Training Infografis Kementerian BUMN


Think of your slides as billboards – Orang-orang harus dapat memahami slide Anda dalam 3 detik, begitu pendapat Nancy Duarte, seorang pakar presentasi dan komunikasi. Terutama dijaman digital seperti saat ini, dimana kebutuhan untuk menampilkan data dan informasi yang biasanya terlihat rumit dan berat harus dapat disederhanakan, mudah dipahami dan lebih visual.

Kementerian BUMN sangat menyadari pentingnya informasi yang  sederhana dan mudah dipahami orang, agar informasinya bermanfaat dan berdampak. Kementerian ini sudah bekerja sama dengan Kreasi Presentasi sejak tahun 2016, dan saat ini Training Amazing Slide Infografis dari Kreasi Presentasi menjadi salah satu materi training WAJIB bagi semua karyawannya, terutama karyawan baru  atau CPNS yang terdiri dari anak-anak mudah generasi milenial.

Tanggal 25-26 Februari kemarin dilaksanakan Training Infografis Kementerian BUMN batch ke-7 yang diikut oleh 34 peserta yang terdiri dari para pegawai baru, yang sedang menjalani proses pelatihannya selama beberapa bulan. Pakar Slide Dhony Firmansyah dan tim Kreasi Presentasi yaitu Hakim Asthra Yudhie, Enny Rahmita dan Hana menuntun dan mengarahkan peserta yang semuanya adalah generasi milenial untuk membuat desain infografis dengan topik yang berbeda sesuai dengan hasil undian yang dilaksanakan sebelum sesi dimulai. Peserta sangat bersemangat dan tekun menerapkan semua yang diajarkan.

Training Infografis Kementerian BUMN di Hari Pertama

Hari pertama pelaksaan training dimulai dari pengenalan warna dan pemilihan warna yang nantinya digunakan sebagai template presentasi, penggunaan font dan juga komposisi layout sesuai dengan kaidah infografis yang diajarkan. Selanjutnya peserta diminta untuk memilih jenis infografis apa yang akan di desain. Peserta dapat mencari bahan untuk presentasinya dari artikel di internet. Selain itu pada hari pertama, peserta juga mempelajari bagaimana memilih dan melakukan editing icon yang sesuai dengan tema infografis yang dipilihnya.

Semua di kupas tuntas pada hari pertama, karena materi ini merupakan pondasi untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik dan menghasilkan presentasi yang lebih optimal. Pada sesi akhir, peserta diminta untuk mengumpulkan tugas praktek yang sebelumnya di kerjakan kepada Tim Kreasi Presentasi.

Training Infografis Kementerian BUMN di Hari Kedua

Di hari kedua, peserta diajarkan untuk cara me-makeover slide presentasi yang sebelumnya dibuat, agar presentasi menjadi tampak lebih menarik secara visual dan tidak padat dengan teks panjang. Materi selanjutnya yang diajarkan adalah tentang diagram, grafik, dan pie chart. Peserta belajar untuk memvisualkan data pada diagram, grafik, dan pie chart sesuai tema yang dipilih sebelumnya dalam nuansa infografis. Pada sesi terakhir, peserta dapat menyusun hasil latihan hari pertama dan hari kedua menjadi infografis vertikal. Yang berupa Judul, Definisi, Data, Solusi dan Action-nya dari setiap tema yang dibuat oleh peserta.


Jika Anda ingin belajar cara membuat videografis yang menarik dengan powerpoint, Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi, Infografis & Videografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (Bu Isti).


Semua peserta diminta untuk mengirimkan hasil desainnya ke email Kreasi Presentasi untuk penilaian dan pemberian feedback, ternyata hampir semua peserta memiliki desain yang unik dan kreatif. Ternyata materi yang di pendidikan formal membutuhkan waktu 6 bulan untuk mempelajari dan menguasainya, tetapi Kreasi Presentasi mampu memberikan dan membantu peserta untuk memguasainya dalam waktu 2 hari saja. Amazing !!

Sebagai penutup, Tim Kreasi Presentasi memberikan reward bagi peserta yang membuat slide presentasi menarik dan terbaik. Terimakasih untuk Kementerian BUMN, karena telah mempercayai Kreasi Presentasi dalam partner pembelajaran, khususnya dalam bidang presentasi. Semoga ilmu yang kami berikan bermanfaat bagi personal dan bagi corporate.

Salam Amazing,