Workshop Infografis Dirjen Pajak


Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah salah satu direktorat jenderal di bawah Kementerian Keuangan Indonesia yang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan. Pajak merupakan pungutan wajib yang dibayarkan setiap warga Negara, yang diperuntukkan untuk kepentingan rakyat yang bersifat kepentingan umum serta pemerintahan. Untuk menggumpulkan dana dari pajak, sangat dibutuhkan informasi yang jelas, mudah dicerna untuk disampaikan kepada publik secara transparan. Dengan tercapainya tujuan tersebut, Direktorat Jendral Pajak (DJP) bekerja sama dengan PT Izzana Bangun Negeri yang berkolaborasi besrasama Kreasi Presentasi untuk mengadakan In-House Training Workshop Infografis Dirjen Pajak Amazing Slide Infographic.

Workshop Infografis Dirjen Pajak ini diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 1 November 2017 bertempat di Gedung Direktorat Jenderal Pajak (DPJ) Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 40-43 Jakarta. Adapun peserta yang ikut berpartisipasi dalam workshop ini sebanyak ± 35 orang langsung dipandu langsung oleh Pakar Slide Indonesia pemegang merek Slid-ex dari HKI Pakar Slide Dhony Firmansyah dan didampingi Associate Trainer Hakim Asthra Yudhie, Pambudi Wisnu Adjie dan Heryadi Mulyana sebagai fasilitator selama 2 hari workshop infografis.

Workshop infografis Dirjen Pajak ini dilaksanakan 90% praktik dengan materi yang terstuktur dan saling berkaitan. Sehingga peserta dapat mengikuti prosesnya secara bertahap serta di damping para fasilitator.

Di hari pertama, peserta mendapatkan ilmu tentang pengetahuan Dasar Infografis, Pembagian Infografis, Elemen Infografis, Color Harmony. Pada sesi ini peserta bersama-sama berlatih memilih template warna dan diterapkan pada master template, lalu di uji coba dengan menampilkan grafik dan penjelasan dengan berbagai formasi penempatan (placement).

Sesi kedua setelah istirahat, materi dilanjutkan kembali dengan pembahasan Font yang pembagiannya menjadi 3 kategori besar yang sering digunakan dalam dunia pendidikan serta bisnis yaitu Serif, Sans Serif dan Decorative. Penggunaan font dalam mendesain slide presentasi maupun infografis tidak boleh sembarangan, font yang sering digunakan ternyata mencirikan seseorang penggunanya. Peserta mendapatkan tips Font Combination yang bisa digunakan untuk mendesain slide infografis, penerapannya peserta  berlatih mendesain slide cover dan penempatannya. Image sebagai materi penutup di hari pertama, image (vector, photo, icons) merupakan objek utama dalam infografis. Setelah mendapatkan ilmu, peserta bersama-sama berlatih menggabungkan slide cover dengan images (real dan vector) serta mendapatkan tips editing image.

Hari kedua workshop infografis Dirjen Pajak dilanjutkan, sebagai materi pembuka membahas studi kasus bagai mana cara mengemas data dengan cara mereduksi, organisasi serta optimasi. Selanjutnya sesi slide make over dimana slide yang dibahas merupakan slide direktorat jendral pajak. Pembahasan mengenai grafik, diagram, animation-transition, pie chart serta table. Selama dua hari ternyata peserta bisa mendesain slide infografis, harapanya setelah mengikuti workshop infografis ini dapat membantu pekerjaan dan menaikkan keahlian.

Dalam dua hari tim Izzana Bangun Negeri dan Kreasi Presentasi mendampingi peserta, inilah komitmen kami membarikan pelayanan terbaik dan optimal. Bukan sekedar pendampingan, peserta mendapatkan feedback secara langsung, dari hasil latihan yang telah peserta buat. Peserta terbaik mendapatkan rewards, sebagai bentuk penghargaaan kami. Kami atas nama Izzana dan Kreasi Presentasi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direktorat Jendral Pajak Jakarta, atas kepercayaan yang diberikan.

Semoga kepercayaan ini terus terjalin demi peningkatan skill dan visualisasi data tim Dirjen Pajak di masa mendatang.

Bagi Perusahan atau Lembaga yang ingin bekerja sama, silakan menghubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti), kunjungi pula Facebook kami Kreasi Presentasi dan Twitter@KreasiPrsentasi.

Salam Amazing.

Hakim Asthra Yudhie.

| Slide Make Over Expert | Associate Trainer Kreasi Presentasi |