Unsur-Unsur Desain Grafis


Untuk menjadi desain grafis yang professional, energi kreatif perlu ditumbuhkan untuk mencapai sebuah karya yang amazing. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan sebuah ide yang dituangkan menjadi desain grafis yang eyectaching. Dengan begitu orang yang menjadi penikmat desain pun dapat merasakan jiwa seni yang terkandung di dalamnya. Mengusahakan kesempurnaan desain pastinya perlu dibarengi dengan ilmu dasar yang perlu dipelajari untuk dijadikan pedoman dalam hal desain-mendesain, salah satunya yaitu mempelajari unsur-unsur desain grafis. Unsur-unsur tersebut mempunyai ciri khas dan kegunaan tersendiri.

Dalam buku Desain Komunikasi Visual:Dasar-dasar Panduan untuk Pemula karya Lia Anggraini dan Kirana Nathalia, terdapat 6 unsur-unsur desain grafis yang perlu untuk dipelajari. Penerapan unsur-unsur tersebut disesuaikan dengan hasil seperti apa yang diinginkan, sehingga terkadang ada salah satu unsur yang mendominasi. Berikut unsur-unsur desain grafis yang dapat kami ulas untuk Anda:

  1. Garis (Line)

Unsur-unsur desain grafis yang pertama adalah garis, yang merupakan unsur dasar yang menghubungkan satu titik ke titik lainnya. Bentuk yang dihasilkan dapat berupa garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus, zig-zag, meliuk-liuk, bahkan goresan alat tulis pun dapat disebut dengan garis. Garis lurus horisontal mempunyai ciri khas yang formal namun tetap professional. Garis lurus vertikal mempunyai ciri khas stabil, elegan, serta menggambarkan keseimbangan, Garis digunakan untuk memperjelas dan memudahkan pembaca dalam menangkap pesan.

2. Bentuk (Shape)

Segala sesuatu yang mempunyai lebar, tinggi, dan diameter dapat disebut dengan bentuk. Secara umum, bentuk yang banyak diketahui antara lain kotak, lingkaran, segitiga, lonjong, dan lain-lain. Sedangkan bentuk yang dibagi dalam kategori sifat antara lain: A) Bentuk geometrik, yakni bentuk yang segala sesuatunya dapat diukur, misalnya kubus berasal dari kotak, kerucut berasal dari segitiga dan lingkaran. B) Bentuk natural, yakni bentuk yang dapat berubah dan bertumbuh ukurannya seperti bunga, daun, pohon, buah, dan masih banyak lagi. C) Bentuk Abstrak, yakni bentuk yang terkesan tidak jelas dan tidak terdefinisi bentuk apa yang dihasilkan.

3. Tekstur (Texture)

Ketika mendengar kata tekstur, yang ada di pikiran kita seringkali berupa kasar/lembutnya suatu benda yang diraba. Namun sebenarnya lebih dari itu. Tekstur merupakan tampilan permukaan atau corak suatu benda yang dapat dilihat atau diraba. Penggunaan tekstur ini dipercaya dapat menambah pengalaman dan nilai yang lebih dari estetik. Tidak semua tekstur bersifat nyata, namun ada juga yang bersifat semu. Maksud dari tekstur semu yakni tekstur yang ketika dilihat tidak sama dengan ketika diraba. Bisa saja ketika dilihat tampak kasar, namun ketika diraba terasa halus.

4. Gelap Terang (Contrast)

Dinamakan warna kontras ketika warna yang satu berlawanan dengan warna yang lainnya. Seringkali diwujudkan dalam bentuk warna gelap dan terang. Desain satu ini digunakan ketika ingin menonjolkan informasi maupun pesan, serta menambah kesan dramatis. Hal ini dapat membantu kemudahan dalam membaca pesan.

5. Ukuran (Size)

Unsur-unsur desain grafis satu ini juga tak kalah pentingnya dengan yang sebelumnya, yakni perbedaan besar kecilnya suatu obyek. Pemilihan ukuran ini akan membantu audiens dalam menyesuaikan hierarki untuk mengetahui obyek mana yang dilihat pertama kali. Obyek yang paling besar merupakan bagian yang sangat penting, sampai yang paling kecil merupakan bagian yang kurang penting.

6. Warna (Color)

Warna dipercaya sebagai unsur-unsur desain grafis yang dapat menarik perhatian dan mempengaruhi emosi seseorang. Ia pun dapat menampilkan identitas dengan menggambarkan citra perusahaan. Setiap warna mempunyai ciri khas dan karakter tersendiri sehingga usahakan tidak salah dalam memilih warna. Berikut contoh template powerpoint kategori keluarga & kesehatan yang mempunya harmoni warna yang pas.

Nah, cukup sekian unsur-unsur desain grafis yang dapat Kreasi Presentasi bagikan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari ilmu desain lebih dalam. Kami mempunyai koleksi template di Amazing-slide.com yang telah tersedia dalam berbagai kategori, seperti bisnis & keuangan, dokumen, gaya hidup & kecantikan, keluarga & kesehatan, pendidikan & teknologi, serta travel & olahraga. Silakan mengintip sebentar ya… semoga dapat memberi solusi…

Salam Amazing,