Rahasia Meningkatkan Kesuksesan Presentasi


Dalam dunia kerja, tentunya Anda tidak dapat terlepas dari presentasi atau berbicara di depan umum baik untuk diskusi, mempresentasikan gagasan kepada klien, bahkan mempresentasikan laporan kerja kepada atasan. Banyak sekali bentuk presentasi yang akan disampaikan baik berupa infografis, videografis, dan sebagainya. Ketika kita telah berbekal dengan baik bagaimana mendesain infografis dan videografis, tentunya perlu diimbangi dengan skill mempresentasikannya. Dengan begitu penampilan Anda akan terlihat sempurna dengan menerapkan rahasia meningkatkan kesuksesan presentasi.

Secara umum, rahasia meningkatkan kesuksesan presentasi adalah mengetahui potensi diri kita. Sebelum masuk ke pembahasan, izinkan kami untuk memberi tahu sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hay Group yang menjelaskan bahwa dalam sebuah departemen perusahaan, mereka yang bertugas sebagai presenter dan dapat mengenali potensi dirinya hanyalah 10 %. Semoga riset tersebut dapat memotivasi bahwa mengenali potensi diri untuk presentasi sangat diperlukan agar presentasi berjalan dengan sukses. Dari penjelasan di atas mungkin kurang spesifik potensi diri seperti apakah yang harus dikenali dan digali? Berikut kami ulas tips konkretnya yang terinspirasi dari tajuk Self-Awareness and Presentations yang ditulis oleh Scott Schwertly:

1- Memahami Kelebihan Diri

Setiap orang dilahirkan dengan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak peduli seberapa banyak kelemahan yang dimiliki karena kelebihannyalah yang akan menutupinya sehingga ia menjadi hebat dengan kelebihannya itu. Dalam presentasi, Anda perlu menonjolkan kelebihan Anda agar presentasi berjalan dengan sukses. Sebagai presenter, Anda perlu menggali kelebihan yang ada dalam diri Anda sehingga mengerti bagaimana melipatgandakan kelebihan tersebut. Sesuatu yang menurut Anda mudah namun terasa sulit dilakukan oranglain, maka itulah kelebihan Anda. Misalnya Anda mempunyai cita rasa yang tinggi terhadap seni, Anda perlu terus mengembangkannya yakni dengan mendesain slide powerpoint yang amazing di setiap waktu. Atau jika Anda mempunyai kelebihan dalam hal problem solving, teruslah berlatih memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada antara Anda dan Audiens.

2- Mengetahui Kelemahan Diri

Sehebat apapun kelebihan yang dimiliki oleh seseorang, jika tak ada upaya untuk mengelola kekurangannya, maka kelebihannya itu akan terkikis oleh kekurangan yang ada. Kelolalah kekurangan tersebut agar tidak merugikan kita di kemudian hari. Seimbangkanlah kekurangan dan kelebihan dalam hidup kita. Jika kita terlalu fokus mengelola kekurangan tanpa mengembangkan kelebihan, maka akan menjadi pribadi yang kurang percaya diri. Sebaliknya, jika terlalu fokus mengembangkan kelebihan tanpa mengelola kekurangan, maka akan menjadi seseorang yang sombong. Misalnya jika Anda mudah panik dalam menghadapi situasi, belajarlah untuk tetap tenang, usahakan tidak melakukan suatu pekerjaan pada batas deadline dan tanpa persiapan karena akan membuat rasa panik semakin menggelora.

3- Bisa Mengendalikan Emosi dan Perasaan

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita akan menemui berbagai masalah yang muncul di depan mata. Jika Anda adalah seorang presenter, tentunya tidak ingin jika emosi negatif menyelimuti jiwa karena akan merusak konsentrasi Anda. Usahakan untuk mengendalikan emosi dengan baik agar tidak merugikan diri sendiri dan Audiens. Cara paling mudah adalah tersenyum karena senyum dapat merubah suasana hati. Silakan simak tips tersenyum saat presentasi karya Pakar Slide Dhony Firmansyah.

4- Mencari Hal yang Memotivasi Diri

Kita perlu tahu hal apa yang membuat kita termotivasi dan bersemangat serta hal apa yang membuat kita bersedih. Rahasia meningkatkan kesuksesan presentasi dapat dilakukan dengan mencari hal yang memotivasi diri dan mengendalikan hal-hal yang membuat kita terpuruk. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa Anda dalam presentasi. Jika Anda akan termotivasi ketika melihat kisah sukses orang lain, maka sering-seringlah melihat video atau kisah yang menceritakan kesuksesan oranglain. Sebaliknya, jauhilah hal-hal yang membuat Anda bersedih.

Di samping rahasia meningkatkan kesuksesan presentasi di atas, tentunya harus menyiapkan materi sebaik mungkin. Salah satu hal yang membuat materi Anda mudah dipahami adalah dengan infografis. Anda dapat mengikuti training Amazing Slide Infographic untuk menciptakan karya infografis yang amazing. Silakan menghubungi kami di 0857 3333 0407.

Salam Amazing,