserta dijelaskan cara mendapatkan warna-warna yang harmoni. Pakar Slide menyampaikan warna yang harmoni terdapat di alam kemudian mengarahkan para peserta untuk menggunakan website penyedia pendeteksi dan penyedia warna. Peserta diminta menguji warna yang telah ditentukan, dengan membuat contoh judul dan konten, yang kemudian akan dipakai untuk mendesain slide infografis dalam icon, diagram dan grafik.

Peserta juga mendapatkan tips tentang peta dunia yang bisa digunakan untuk presentasi, dan peta tersebut bisa di sesuaikan data dan skalanya sehingga warna pada peta dapat di sesuaikan berdasarkan data pada skala. Peserta bersama-sama belajar bagaimana merubah tampilan sesuai dengan tema grafik sehingga terlihat unik. Peserta juga belajar tentang placement (penempatan) yang sangat di butuhkan dalam mendesain slide presentasi dan infografis, agar penempatan konten tertata sehingga nyaman secara visual. Sebagai sesi penutup, peserta belajar, animasi dan transisi. Dalam aplikasinya peserta bersama-sama membuat infografis timeline besert animasinya.

Dalam pelatihan Infografis SESDILU batch 2 ini para peserta terlihat sangat antusias dan bersemangat untuk mengikuti sesi pelatihan. Hal ini tampak dari wajah para peserta masih terlihat senyuman, keceriaan serta tepukan tangan yang meriah. Selama dua hari, peserta terbaik pun mendapatkan rewards, sebagai bentuk apresiasi atas kesungguhan dan kerja keras para peserta. Mudah-mudahan ilmu yang didapat bisa membantu pekerjaan, meningkatkan keahlian dalam presentasi dan meningkatkan karir secara simultan.

Kami atas nama Kreasi Presentasi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada SESDILU, atas kepercayaan yang diberikan. Semoga kepercayaan ini terus terjalin demi peningkatan skill dan visualisasi data SESDILU Kementerian Luar Negeri di masa mendatang.

Bagi Perusahan atau Lembaga yang ingin bekerja sama, silakan menghubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti), kunjungi pula Facebook kami Kreasi Presentasi dan Twitter : @KreasiPrsentasi.
Salam Amazing.
Hakim Asthra Yudhie.
| Slide Make Over Expert | Associate Trainer Kreasi Presentasi |

Klik untuk daftar pelatihan bersama Kreasi Presentasi