Rahasia Pembukaan Presentasi Memukau


Pernahkah Anda mendengar sebuah pernyataan bahwa first impression itu penting? Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut? Dalam bidang apapun, oranglain pasti melihat bagaimana kesan pertama yang kita ciptakan ketika bertemu dengan mereka, tak terkecuali di bidang presentasi. Bagaimana tidak, dalam sebuah presentasi, Anda akan seringkali berhadapan dengan orang yang tidak Anda kenal untuk berkumpul menjadi satu dalam sebuah forum. Pasti mereka akan melihat first impression dari diri Anda untuk memutuskan apakah mereka akan memperhatikan jalannya presentasi atau tidak. Cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri “Bagaimana caranya agar audiens tertarik untuk memperhatikan presentasi sampai akhir?”

Jembatan utama untuk menarik perhatian audiens hingga akhir tidak lain dan tidak bukan adalah pembukaan presentasi. Inilah yang nantinya berpengaruh pada kelancaran presentasi Anda. Untuk itu, usahakan tidak melewatkan pentingnya pembukaan presentasi jika ingin mendapatkan apresiasi dari audiens. Berikut kami tunjukkan rahasia pembukaan presentasi memukau yang diulas dari SlideModel.com:

1- Ceritakan Kisah Diri Sendiri

Manusia cenderung menyenangi cerita-cerita yang menarik sehingga mereka akan mendengarkan kisah yang Anda ceritakan. Cara terbaik untuk melakukannya yakni memperkenalkan siapa Anda, darimana Anda berasal, bagaimana upaya Anda dalam mengembangkan karir hingga bisa berdiri di hadapan audiens, bahkan Anda pun boleh menceritakan kegagalan dan usaha apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya. Hal ini ditujukan untuk memotivasi audiens untuk selalu semangat memperhatikan jalannya presentasi.

2- Ceritakan kisah inspiratif

Anda dapat memulainya dengan menceritakan sebuah kisah inspiratif yang mempengaruhi emosi mereka. Bisa cerita tentang kisah kesuksesan oranglain, cerita pembangkit semangat, atau apapun itu yang merubah mindset audiens untuk mengupgrade skillnya menjadi lebih baik lagi. Dengan begitu kisah inspiratif tersebut dapat dijadikan pembuka presentasi yang membangkitkan semangat dan membantu kelancaran presentasi.

3- Buat Audiens Penasaran dengan Cerita Selanjutnya

Ibarat menonton film, penikmat layar lebar maupun sinetron cenderung menyukai jalan cerita yang susah ditebak sehingga merasa penasaran untuk menikmati alur cerita hingga akhir. Seperti kalimat “Bisnis Anda akan melesat tajam jika Anda mendengarkan presentasi ini.” Atau kalimat-kalimat lain yang membangkitkan minat audiens. Terkesan hiperbola memang, tapi audiens akan merasa ingin tahu lebih lanjut dengan materi amazing Anda.

4- Visualisasikan Pesan Pembuka

Rahasia pembukaan presentasi memukau yang terakhir adalah visualisasikan pesan pembuka. Seperti yang kita ketahui bahwa tampilan visual lebih mudah dipahami daripada jutaan teks. Hal itu dikarenakan otak manusia membutuhkan 13 milidetik untuk menerjemahkan tampilan visual yang baru saja dilihatnya. Daya tarik estetika yang dihasilkan dapat meningkatkan imajinasi sehingga pesan utama lebih mudah diingat oleh audiens. Misalnya dalam slide berikut ini, audiens akan tergugah untuk mengenal lebih jauh tentang energi alternatif masa depan melalui tampilan visualnya.

Nah, cukup sekian rahasia pembukaan presentasi memukau yang dapat Kreasi Presentasi sampaikan. Anda pun bisa membaca tajuk 4 Teknik Storytelling Memukau untuk tambahan referensi tentang presentasi. Semoga dapat membantu kesuksesan presentasi Anda dari awal hingga akhir. Semoga audiens selalu menikmati presentasi Anda dari awal hingga akhir. Terus semangat berkarya dan salam amazing,

Jika ingin mengundang kami untuk pelatihan desain slide presentasi ataupun infografis, silakan menghubungi Bu Isti di nomor 085733330407.