Training Infografis dan Videografis Perum Bulog


Kebutuhan akan tampilan data dalam bentuk Infografis sudah sangat diperlukan oleh banyak instansi baik di pemerintahan maupun swasta. Tak ketinggalan Perum Bulog pun ambil bagian untuk bisa mendapatkan pelatihan mengenai presentasi data dalam bentuk infografis dari Kreasi Presentasi yang digawangi oleh Dhony Firmansyah selaku penggagas pembuatan infografis dengan menggunakan media powerpoint.

Bahkan Perum Bulog meminta untuk diadakan Training Infografis dan Videografis Perum Bulog selama tiga hari. Pun sama videografis ini pun menggunakan media powerpoint. Pelaksanaan pun dilaksanakan dari tanggal 14-16 Maret 2018 bertempat di Gedung YTKI yang beralamat di Jalan Jenderal Gatot Subroto – Jakarta Selatan. Pelatihan ini diwujudkan untuk  mendukung tugas pelaksaan bahan presentasi data yang begitu kompleks menjadi visual grafis yang indah dan menarik.

Seramai 40 orang perwakilan dari beberapa bagian di Perum Bulog mengikuti pelatihan ini. Dan tak tanggung-tanggung dari Kreasi Presentasi menurunkan satu trainernya yakni Dhony Firmansyah beserta 5 asisten trainernya yakni Panji Priambudi, Hakim Asthra Yudhie, Heryadi Mulyana, Pambudi, dan Scoria Novisa Dewi yang bertugas menyemarakkan pelatihan dengan ice breakingnya yang beraneka ragam.

Bagi anda yang ingin bekerja sama dengan Kami untuk Training Infografis maupun Videografis, silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk proposal penawaran menarik dari Kreasi Presentasi.

Pelaksanaan Training Infografis dan Videografis Perum Bulog Hari Pertama

Hari pertama pelatihan dibuka Kadiv Bulog, diawali dengan doa. Kadiv Bulog menyampaikan maksud dan tujuan serta harapannya dengan diadakan Training Infografis dan Videografis Perum Bulog.

Sebelum pelatihan dimulakan, peserta disegarkan dengan Ice Breaking dari asisten trainer Kreasi Presentasi (Scoria Novisa Dewi). Selanjutnya seluruh peserta diberikan pretest untuk mengukur sejauh mana mereka memahami materi yang akan diberikan seputar infografis dan presentasi.

Selanjutnya pelatihan inti yang disampaikan langsung oleh Dhony firmansyah dengan julukannya Pakar Slide bergulir mulai dari perkenalan diri selanjutnya disampaikan tentang jenis-jenis infografis, lalu materi tentang harmoni warna hingga membentuk template warna , dan pemilihan font yang tepat mulai dari awal slide hingga akhir slide.

Siang hari setelah ishoma pelatihan dilanjutkan dengan materi tentang optimasi image. Selanjutnya setiap peserta mulai membuat slide-slide dengan  tampilan infografis sesuai dengan materi yang diajarkan. Dan masing-masing mengirimkan hasil pelatihannya pada hari pertama untuk bisa dievaluasi oleh tim Kreasi Presentasi.

Pelaksanaan Training Infografis dan Videografis Perum Bulog Hari Kedua

Hari kedua para peserta diajarkan untuk menyederhanakan data-data yang akan ditampilkan dalam silde. Lalu diconvert dalam tampilan infografis sesuai dengan yang telah diajarkan pada hari pertama.

Selanjutnya para peserta mulai diajarkan tentang diagram dalam menentukan tata letak dari beberapa data yang akan ditampilkan. Tak ketinggalan untuk memperkuat data-data diajarkan mengenai optimasi icon yang mewakili isi data. Tak ketinggalan bagaimana mengoptimasi grafik sehingga menjadi tampilan grafis yang baik dan menarik.

Terakhir slide-slide yang telah dibuat diubah bentuknya menjadi tampilan infografis Panjang yang berisikan seluruh data-data dengan tampilan infografis dengan harmoni warna yang baik, pemilihan font yang tepat, dan tata letak dengan data-data yang telah disederhanakan menjadi visual data yang enak dipandang dan mudah untuk dibaca.

Pelaksanaan Training Infografis dan Videografis Perum Bulog Hari Ketiga

Hari ketiga adalah pelatihan membuat videografis dari data-data yang telah dibuat di hari pertama dan hari kedua. Berbeda dengan infografis yang dipenuhi dengan data-data yang telah direduksi dan dioptimasi, maka videografis mereduksi data-data yang ada di infografis untuks selanjutnya data-data tersebut ditampilkan dalam bentuk script narasi.

Maka mulailah para peserta merekam narasi masing-masing sesuai dengan isi slide. Selanjutnya para peserta diajakan animasi untuk membuat tampilan di slide layaknya dibuat di software untuk membuat videografis. Dan pada akhirnya seluruh peserta mampu untuk membuat videografis mengenai data-data yang akan mereka presentasikan.

Di akhir sesi seluruh videografis dikumpulkan, dan peserta dengan tampilan terbaik, videografisnya ditampilkan di hadapan peserta lainnya. Dan peserta terbaik diberikan penghargaan dari Kreasi Presentasi. Dan pelatihan infografis dan videografis ditutup oleh Kadiv Perum Bulog. Tak ketinggalan peserta diberikan lembaran posttest untuk mengukur kemampuan setelah diberikan pelatihan selama 3 hari berturut-turut.

Terima kasih kami sampaikan kepada para panitia dari Perum Bulog yang telah antusias dalam menyelenggarakan Training Infografis dan Videografis Perum Bulog. Semoga mendatang kita bisa bersinergi untuk Training berdurasi lengkap.

Salam Amazing