Syarat Sebelum Membuat Videografis


Anda bisa mengakuinya jika saat ini dunia visual menjadikan kita lebih menyenangi informasi yang visual daripada dunia teks. Alasannya sih karena efisiensi. Sebisa mungkin diusahakan agar informasi diperoleh secara maksimal dengan waktu minimal. Ditambah lagi penggunaan media sosial yang menjadikan kita berlomba-lomba memposting informasi visual untuk berbagai tujuan. Dari beberapa bentuk media visual yang ada, videografis dipercaya sebagai media yang efektif untuk penyampain informasi. Agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman, sangat perlu untuk meningkatkan skill pembuatan videografis yang menarik. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membuat infografis, Anda perlu memahami syarat sebelum membuat videografis. Ini adalah syarat wajib yang perlu dipenuhi kalau ingin videografis Anda menarik bagi publik yang menikmatinya.

1- Mengetahui Target Anda

Syarat sebelum membuat videografis yang pertama adalah mengetahui target Anda. Sebelum membuat videografis, tentunya Anda perlu tahu untuk siapa video tersebut dibuat. Hal ini bertujuan untuk mengetahui topik apa yang ingin Anda bahas dalam video tersebut. Hal ini penting untuk mengetahui apakah topik yang Anda pikirkan berpotensi dicari oleh publik atau tidak, jika jawabannya adalah iya, silakan mengumpulkan beberapa referensi-referensi terkait informasi apa saja yang berpotensi dibutuhkan oleh mereka. Misalnya targetnya adalah konsumen yang berprofesi di bidang presentasi, maka topik yang diangkat misalnya bagaimana mendesain slide yang profesional, Yang dihindari dalam desain slide presentasi, Kombinasi Font Terbaik Slide Presentasi, dan lainnya.

2- Alur Videografis Mudah Dipahami

Setelah mengetahui topik yang akan diangkat, Anda akan memikirkan konten video yang akan dibuat. Usahakan agar alur videografis mudah dipahami sehingga ini akan memberi keputusan kepada publik apakah melanjutkan menonton video Anda atau tidak. Usahakan agar alur tersebut terstruktur dan jelas, jika berbentuk cerita, tentukan awal dan akhir yang jelas sehingga tidak menimbulkan banyak persepsi. Jika berupa kategori how to, maka tiap stepnya harus urut dan jelas. Berikut contoh videografis yang kami sajikan untuk Anda.

3- Konten Menarik dan Bermanfaat

Konten yang bermanfaat pasti menarik, sedangkan menarik belum tentu bermanfaat. Usahakan untuk menyempurnakan keduanya yakni menarik dan bermanfaat. Anda perlu membuat konten yang dibutuhkan publik sehingga mereka pun akan menantikan konten Anda selanjutnya. Selain itu, Anda perlu membuat desain videografis yang memanjakan penglihatan publik sehingga mereka akan menonton video Anda sampai habis.

4- Durasi yang Pas

Syarat sebelum membuat videografis yang terakhir adalah durasi yang pas. Durasi yang terlalu panjang dikhawatirkan membuat publik bosan dan tidak punya waktu untuk menonton lebih lama. Maka dari itu usahakan durasi videografis sekitar 3-4 menit agar lebih efisien dan efektif. Jika Anda mempunyai video berdurasi 30 menit hingga satu jam, potonglah menjadi beberapa bagian yang penting sehingga video tersebut pun masih bisa dibagikan kepada publik.

Itulah syarat sebelum membuat videografis yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat videografis untuk berbagai keperluan. Jika ingin praktek langsung, Kreasi Presentasi siap hadir untuk mengunjungi Anda kapan pun dan di mana pun. Untuk melakukan kerjasama, silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing,