Software Analisa Data Terpraktis


Perkembangan teknologi yang kian amazing menjanjikan adanya kemudahan-kemudahan dalam menjalani kehidupan, salah satunya adalah tentang data. Segala sesuatu yang ada di dunia ini sudah terekam menjadi sebuah data.  Fenomena tersebut bagaikan pedang bermata dua yang mana ada sisi baik dan buruknya. Tak sedikit oknum-oknum yang mencuri data untuk tindak kejahatan yang kejam dan merugikan. Alangkah baiknya menyikapi perkembangan teknologi dengan bijak yakni memanfaatkan data untuk keperluan tertentu yakni untuk analisa data menggunakan software analisa data terpraktis.

Dari space yang paling kecil yakni individu mempunyai data antara lain jenis kelamin, tanggal lahir, bahkan barang apa saja yang biasanya dibeli, tempat mana saja yang pernah dikunjungi, semua itu dapat terekam sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan tertentu, misalnya untuk bisnis yang sedang menyurvei pangsa pasar. Atau dalam suatu wilayah terdapat data jumlah infrastruktur, fasilitas umum sehingga dapat digunakan untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat, membuat kebijakan dan keputusan agar kebijakan yang diambil tepat sasaran, serta menganalisa kendala yang mungkin terjadi dalam suatu pembangunan sehingga dapat menghindari suatu keputusan yang menyebabkan kerugian. 

Data-data tersebut tentunya seabrek dan jika dibiarkan menumpuk maka akan menjadi data yang tidak bermakna. Sangat disayangkan bila tercecer berantakan tanpa pengolahan yang rapi. Untuk memudahkannya, terciptalah banyak cara dalam mengolah data, salah satunya adalah business intelligent. Business intelligent menjadikan data-data tersebut mudah dieksekusi dengan cara dikumpulkan, diananalis, dan divisualkan menggunakan software analisa data terpraktis. Business intelligent hadir sebagai bentuk perkembangan teknologi informasi yang memudahkan berbagai sektor baik bisnis, pemerintahan, kesehatan, pelayanan publik, dan lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ariani, menjelaskan bahwa penerapan business intelligent (BI) pada suatu perusahaan atau organisasi dapat memudahkan dalam analisis data untuk mendukung pembuatan keputusan. Dari sekian banyak software yang dirancang, tableau adalah software analisa data terpraktis menurut kuadran gartner Business Intelligent.  

Software analisa data terpraktis bernama tableau ini dapat melakukan 3 pekerjaan yakni mengumpulkan data, analisis data, dan memvisualkannya. Ketika sudah melakukan analisis data yang cukup rumit, jangan sampai data tersebut dipresentasikan dengan bentuk yang kurang menarik. Oranglain yang akan membaca data tersebut pun akan merasa malas jika tampilannya b aja alias biasa aja. Itulah sebabnya tableau menyediakan fasilitas representasi data berbentuk grafik, table, dan lainnya yang eyecatching, cantik, dan interaktif.

Dari permasalahan tersebut, Kreasi Presentasi hadir pada baris terdepan untuk mencari software analisa data terbaik. Berbeda dari pelatihan sebelumnya yang fokus pada optimasi media presentasi mulai dari Amazing Slide Presentation, Amazing Slide Infographic, dan Amazing Slide Videographic. Kini kami mengembangkan produk baru yakni Amazing Data Presentation yang akan terus kami diskusikan agar mencapai hasil yang maksimal, semoga software analisa data terpraktis tersebut bermanfaat bagi Anda dalam berbagai sektor. Jika ingin mengundang kami, silakan menghubungi Bu Kuma di 085733330407.

Salam Amazing,