WORKSHOP INFOGRAFIS di UPT LPKD


Pada tanggal 27-28 Februari 2017 telah berlangsung workshop infografis di UPT LPKD (Laboratorium Pengelolaan Keuangan Daerah) Surabaya Jawa Timur. Acara ini berlangsung selama dua hari dan dihadiri oleh 20 orang. Dalam pelatihan ini para peserta dipandu langsung oleh Dhony Firmansyah (Pakar Slide) dan dibantu oleh dua orang asisten yang juga merupakan Associate Trainer dari Kreasi Presentasi yaitu Panji Priambudi & Istikumayati.

Pelatihan Infografis ini dilatarbelakangi oleh tren dalam penyajian data yang sekarang ini sudah semakin jauh berkembang. Adapun esensi data sebenarnya adalah bisa membuat orang yang melihatnya tertarik dengan data tersebut dan bisa membuat proses berpikir jauh lebih cepat serta data tersebut memiliki nyawa sehingga mudah untuk dipahami. Alasan mengapa infografis dipakai adalah karena dengan infografis, Anda dapat menarik perhatian dari segi visual & Konten yang anda sampaikan mudah untuk dipahami oleh orang lain.

Selama ini software yang biasanya digunakan oleh para desainer / bagian pembuatan infografis adalah Adobe Illustrator (AI) & Corel Draw (CDR). Padahal JIka Anda ingin membuat infografis sederhana, Anda bisa menggunakan Software Ms.Power Point. Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang ada di powerpoint mudah untuk dioperasikan & familiar. Kuncinya adalah tahu mindsetnya & memahami pengaturan elaman-elemen yang ada dalam infografis.

Menurut Dhony Firmansyah, ada 3 prinsip penting dalam infografis yaitu Simple, Harmony, Unique. Simple berarti hilangkan variable pengganggu sehingga data yang ada menjadi lebih sederhana, Harmony singkatnya adalah Fokus pada pembahasan konten & Kesesuaian warna yang nyaman di mata. Sedangkan Unique berarti infografis yang Anda buat memiliki keunikan yang bisa jadi tidak terpikirkan oleh orang. Selain 3 prinsip tadi, ada 5 elemen yang biasanya terdapat dalam infografis yaitu Image, Font, Color Harmony, Animation & Placement.

Hari pertama, para peserta workshop infografis di UPT LPKD mendapatkan pengenalan dasar dari infografis (Latar belakang, Definisi infografis & Jenis-jenis infografis). Setelah itu para peserta mendapatkan materi tentang Images/gambar (kategori images, cara mendapatkan images kualitas bagus & Gratis dan bagaimana optimasinya di Powerpoint). Setelah itu para peserta mendapatkan materi tentang Warna (Tips kombinasi Warna terbaik & optimasinya di powerpoint). Peserta juga mendapatkan materi tentang Font (Kategori font, kombinasi font terbaik & optimasinya di powerpoint).

Hari kedua, para peserta mendapatkan lanjutan materi sekilas tentang animasi dan penggunaan placement (penempatan). Tidak hanya itu, para peserta workshop infografis di UPT LPKD juga mendapatkan materi tentang penyajian grafik, dimana di materi ini Dhony Firmansyah menjelaskan beberapa kategori grafik yang ternyata harus disesuaikan dengan data apa yang akan ditampilkan + optimasi dengan tambahan vektor sehingga grafik yang ada menjadi lebih unik. Selain grafik, di sesi terakhir ini peserta juga memahami diagram (yang sebenernya berbeda dengan grafik) serta penggunaannya di infografis.  Tugas dari para peserta di sesi terakhir ini adalah membuat infografis Panjang yang nantinya akan dinilai oleh tim Kreasi Presentasi. Acara ditutup dengan pembagian reward ke para peserta, testimony dan penutupan oleh pimpinan LPKD. Para peserta sebagian besar menyatakan PUAS dengan training infografis yang diselenggarakan karena bisa menambah wawasan & pengetahuan mereka dan berharap bisa mendapatkan update materi lagi tentang infografis di Batch selanjutnya.

Jadi… Bagaimana dengan Anda? Sudah siap untuk menjadikan Data Anda lebih Menarik dan Visual sehingga dampaknya AMAZING? Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi dan Infografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (24 Jam)

Terima Kasih & Salam Hangat

Panji Priambudi

| Presentation Consultant & Associate Trainer Kreasi Presentasi |