Tips Presentasi Memukau


Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata presentasi ? Jika yang muncul hanyalah mengeluarkan beberapa patah kata dari mulut kita kepada orang lain di hadapan publik, maka Anda perlu memperhatikan tips presentasi memukau berikut.

Mengapa demikian ?

Berbicara itu seni. Jika yang kita terapkan hanyalah presentasi yang biasa, maka jangan berharap lebih orang lain akan mendengarkan apa yang kita ucapkan. Dapat kita bayangkan sendiri jika kita mendengarkan sebuah materi dari dosen atau ceramah dari ustadz yang keduanya hanya sekedar berbicara, pasti mengantuk dan malas untuk mendengarnya bukan ?

Jika membayangkannya saja sudah mengantuk, bagaimana jika benar-benar mempraktekkannya ? mungkin sebagian dari kita justru tertidur pulas.

Lalu bayangkan jika kita mendengarkan seseorang yang melakukan presentasi kemudian kita merasa sangat enjoy bahkan ketagihan untuk selalu mendengar topik-topik lainnya ibarat menonton konser yang selalu ingin nambah lagu-lagu lain dalam performnya.

Mengapa demikian ? Apakah karena orang yang membawakannya terlampau cantik atau ganteng ?

Tidak. Jika itu alasannya, lebih baik cukup memandangi dirinya atau fotonya tanpa mendengarkan presentasinya.

Nah, daripada banyak membayangkan hal-hal yang membosankan, mari kita simak bersama beberapa tips presentasi memukau yang perlu Anda perhatikan.

1- Perlihatkan Penampilan Terbaik Anda


http://www.netralnews.com/foto/2017/11/03/143-ilustrasi_pria_memakai_setelan_jas.jpg

Tips presentasi memukau yang pertama yakni perhatikan penampilan Anda. Ini wajib! Bayangkan jika Anda mengenakan pakaian yang lusuh dan kotor, pasti audiens akan malas untuk mendengarkan Anda sebaik apapun presentasi yang Anda bawakan. Anda pun akan malu sendiri karena mereka akan menatap Anda dengan tatapan aneh.

Sebelum berangkat menghadiri janji membawakan presentasi, persiapkan penampilan Anda sebaik mungkin mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Sebab penampilan adalah nilai Anda. Penampilan menggambarkan karakter Anda. Bukan berarti Anda harus memilih barang yang mahal, namun pilihlah barang dan setelan yang match dan terkesan senada. Jika terlalu “ngejreng” akan terlihat aneh saat dilihat. Anda bisa mempelajari bagaimana busana yang baik untuk presenter dengan membaca artikel Busana Presenter.

2- Buka Presentasi dengan Cara yang Unik

Sebelumnya Anda harus mengetahui target usia dari audiens Anda, jika audiens Anda adalah remaja, gunakan bahasa yang santai dan tidak kaku. Anda pun bisa melakukan ice breaking pada pembukaan dengan melakukan permainan kecil atau tebak-tebakan menarik untuk menghipnotis mereka. Jika audiens Anda adalah orang dewasa dan orang tua, gunakan bahasa semi formal.  Gunakan skill ngelucu atau joke untuk kedua target usia tersebut karena keduanya sama-sama senang dengan hal-hal yang membuat mereka tertawa agar tidak mengantuk ketika mendengarkan.

Hal tersebut sangat penting jika Anda tidak ingin audiens banyak yang keluar ruangan untuk sekedar pergi ke toilet, bahkan meminta izin untuk pulang sebelum presentasi berakhir.

Catatlah di kepala Anda bahwa first impression sangat mempengaruhi next impression. Tiga sampai lima menit pertama Anda bisa memperkirakan seberapa diterima ucapan Anda melalui antusias tidaknya audiens dalam mendengarkan presentasi Anda. Kemudian pancinglah mereka untuk melakukan tindakan sesuai perintah anda seperti menirukan jargon, gerakan, atau tindakan seperti membuka booklet yang anda sebarkan. Jika mereka terlihat antusias, Anda sudah berhasil di tahap introduction.

3- Terapkan pembahasan yang SPJ


https://pixabay.com/photos/conference-public-speaking-2705706

Apa itu SPJ ? SPJ adalah singkatan singkat, padat, dan jelas. Audiens bisa sangat jenuh dengan penjelasan yang berbelit-belit. Bawakan presentasi yang related dengan tema. Jangan menjelaskan tentang sesuatu yang menyimpang dari tema. Kita sendiri pun tahu bahwa waktu adalah hal yang sangat berharga, jadi usahakan hargai waktu diri sendiri dan orang lain. Menyampaikan presentasi yang ngalor ngidul dan tidak jelas pasti akan menyita banyak waktu dan membuat audiens menyesal telah menghadiri presentasi yang Anda bawakan.

Selain itu, jangan mengulang-ngulang kalimat yang sama di sepanjang penampilan seperti kata “apa namanya…, jadi begini…, kalau saya pikir…., seperti itu…..” dan sejenisnya. Anda boleh menggunakannya sesekali, jangan berulang kali.

4- Hindari Sikap Gugup

Usahakan untuk bersikap rileks. Anda akan sangat terganggu jika Anda gugup dalam menyampaikan materi. Karena sikap gugup bisa membuat suara Anda bergetar, tubuh bergetar, salah tingkah, dan ngeblank dengan materi yang akan disampaikan. Padahal sebelumnya Anda sudah menyiapkannya dengan baik jauh-jauh hari dan sudah sangat baik ketika persiapan. Sangat disayangkan jika pada hari H nya lebih buruk dibanding persiapannya.

Setiap orang mempunyai cara tersendiri dalam mengatasi rasa gugupnya. Salah satunya yakni hadir lebih awal agar Anda tidak merasakan khawatir datang terlambat yang nantinya menambah kegugupan Anda. Selengkapnya Anda dapat membaca artikel Tips Presentasi-Menghindari Gugup.

Selain itu, jangan terlalu kaku hanya berdiri di satu titik yang sama dari awal hingga akhir. Itu sama halnya dengan melihat sebuah patung bersuara di atas panggung. Sesekali berjalan-jalan ke kanan kiri, maju mudur, bahkan Anda diperbolehkan untuk melangkah agak jauh dari titik awal, dengan begitu audiens dapat melihat Anda dalam jarak dekat, dapat merasakan aroma parfum yang Anda kenakan, melihat senyum manis Anda yang menawan lalu jatuh cinta. Bukan, bukan jatuh cinta seperti yang Anda bayangkan. Tapi jatuh cinta dengan materi yang Anda bawakan sehingga mempercayai materi yang Anda sampaikan.

5- Pelajari Ilmu Design

Tak bisa dipungkiri jika design menjadikan segala sesuatu tampak menarik dan indah, begitu juga presentasi. Anda perlu untuk membuat design yang menarik dalam slide PowerPoint Anda dan asahlah kreativitas dalam diri Anda. Dengan demikian audiens akan betah memandangi materi yang disajikan dalam slide Anda sehingga informasi dapat tersalurkan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menjadikan Anda terlihat memukau di hadapan audiens.

Bahkan saat ini, beberapa industri berinovasi untuk melayani pemesanan pembuatan slide kreatif dari berbagai perusahaan besar. Hal tersebut merupakan bukti bahwa seseorang akan melakukan berbagai cara demi presentasi yang menarik dan memukau. Anda pun perlu menyisipkan video dan gambar yang menarik untuk memanjakan mata mereka karena lelah membaca huruf.

6- Persiapkan Fasilitas Pendukung

Persiapkan dengan baik fasilitas pendukung presentasi seperti handled remote, laptop, proyektor, dan sebagainya. Anda dapat menampilan presentasi memukau sambil berjalan-jalan, namun tetap bisa mengganti slide yang ditampilkan menggunakan handle remote. Laptop yang digunakan pun usahakan di charge terlebih dahulu, atau langsung charge sebelum membuka presentasi untuk mencegah gangguan teknis selama presentasi berlangsung. Fasilitas-fasilitas yang Anda bawa pun harus Anda pahami cara mengoperasikannya agar tidak bingung ketika tiba-tiba terjadi gangguan, walaupun Anda memiliki asisten yang mengawal presentasi Anda.

7- Sampaikan Penutup yang berkesan

Kesan terakhir sangat penting untuk diperhatikan karena itu menentukan langkah audiens selanjutnya apakah akan mengundang Anda kembali dan mempercayai materi yang Anda sampaikan atau tidak. Untuk memberikan kesan baik kepada audiens, lontarkan kata mutiara, nasehat, kisah inspiratif dari seorang influencer yang related dengan tema presentasi sehingga mereka akan selalu mengenang Anda di sepanjang waktu. Anda pun bisa mengungkapkan manfaat-manfaat yang nantinya diperoleh audiens jika mereka mempercayai materi yang Anda sampaikan. Selain itu, jangan lupa gunakan sesi tanya jawab karena setiap audiens pasti menyimpan pertanyaan-pertanyaan yang ingin diungkapkan selama presentasi berlangsung.

Jika tips presentasi memukau tersebut telah dilakukan, jangan lupa berdo’a untuk kelancaran presentasi Anda, Selamat Mencoba dan Semoga Sukses ….

Jika Anda masih merasa bingung untuk melakukan tips presentasi memukau terutama dalam mendesain slide presentasi, kami hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan Anda. Silakan mengikuti workshop Amazing Slide Presentation yang akan dipandu oleh Pakar Slide Dhony Firmansyah. Silakan hubungi mbak Ayu di nomor 0812 3271 6030.

Salam Amazing,

Anda dapat memesan gambar dengan cara klik gambar di atas