Seminar Amazing Slide Presentation BPS


Dalam rangkaian kegiatan Workshop Pemanfaatan Data – Susenas MSBP dan KP 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia pada tanggal 28 November 2018, tim Kreasi Presentasi mendapat undangan sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan tersebut. Bertempat di Hotel Jambuluwuk Malioboro, Yogyakarta.

Seminar ini diadakan bertujuan untuk membuka wawasan dan menambah pengetahuan para pegawai Badan Pusat Statistik (BPS) tentang bagaimana menyajikan data dan mendesain slide presentasi yang benar dan indah dipandang oleh audiens. Seminar diikuti oleh sekitar 100 orang pegawai BPS dari 34 provinsi di Indonesia, dan dihadiri oleh Direktur Statistik Kesejahteraan Rakyat BPS – Bapak Gantjang Amannullah, MA, dengan Pambudi Wisnu Adjie sebagai narasumbernya dari tim Kreasi Presentasi.

Salah satu hal yang dibahas di dalam seminar Amazing Slide Presentation adalah pentingnya tampilan visual dalam slide presentasi sehingga para pegawai BPS mampu menyajikan data dan slide presentasinya memukau audiens, bahkan pesan yang disampaikan mampu menginspirasi audiens. Karena berdasarkan fakta bahwa 95% slide presentasi di dunia sangat membosankan, kebanyakan presenter mengulang-ulang kesalahan yang sama setiap kali mereka mempresentasikan sebuah materi. Sebagai contoh, hampir seluruh peserta yang hadir mengakui bahwa ketika mereka membuat slide, mereka cenderung ingin meletakkan semua tulisan yang akan disampaikan ke dalam slide. Metode copy paste ini menjadikan slide tampak padat, penuh tulisan dan membosankan tentunya. Mereka menganggap semua itu penting untuk ditampilkan, namun justru dengan menampilkan semuanya maka tidak ada hal baru/penting yang di dapat oleh audiens, karena audiens bisa membaca konten presentasi.


Pelatihan Videografis & Animasi Infografis, Amazing Slide Infographic,  Amazing Slide Presentation untuk teknik visual video presentasi yang telah diadakan di berbagai perusahaan dan kementerian. Silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 (telp & WA).


Kesalahan lainnya adalah membuat materi tampilan slide penuh dengan bullet point serta tampilan slide dengan perpaduan warna yang menyiksa mata audiens, warna yang kontras dan tajam, tidak nyaman bagi audiens.
Pambudi Wisnu Adjie sebagai pemateri dalam seminar ini juga memberikan tips mencari dan memilih gambar atau image yang baik lewat mesin pencari seperti google, baik image sebagai objek maupun sebagai background dan mempraktekannya dalam slide dengan optimasi image dan memadukan font dan color sehingga slide benar-benar visual yang mampu mempengaruhi audiens, selain slide tersebut indah dan memuaskan.

Dalam seminar Amazing Slide Presentation ini, peserta juga diharapkan menambah referensi tentang desain dengan sering-sering berkunjung ke website yang menyajikan desain Powerpoint dengan indah, seperti SlideShare dan Pinterest. Selain itu juga menambah pengetahuan tentang presentasi data yang baik dengan melihat presenter dunia di TED.com.

Semoga sharing singkat dari tim Kreasi Presentasi dalam seminar ini bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir, sampai ketemu dalam inhouse Pelatihan Amazing Slide Series di kesempatan selanjutnya.

Salam Amazing,

Pambudi Wisnu Adjie