Training Analisa Data KemenPUPR


Selama 4 tahun terakhir Kreasi Presentasi selalu terdepan dalam pembuatan media presentasi profesional dengan optimasi powerpoint. Kini, Kreasi Presentasi akan terus memperluas tracknya dengan meluncurkan produk baru bertajuk Amazing Data Presentation.

Kreasi Presentasi dipercaya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaunchingkan produk terbaru. Berbeda dengan training sebelumnya, workshop kali ini merupakan workshop perdana bagi kreasi presentasi yakni workshop Analisa data dengan Tableau. Produk ini dilatarbelakangi dari adanya jutaan data yang menumpuk sehingga terdapat kesulitan yang muncul dalam meganalisanya. Dalam hal ini Kreasi Presentasi merasa perlu untuk Analisa dan visualisasi data yang praktis menggunakan software tableau.

Workshop Analisa Data KemenPUPR yang dihadiri oleh 20 orang peserta tersebut dilaksanakan pada 29 – 30 Juli  di Hotel Santika Surabaya. training ini dipandu secara langsung oleh Tim Kreasi Presentasi Dhony Firmansyah, Hakim Astra Yudhie, Surya Indraswari dan Nabila.

Hari pertama Workshop Analisa Data KemenPUPR diawali dengan pengenalan software tableau yang akan digunakan, peserta diberikan kesempatan mengaplikasikan langsung software tableau untuk memvisualisasikan data yang mereka miliki dengan tema sesuai nomor undian.

Peserta sangat antusias mengerjakan analisa data berdasarkan tema yang didapatkan. Bahkan saking bersemangatnya para peserta dalam mengerjakan, mereka sampai tidak rela kehilangan waktu yang dipakai untuk coffee break sehingga banyak yang masih asyik melanjutkannya. Para peserta memvisualkan data dalam berbagai macam grafik seperti bubble chart, tree map, scatterplot bahkan ada juga yang memvisualkan dalam bentuk maps. “Saya biasanya Analisa data menggunakan sebuah software lain memerlukan waktu hingga 2-3 jam, Ini pakai “Tableau”tadi hanya 10 menitan”. Ujar salah satu peserta training.

Di hari kedua Workshop Analisa Data KemenPUPR, peserta mempresentasikan hasil visualisasi data mereka dengan menggunakan tableau. Hasilnya, peserta mampu menampilkan datanya dengan menarik dan interaktif sehingga data yang ingin disampaikan mudah dipahami oleh peserta lain yang bertindak sebagai Audiens. Sebelum acara berakhir, tim Kreasi Presentasi mengumumkan peserta terbaik Training Analisa Data KemenPUPR untuk mendapatkan reward dari tim kreasi presentasi.

Terimakasih kami mengucapkan kepada Kementerian PUPR atas kepercayaan yang diberikan kepada Kreasi Presentasi. Semoga dapat berjumpa di lain kesempatan.

Salam Amazing.