Usaha Memenangkan hati Audiens


Ketika Anda menjadi presenter atau trainer, Anda perlu usaha memenangkan hati Audiens untuk meningkatkan hubungan yang baik antara presenter dan Audiens. Bagaimana caranya? Hal itu dapat dilakukan dengan memberikan pelayanan baik. Pelayanan yang buruk berpengaruh pada kepuasan mereka terhadap kinerja Anda. Mereka bukan hanya melihat dari informasi yang Anda sampaikan, namun sikap Anda yang mampu memberikan pelayanan yang memuaskan. Usahakan untuk mengerahkan yg terbaik agar Audiens tidak kecewa dengan performance Anda. Silakan dipraktekkan tips berikut ketika ingin usaha memenangkan hati Audiens :

1- Pelayanan yang fast respon

Dalam sebuah presentasi, pastinya Anda akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang. Biasanya menjelang presentasi, Audiens akan memerlukan informasi mendalam tentang presentasi yang akan mereka ikuti. Dengan begitu, jangan biarkan Audiens mendapatkan respon yang lambat dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Sediakan contact person dan berikan respon yang cepat ketika mereka menghubungi. Begitu pula ketika presentasi berlangsung, jika mereka membutuhkan bantuan yang berhubungan dengan presentasi, usahakan untuk gercep dalam menyelesaikan permasalahan. Dengan begitu Audiens akan merasa diperhatikan oleh Anda.

2- Berusaha memecahkan masalah

Malu bertanya sesat di jalan. Tidak semua orang menganut pepatah legend tersebut. Dalam sebuah presentasi, seringkali Anda akan menemukan Audiens yang merasa kebingungan atau kesulitan namun memilih untuk diam saja dan enggan untuk bertanya. Jangan ragu untuk menghampirinya dan menanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan atau tidak, dengan begitu mereka akan mempertimbangkan tawaran tersebut dan mengatakan “iya”. Bukan hanya saat presentasi saja, Anda pun dapat memperdalam hubungan dalam dunia maya sekalipun. Bisa jadi suatu saat mereka membutuhkan Anda untuk bertanya terkait materi yang pernah Anda sampaikan.

3- Menjaga kesabaran

Dalam presentasi, Anda akan dihadapkan dengan kepribadian Audiens yang beragam mulai dari yang sopan, mudah marah, pendiam, dan sebagainya. Terkadang ada saja sikap-sikap tak mengenakkan yang sedikit menggores hati. Jika ada satu atau dua Audiens yang marah kepada Anda, balik memarahinya bukanlah solusi yang tepat. Cobalah untuk sabar dan menerima ucapannya itu dengan lapang dada.

4- Beri wadah atas kritik dan saran

Setiap Audiens pastinya mempunyai komentar masing-masing terkait presentasi yang telah dilaksanakan. Orang bijak membutuhkan kritik untuk membangun dan mengembangkan diri mereka menjadi lebih baik lagi. Anda dapat memberikan kuesioner kepada Audiens yang berisi tentang kinerja Anda selama menjadi presenter untuk mengetahui kritik dan saran mereka.

5- Mengingat nama mereka

Ini adalah sebuah usaha memenangkan hati Audiens dengan menarik perhatian mereka. Dalam pertemuan pertama, memang Anda akan sulit mengingat nama mereka seluruhnya, setidaknya ingat satu atau dua nama mereka untuk menunjukkan keakraban dan perhatian Anda. Misalnya ketika Anda menawarkan bantuan kepada salah satu Audiens, Anda dapat menawarkannya sambil memanggil nama Audiens yang Anda tuju sambil tersenyum karena senyum ramah pun adalah hal yang penting dilakukan dalam presentasu, seperti dalam tajuk keajaiban tersenyum saat presentasi yang dapat Anda praktekkan.

6- Kuasai skill lain yang berhubungan dengan bidang anda,

Dalam presentasi, terkadang problem peserta adalah sesuatu yang belum terbayangkan sebelumnya. Usahakan untuk menguasai skill-skill yang berhubungan dengan bidang presentasi Anda. missal Anda memberikan presentasi atau training terkait design slide presentasi yang mengharuskan Audiens untuk menyiapkan laptop. Terkadang Audiens mempunyai problem terkait laptop yang mereka bawa. Dalam hal ini, Anda perlu paham IT agar dapat menyelesaikan problem tersebut. Atau ketika dalam presentasi bisnis, salah satu srategi marketing adalah membuat foto produk yang amazing untuk menarik perhatian konsumen sehingga Anda perlu memahami fotografi, dan sebagainya.

Sekian tips usaha memenangkan hati Audiens yang dapat Kreasi Presentasi sampaikan. Semoga tips berusaha memenangkan hati Audiens tersebut bermanfaat bagi Anda. Semoga Audiens terpukau dengan presentasi yang Anda bawakan sehingga materi tersampaikan dengan baik. Salam Amazing,