Visualisasi Judul Slide Presentasi


Pernah mendengar sebuah pendapat bahwa kesan pertama menentukan kesan Anda selanjutnya? Yaps, hal itu benar adanya karena biasanya oranglain akan menilai kita sejak pertemuan pertama. Dari pertemuan pertama itulah dapat menentukan sikap mereka selanjutnya kepada Anda. Dalam konteks presentasi, Anda tentu mengharapkan presentasi yang berjalan lancar bebas hambatan dari awal sampai akhir, bukan? Kami rasa itu memang cita-cita semua presenter yang wajib untuk diwujudkan.  Nah, saat memulai presentasi, bagian pertama yang Anda tunjukkan adalah judul presentasi. Nah, mulailah berusaha mendapatkan perhatian audiens dengan visualisasi judul slide presentasi. Dengan begitu harapan berhasil hingga akhir menjadi mudah untuk dicapai. Berikut ulasannya:

1- Berikan shape atau shape fill untuk menuliskan teksnya

Jika Anda menggunakan gambar full image, usahakan memberikan shape fill untuk menuliskan teks/judul yang ada di atasnya. Ini merupakan salah satu cara agar slide presentasi Anda tampak bersahabat untuk dilihat dan dipahami. Shape fill ini bertujuan untuk memisahkan teks dan background agar mudah dibaca dengan jelas oleh audiens. Jika tampilan image hanya memenuhi sebagian slide presentasi, tetap tambahkan shape untuk menempatkan teksnya agar terlihat lebih visual. 

2- Jika tanpa shape, transparankan background full image

Jika Anda menggunakan gambar full image dan tak ingin memisahkan teks dan background dengan shape, Anda dapat meningkatkan transparansi image agar teks Anda tetap mudah dibaca dan dipahami.

3- Gunakan gambar yang mempunyai banyak ruang kosong

Dengan menampilkan gambar yang mempunyai banyak ruang kosong, teks Anda akan mudah dibaca tanpa diberi shape sekalipun. Berikan warna teks yang sesuai dengan image yang Anda tampilkan agar tampak serasi untuk dilihat.

4- Tampilkan vektor

Visualisasi judul slide presentasi yakni tampilkan vektor. Memvisualisasikan judul dengan menampilkan vektor juga alternatif yang tepat agar pembukaan presentasi Anda terlihat amazing. Untuk base colornya, berikan warna yang mudah dibaca saat diharmonikan dengan vektor, judul, sub judul, dan elemen lain. Meletakkan sebagian teks judul di belakang vektor merupakan salah satu tren desain saat ini, asalkan judul tersebut masih dapat dibaca oleh audiens.

5- Desain teks judul yang unik

Visualisasi judul slide presentasi yang terakhir yakni desain teks yang unik. Bagaimana membuat desain teks yang unik? Usakahan untuk sering mencari refernsi tentang desain slide presentasi. Berikan desain yang baru, yang lain dari yang lain. Misalnya contoh slide berikut yang didesain oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah. Kaki kursi yang dipakai membentuk huruf A sehingga kaki kursi tersebut dapat mewakili huruf A pada judul marketing 4.0. Dan WOW… hasilnya sangat menarik perhatian.

Itulah tips visualisasi judul slide presentasi yang dapat kami share kepada Anda. Silakan dipraktekkan  Tetap semangat untuk mendalami software tersebut untuk mendapatkan hasil yang terus maksimal. Kreasi Presentasi siap mendampingi Anda untuk mempelajari tableau, silakan hubungi kami di 0857 3333 0407.