Rahasia Menampilkan Presentasi Efektif

Bagi kita yang sekarang berada di dunia pendidikan maupun profesional, presentasi menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Banyak diantara kita yang melakukannya dengan seadanya bahkan terkadang belum maksimal. Oleh karena itu kami akan bagikan rahasia menampilkan presentasi efektif yang belum banyak diketahui.

Walaupun sering dilakukan, ternyata masih banyak yang mengaku belum bisa membawakan presentasi yang efektif. Jika anda masih bingung bagaimana cara melakukan presentasi yang baik agar pesan anda tersampaikan, yuk simak rahasia menampilkan presentasi efektif berikut ini.

1- Persiapan adalah kunci

“Persiapan yang matang dapat membantu setengah dari kesuksesan”

Persiapan presentasi dapat dilakukan dengan mencatat mencatat poin-poin dari presentasi, berlatih berbicara, sampai mencari informasi tentang siapa yang akan mendengarkan presentasi Anda nanti. Bukan hanya itu, persiapkan penampilan Anda mulai dari busana, rambut dan sepatu yang bersih dan rapi.

2- Berikan pembuka yang berkesan

Presentasi yang memukau diawali dengan pembuka yang berkesan. Jangan ragu untuk menarik perhatian audiens dengan melontarkan salam dan sapa yang penuh semangat, dan meminta mereka untuk membalas dengan semangat yang sama. Kurangi kata-kata yang tidak diperlukan seperti aaa, hmm, lalu, oleh karena itu dsb. Setelah itu, berikan penjelasan singkat, mengapa audiens perlu mendengarkan anda. Buat mereka memfokuskan perhatian kepada Anda.

3- Desain slide presentasi

Salah satu rahasia menampilkan presentasi efektif tapi sering disepelekan dalam presentasi adalah desain dari slide yang anda tampilkan. Slide presentasi yang menarik tentunya akan mendukung presentasi anda, karena audiens akan tertarik memperhatikan presentasi Anda sampai akhir.

Kebanyakan manusia di dunia ini adalah tipe visual, dimana mereka akan sangat senang melihat hal-hal yang membuat indra penglihatan mereka terpukau. Software yang sering kita gunakan adalah Microsoft PowerPoint, yang berarti juga the power of point, jadi tuliskan saja poin-poin singkat, jangan penuhi dengan tulisan seperti buku bacaan. Seperti yang diungkapkan Nancy Duarte, “jangan menghitung seberapa banyak slide Anda, tapi pastikan slide Anda diperhitungkan.”

Desain slide presentasi seindah mungkin sehingga nyaman dilihat, misalnya pilih warna yang kontras antara warna background dan tulisan, pastikan warna yang Anda gunakan harmonis. Pilih kombinasi  font yang mudah dibaca.

4- Perbaiki dan Terus Berlatih

Lakukan evaluasi setiap Anda selesai presentasi. Bisa minta saran kepada audiens, atau orang terdekat anda yang ikut menyimak. Dengan begitu, setiap presentasi anda akan ada perbaikan. Dengan terus mengevaluasi diri dan berlatih, lama-kelamaan anda akan terbiasa menampilkan presentasi yang efektif. Jangan ragu untuk mengambil setiap kesempatan baru untuk melakukan presentasi yang lebih baik lagi.

Selalu berpikiran positif, dan ingat bahwa audiens hadir untuk menunggu apa yang anda sampaikan. Lakukan sebaik mungkin, dan yakin pada kemampuan anda, serta coba terapkan beberapa tips presentasi efektif seperti yang sudah diberikan di atas. Kalaupun ada kesalahan, anda bisa belajar kembali dan berlatih agar ke depannya anda lebih baik.

Itulah rahasia menampilkan presentasi efektif yang dapat kami bagikan untuk Anda. Tips tersebut dapat membuat presentasi Anda jauh lebih berdampak. Jika ingin mempelajari lebih lanjut terkait skill terpenting dalam presentasi, dengan senang hati Kreasi Presentasi akan mewujudkan keinginan mulia Anda untuk upgrade skill dan kemampuan anda. Silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 untuk penawaran spesial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan diisi sebelum komentar * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.