Prinsip Desain Slide Profesional Kelas Dunia


Sebelum mengarah ke apa saja prinsip desain slide profesional, tentunya kita perlu memahami betul mengapa desain slide profesional itu penting.  Selain untuk memudahkan pekerjaan Anda terkait presentasi, desain slide profesional dapat membantu Anda melejitkan bisnis ketika mempresentasikan gagasan atau ide kepada klien. Desain slide profesional sebagai sebuah jalan yang mengantarkan Anda untuk mempengaruhi Audiens. mempengaruhi mempunyai arti yang luas, dapat mempengaruhi emosi, mempengaruhi sikap, maupun mempengaruhi lainnya. Kalau istilah kerennya sih… menghipnotis. Tak perlu belajar ilmu menghipnotis ala Uya Kuya ataupun Dedy Corbuzier, cukup mempelari ilmu desain slide, salah satunya mengetahui prinsip desain slide profesional yang akan mengubah presentasi menjadi kian amazing. Jika ilmu ini sudah dipelajari, kami yakin jika audiens dapat menangkap informasi yang Anda sampaikan. Berikut prinsip desain slide profesional yang kami ulas dari berbagai artikel:

  1. Proximity atau kedekatan

Proximity atau kedekatan adalah mengorganisasi unsur-unsur yang ada dalam slide menjadi satu kesatuan. Tujuannya adalah agar desain slide terlihat menyatu dan tidak terpisah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan prinsip ini, salah satunya yakni mengorganisasi teks-teks menjadi menyatu satu sama lain. Seperti pada slide di bawah ini, teks pada konten diletakkan di bagian kanan dan menyatu, jika antara poin satu, dua, dan tiga menyebar, maka akan terlihat bukan satu kesatuan sehingga menimbulkan multitafsir.

2. Alignment atau perataan

Alignment atau perataan ini merupakan sebuah prinsip untuk mengatur unsur-unsur yang ada dalam slide, misalnya teksnya. Seperti misalnya dalam gambar di bawah ini, semua teks yang ada menggunakan rata tengah. Jika salah satu menggunakan rata kanan atau lainnya, maka slide menjadi kurang harmoni.

Beda halnya jika teks dibagi menjadi dua kolom kanan dan kiri seperti gambar di bawah ini, maka Anda boleh menggunakan rata kiri untuk teks sebelah kanan, dan rata kanan untuk teks sebelah kiri. Jika teks sebelah kiri menggunakan rata kiri, maka terlihat kurang menyatu.

3- Simplicity atau Sederhana

Slide yang bagaimanakah yang dapat disebut sederhana? Begini, slide dapat dikatakan simple ketika mempunyai teks yang ringkas, meminimalisir bullet point, serta satu slide berisi satu pesan, seperti dalam tajuk Membuat Powerpoint Serba Satu dan Desain Slide Presentasi-Minimalisir Bullet Point.

4. White Space atau ruang kosong

White space atau ruang putih atau sering dikenal dengan ruang kosong ini mempunyai prinsip menyisakan ruang kosong dalam sebuah slide dengan tujuan memudahkan pemahaman audiens. Seringkali memakai background putih yang memberi kesan simple namun elegan.

5. Contrast atau Perbedaan

Prinsip desain slide profesional satu ini mempunyai arti dua atau lebih unsur berbeda dengan yang lainnya, entah itu berbeda jenis font, warna, atau bentuk tertentu. Hal ini tentu berdasarkan pada alasan tertentu, yakni menekankan sesuatu yang penting sehingga perbedaan itulah yang nantinya menarik perhatian audiens dengan cepat. Dengan begitu, audiens dapat menangkap pesan utama yang ingin disampaikan dalam slide. Seperti pada gambar berikut yang memberikan penekanan pada huruf yang di bold.

6- Repetisi atau pengulangan

Mengulangi di sini bisa berarti mengurangi beberapa atau keseluruhan slide sehingga tampak menyatu dan konsisten satu sama lain, kalau istilah kerennya, terlihat harmonis. Apa saja yang diulang? Bisa warna, layout, shapes, atau unsur lainnya. Seperti gambar di bawah ini, shape dan warna icon yang ada sama antara slide pertama dan slide di bawahnya.

Nah, itulah yang dapat kami bahas terkait prinsip desain slide profesional. Tim Kreasi Presentasi siap memandu melejitkan skill desain slide presentasi. Silakan menghubungi kami untuk melakukan kerjasama: 0857 3333 0407.