Workshop Infografis PT Badak NGL


Tim Kreasi Presentasi mengunjungi di Kalimantan Timur tepatnya di Kota Bontang, Kreasi Presentasi mendapatkan undangan dari PT Badak NGL sebagai pembicara workshop Infografis (Effective Presentation Skill).

PT Badak NGL merupakan perusahaan besar pengolah gas alam cair terbesar di Indonesia dan salah satu kilang LNG terbesar di Dunia. Perusahaan ingin terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam inovasi dan mengikuti perkembangan jaman, salah satunya dengan visualisasi data dan informasi menggunakan infografis.

Oleh karena itu pihak manajemen perusahaan mencari informasi perusahaan terpercaya yang mampu mengajarkan infografis dengan simple dan mudah. Akhirnya perusahaan mendapatkan informasi dan memilih Kreasi Presentasi dalam kerjasama Workshop Infografis.

Workshop Infografis terlaksana pada hari Senin-Selasa tanggal 08-09 April 2019 di Training Center PT Badak NGL dengan 25 peserta. Workshop Infografis ini dipandu langsung oleh Tim Kreasi Presentasi Dhony Firmansyah dan Hakim Asthra Yudhie.

Workshop Infografis PT Badak NGL ini, peserta dapat membuat infografis menggunakan software PowerPoint yang sudah familiar, dengan pesan berkualitas dan beragam tema serta ide yang luar biasa. Peserta dapat memilih salah satu nomor undian dengan tiga puluh lima tema infografis, tema yang terpilih akan menjadi infografis vertikal seperti koleksi yang terdapat di pinterest.com.

Peserta akan dipandu bagaimana cara mendesain infografis secara bertahap, memahami dasar-dasar infografis, tahapan mendesain serta dimana mendapatkan resource terpercaya tentunya yang berkualitas.


Jika Anda ingin belajar cara membuat videografis yang menarik dengan powerpoint, Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi, Infografis & Videografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti).


Sebuah infografis akan terlihat harmoni, apabila seorang desainer konsisten dalam hal penggunaan warna, jenis huruf, ukuran image (icons, vector) serta penempatan sebuah objek.

Tahapan berikutnya, peserta mencari bahan berupa artikel atau jurnal yang tersedia di internet. Bahan yang di dapat akan divisualkan menjadi infografis. Dalam buku “Cool Infographic” karya “Randy Krum” terdapat pola infografis yang sering digunakan seperti: Progress, Comparison dan Obstacle. Peserta dapat menggunakan salah satu pola yang disampaikan.

Dalam infografis ini terdapat “TITLE”, umumnya judul dibuat semenarik mungkin dengan ukuran besar dimaksudkaan agar pembaca penasaran dengan isi infografis. Dalam sebuah infografis terdapat “WHY”, “WHAT”, “HOW”, “RESOURCE” dan “CALL TO ACTION”.

Sebuah infografis yang mecantumkan “resource” dapat lebih dipercaya, karena sumbernya jelas. Nah apa saja yang tercantum di dalam kolom resource?  Di dalamnya terdapat informasi berupa: Pertama “Pustaka”, dimana seorang desainer mendapatkan bahan infografisnya apakah dari buku, jurnal maupun artikel. Kedua “Gambar” (Real Image, Vector, Icon), cantumkan sumber gambar yang digunakan dalam infografis dengan maksud kita menghargai karya seni dan ide seseorang dengan tidak mengklaim karya tersebut.

Ketiga “Font”, menuliskan jenis dan sumber font yang digunakan seperti: font judul, sub judul maupun konten (isi). Keempat “Pembuat” (Marker), sangatlah penting mencantumkan nama dan media sosial, agar pembaca menghargai karya dari seorang desainer.

Perlu digaris bawahi, hargailah karya seseorang dengan menuliskan nama dan sumbernya. Hindari mengklaim karya orang lain, dengan demikian karya kita akan dihargai orang lain.

Sesudah tahapan mendesain, saatnya menyatukan masing – masing bagian menjadi infografis vertikal. Ternyata hasil infografis peserta bagus dengan ide luar biasa dengan berbagai tema. Bila bisa mempertahankan konsistensi warna, font, placement, supaya menghasilkan desain infografis yang harmoni.

Ternyata peserta mampu mendesain dan memahami ilmu infografis dalam waktu dua hari. Harapannya setelah mengikuti Workshop Infografis, peserta dapat mempresentasikan paparanya menggunakan infografis yang memenuhi syarat, simpel, harmoni dan unik.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Workshop Infografis Batch 1 PT Badak NGL Bontang atas kepercayaan yang diberikan kepada Kreasi Presentasi.

Salam Amazing