Slide dengan Satu Jenis Font

Oleh: Dhony Firmansyah (Founder Kreasi Presentasi).

Seringkali kita kesulitan jika mendesain kata-kata / quotes dalam slide presentasi, karena kita kurangnya pengetahuan mana jenis huruf atau font yang cocok untuk slide presentasi. Atau sebaliknya kita enggan mendesain karena kita kesulitan dalam meng-install font. Padahal sebenarnya, kita hanya perlu satu jenis font saja yang telah jadi default dalam software powerpoint, ini sudah cukup layak untuk mendesain slide.

Lho, apa bisa mendesain slide dengan satu jenis font? Apa tidak monoton dan kayaknya punya kesan biasa saja? Hehe, tahu ga desain slide dengan satu jenis font itu super keren. Nah, rahasianya ada pada 3 hal mendasar, yaitu ukuran font, warna font dan bagaimana cara penempatannya.

Jadi, seharusnya dengan menggunakan font yang sudah terinstall dalam software presentasi misal Powerpoint, seperti Calibri, Times New Roman, maupun Gill Sans, kita tetap mampu mendesain slide dengan hasil yang Amazing.

Berikut adalah contoh desain slide dengan satu jenis font yang saya uji coba. Ini menggunakan huruf Myriad Pro. Foto diambil oleh Mbak Citra Ayu Furry dalam workshop Amazing Slide Presentation batch-10, Jakarta.

Ya, contoh di atas adalah desain slide dengan satu jenis font saja, memakai huruf Myriad Pro. Tanpa font lengkung, latin atau font dekoratif lain. Meski sederhana, hasilnya tetap oke. Selanjutnya adalah contoh desain slide dengan satu jenis font lainnya. Desain ini menggunakan font Helvetica.

Berikut adalah contoh lain desain slide dengan satu jenis font, menggunakan huruf Helvetica. Lagi-lagi memakai foto yang diambil oleh Mbak Citra Ayu Furry dalam event Wanna be Trainer batch 12 di Jakarta, 14-16 Februari 2014.

Bagaimana? Hasilnya pasti Amazing. Desain slide dengan satu jenis font sangat bagus bagi Anda yang mengalami kesulitan menentukan jenis huruf dekoratif plus tidak mau lelah untuk menginstall font.

Salam Amazing.