Tips Mendesain Infografis Perbandingan


Tips mendesain infografis perbandingan. Yaps, infografis lagi dan lagi, memang kalau membahas tema satu ini tak pernah ada habisnya ya, selalu ingin tahu lagi dan lagi. Ditambah lagi bagi Anda yang terbiasa mengemban tanggungjawab melakukan presentasi dan menyusun laporan, ini akan menjadi kebutuhan “kekinian” yang perlu diperjuangkan. Ini akan menjadi hal yang bermanfaat bagi diri Anda sendiri maupun publik yang mengonsumsinya.

Nah… sejauh ini, kalau menurut Anda, bagian mana yang tersulit dari mendesain infografis? Yap, membangun ide. Membangun sebuah ide untuk dituangkan dalam desain infografis memang tidak bisa dibilang mudah. Namun bukan berarti hal itu tak bisa diusahakan. Untuk mencapainya butuh latihan, butuh proses, yang mana bisa dilakukan dengan membekali diri dengan beberapa referensi untuk meningkatkan kemampuan kita.

Sebelumnya, kami telah menjelaskan tentang jenis infografis yang dapat disimak untuk mengetahui apa saja jenis infografis yang dapat didesain. Dalam kesempatan yang baik kali ini, izinkan kami menyampaikan hingga tuntas tips mendesain infografis perbandingan, salah satu jenis infografis yang banyak dipertimbangkan desainer untuk membandingkan dua hal atau lebih, sehingga memudahkan audiens untuk memilih item mana yang cocok bagi mereka. Silakan simak dalam artikel berikut:

1- Tentukan dua atau lebih item yang akan dibandingkan

Tips mendesain infografis perbandingan yang pertama yakni menentukan dua atau lebih item yang akan dibandingan. Pastikan berapa item yang akan dimasukkan ke dalam infografis perbandingan untuk mengetahui ide seperti apa yang akan dikembangkan nantinya. Sebagian besar desiner infografis membuat dua item saja sehingga semakin memudahkan audiens memilih item terkait. Namun jika item ada banyak, jangan khawatir untuk mencantumkannya juga.

2- Tentukan Jenis Infografis Perbandingan

Anda bisa menentukan contoh infografis seperti perbandingan ide atau gagasan, perbandingan positif dan negatif, perbandingan produk, dan perbandingan lainnya, seperti yang tertulis dalam artikel slide infografis perbandingan berikut (klik di sini).

3- Buat Pemisah Antar Item

Untuk menunjukkan perbedaan, buatlah garis pemisah antar item agar penjelasan terlihat terlihat interaktif. Pemisah item bisa berbentuk tabel atau shape yang berisi konten yang akan dibahas. Tanpa itu semua, audiens akan kesulitan memahami isi infografis Anda.

4- Harmonikan Warna

Jika ingin mengharmonikan warna, pastikan Anda mematuhi aturan roda warna untuk menciptakan warna-warna yang kontras dan cantik. Anda pun bisa melihat referensi skema warna dari beberapa website yang telah tersedia. Silakan simak artikel inspirasi palet warna terbaik untuk menambah referensi.

5- Align masing-masing poin harus simetri

Mengapa align masing-masing poin harus simetri? Hal ini agar slide infografis Anda tampak rapi dan tertata sehingga mudah dipahami. Usahakan poin satu pada item A sejajar dengan item B, begitupun seterusnya. Tak perlu berisi jumlah kata yang sama, asalkan sejajar pun sudah bagus untuk dilihat.

6- Konsistensi ikon dan font

Masing-masing item harus menerapkan font dengan ukuran dan jenis yang sama, serta menggunakan ikon dengan ukuran yang sama. Dengan begitu tampilan infografis akan tampak selaras dan seimbang. Idealnya, font judul menggunakan ukuran paling besar, sub judul ukuran sedang, serta konten berukuran kecil.

Nah, apakah sudah siap mendesain infografis perbandingan? Mudah kok, asalkan menerapkan tips mendesain infografis perbandingan di atas. Dengan begitu skill desain infografis semakin melejit dan amazing. Kami siap memandu Anda untuk praktek langsung, silakan kerjasama bekerja sama dengan Kreasi Presentasi dengan menghubungi Bu Isti di nomor 085733330407.

Salam Amazing,