Workshop Infografis DKMP Bank Indonesia Batch-3


Pada Tanggal 6 April 2017 telah berlangsung Workshop Infografis DKMP Bank Indonesia Batch-3 yang bertempat di Trans Hotel, Bandung. Acara ini berlangsung selama 1 hari dan dihadiri ­+ 18 orang. Dalam pelatihan ini para peserta dipandu langsung oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah & dibantu oleh Associate Trainer Kreasi Presentasi Panji Priambudi.

Workshop Infografis DKMP Bank Indonesia Batch-3 ini dilatarbelakangi akan makin banyaknya data dan fakta yang sudah menjadi bagian dari pekerjaan rekan-rekan di Bank Indonesia (BI) sehingga dibutuhkan media yang lebih mewakili dan bisa menggambarkan data-data dan informasi tersebut menjadi lebih visual dan mudah dipahami bagi yang membacanya. Salah satu media yang tepat untuk mem-visualkan data-data yang biasanya hanya dalam bentuk tabel (data mentah) ini adalah dengan menggunakan INFOGRAFIS. Mengapa Infografis adalah jawabannya? Alasan yang pertama adalah karena dengan adanya Infografis, data yang ada menjadi LEBIH MENARIK UNTUK DIBACA. Alasan kedua adalah dengan menggunakan infografis, data yang Anda miliki menjadi MUDAH DIPAHAMI dan alasan ketiga adalah karena infografis MUDAH UNTUK DIBAGIKAN baik itu melalui website ataupun social media yang ada.

Selama ini software yang biasanya digunakan oleh para desainer / bagian pembuatan infografis adalah Adobe Illustrator (AI) & Corel Draw (CDR). Padahal JIka Anda ingin membuat infografis sederhana, Anda bisa menggunakan Software Ms.Power Point. Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang ada di PowerPoint mudah untuk dioperasikan & sudah familiar. Yang Anda butuhkan adalah mengetahui prinsip dalam pembuatan infografis, elemen penting yang ada dalam sebuah infografis dan memadupadankan elemen tersebut sehingga menjadi infografis yang Visual & menarik untuk dibaca.

Menurut Dhony Firmansyah, inti dari infografis adalah menyederhanakan (Simplify). Menyederhanakan berarti mengurangi hal-hal yang tidak penting & memfokuskan pada hal-hal yang esensial saja. Di workshop infografis bersama BI, para peserta diajak untuk langsung melihat studi kasus yang ada dilapangan tentang data yang mereka punya (tabel & kebijakan-kebijakan public) dan dibimbing agar data-data tersebut menjadi lebih sederhana serta menuangkannya ke dalam PowerPoint.

Materi yang dibahas dalam Workshop Infografis DKMP Bank Indonesia Batch-3 kali ini antara lain tipe-tipe infografis, membuat template Warna, tips memilih font yang tepat serta pemilihan gambar (icon, vector) yang akan dipakai dalam infografis yang peserta akan buat.  Para peserta sebagian besar menyatakan PUAS dengan training infografis yang diselenggarakan karena bisa menambah wawasan & pengetahuan merek, bahkan acara yang semula direncanakan akan berakhir pada pukul 16.00 ternyata baru berakhir pada jam 17.50 karena para peserta masih semangat untuk mengulik infografis di laptop mereka masing-masing. Di akhir acara para peserta berharap bisa mendapatkan update materi yang lebih advanced lagi tentang infografis di batch selanjutnya.

Jadi… Bagaimana dengan Anda? Sudah siap untuk menjadikan Data Anda lebih Menarik dan Visual sehingga dampaknya AMAZING? Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi dan Infografis.

Silakan menghubungi : Inhouse 0857 3333 0407 (Bu Isti) dan Public/CSR 0812 3271 6030 (Mbak Ayu). Kunjungi pula Facebook kami Kreasi Presentasi dan Twitter : @KreasiPresentasi.

Terima Kasih & Salam Hangat

Panji Priambudi

| Presentation Consultant & Associate Trainer Kreasi Presentasi |