Workshop Infografis BBP2HP KKP Batch-6


Menyampaikan data dengan menarik dan mudah dipahami oleh audiens, suatu tantangan yang luar biasa. Saat ini Infografis menjadi solusi untuk penyampaian data baik dari proses mendesain hingga penyampaian kepada audiens secara visual dan mudah dipahami. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan pihak Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) Jakarta Kementrian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Kreasi Presentasi guna menunjang peningkatan skill terutama dalam mempresentasikan data dengan infografis.

Kerja sama tersebut dengan mengadakan Pelatihan Amazing Slide MiniMAX (Infografis), yang diselenggarakan pada tanggal 30-31 Maret 2017 di Ruang Rapat diikuti oleh 25 peserta. Pelatihan langsung dipandu Pakar Slide Dhony Firmansyah dan didampingi Associate Trainer Hakim Asthra Yudhie.

Biasanya orang mengatakan bahwa yang bisa membuat infografis hanya orang-orang desainer grafis. Disamping itu orang yang bukan berjiwa desainer pun bisa membuat infografis dengan program yang sudah familiar yaitu PowerPoint, dimana aplikasi tersebut sudah tidak asing lagi. Berbekal PowerPoint mempermudah kita untuk mendesain karena tidak membutuhkan waktu lama untuk menguasai program tersebut.

Hari pertama Workshop Infografis BBP2HP KKP Batch-6, peserta mendapatkan materi tentang Dasar Infografis, elemen infografis, warna, fonts dan Images (Icon dan Background). Peserta mempelajari harmonisasi warna, dan memilih template warna dari sumber terpercaya yaitu Adobe.

 rule of thirds. Bicara tentang Rule of Thirds, Pakar Slide mengemukakan bahwa “Dalam hal ini fotografer tidak pernah memotret pas di tengah karena itu adalah dead center. Sebagai contoh foto KTP. Secantik atau setampan apapun Anda, foto KTP nya pasti monoton dan terlihat kurang bagus”.

Di hari kedua Workshop Infografis BBP2HP KKP Batch-6, focus penyampaian data yang diaplikasikan dalam infografis. Peserta mendapatkan materi tentang grafik/ diagram, Placement (Penempatan) peserta dijelaskan teori rule of thirds dimana ilmu dalam fotografi diterapkan dalam slide khususnya Infografis. Pakar Slide mengemukakan bahwa “Dalam hal ini fotografer tidak pernah memotret pas di tengah karena itu adalah dead center. Sebagai contoh foto KTP. Secantik atau setampan apapun Anda, foto KTP nya pasti monoton dan terlihat kurang bagus”.

Setelah mempelajari placement dilanjutkan dengan animasi, pie chart dan diakhiri dengan membuat Infografis panjang seperti banner.

Steve Jobs pernah mengatakan “The Hardest Challenge is the Best Efforts”. Artinya, kalau misalnya kita ingin maju, tantanglah diri kita dengan sesuatu yang besar. Sampai kita mampu menaklukkannya. Karena itulah, di setiap sesi kami merasa bangga karena peserta selalu diliputi antusias tinggi dan rasa penasaran untuk mengikuti pelatihan di level lebih lanjut.

Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh pihak BBP2HP. Semoga Workshop Infografis BBP2HP KKP Batch-6 bersama kami Tim Kreasi Presentasi senantiasa bisa membantu melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi dan Infografis baik di kancah Nasional maupun Internasional.

Silakan menghubungi : Inhouse 0857 3333 0407 (Bu Isti) dan Public/CSR 0812 3271 6030 (Mbak Ayu). Kunjungi pula Facebook kami Kreasi Presentasi dan Twitter : @KreasiPresentasi.

Terima kasih dan Salam Amazing

Hakim Asthra Yudhie

| Associate Trainer Kreasi Presentasi |