Pertimbangan Dasar Pemilihan Font


Demi tersampainya sebuah pesan melalui slide, presenter akan menampilkan dalam berbagai bentuk baik melalui gambar maupun teks. Sama halnya dengan gambar, teks pun harus dibuat dengan cantik melalui pemilihan font yang tepat. Sebelum mengarah ke pertimbangan dasar pemilihan font, silakan mendalami tips memilih font karya Pakar Slide Dhony Firmansyah dan mengungkap kepribadian melalui font karya Kreasi Presentasi. Dari situ Anda akan tahu jika kepribadian menentukan jenis huruf yang akan dipilih.

Nah agar dapat memilih font yang tepat untuk presentasi, pertimbangan dasar pemilihan font perlu untuk dilakukan. Mengulas dari buku Amazing Slide Presentation karya Pakar Slide Dhony Firmansyah, disebutkan bahwa ada lima pertimbangan dasar pemilhan font menurut Robin Williams dalam buku The Non-Designer Type Book:

  1. Kategori Jenis Huruf

Dalam pengklasifikasiannya, ada enam kategori font antara lain geometric sans, humanist sans, traditional, transitional, modern, dan slab serif. Dari situ, Anda dapat menyesuaikan pilihan dengan slide presentasi Anda. a) Geometric sans. Huruf minimalis yang minim lekukan ini merupakan huruf yang modern dan universal. Jenis ini cocok untuk membuat pesan berupa quotes, jurnal ilmiah, surat kabar, dan buku. b) Humanist sans. Huruf berlekuk yang  memiliki variasi ini digunakan untuk iklan, novel, dan lainnya dengan tujuan memburu empati atau menyentuh hati audiens, menghimbau, dan mempengaruhi sesuatu. c) Old style. Sama seperti namanya, huruf ini terlihat kuno namun mempunyai sifat artistik. Sangat baik dipadukan dengan latar belakang atau tema tradisional. d) Transitional. Sama juga dengan namanya, font ini merupakan peralihan antara old style dan modern. e) Modern. font ini terlihat dinamis dan berwibawa, biasanya ditujukan untuk penulisan nama dan gelar. f) slab serif. Cukup mudah jika mengetahui jenis ini karena mempunyai kotak persegi di bagian ujungnya. Font ini sangat cantik jika diletakkan dalam slide presentasi.

2. Kualitas Huruf Jika Ditampilkan dalam Slide

Perlu diketahui bahwa tidak semua huruf mudah dibaca dalam slide maupun media cetak, pasti ada beberapa jenis huruf yang mempunyai garis yang tipis, rapat, dan bentuk yang tidak beraturan, seperti misalnya Mistral dan Blackadder ITC. Alangkah baiknya menghindari font tersebut jika ingin audiens memahami slide Anda.

3. Ruang Penulisan

Perlu diketahui bahwa semua font mempunyai lebar, luas, tinggi, maupun lengkungan yang berbeda. Mungkin memang pengaturan size di komputer sama, namun ada font yang terlihat kurus seperti agency dan ada pula yang terlihat gemuk seperti archer. Jika ruang penulisannya memungkinkan untuk diisi font yang terlihat gemuk, maka Anda boleh mengaplikasikannya, dan sebaliknya.

4. Penggunaan Tulisan

Maksud penggunaan tulisan di sini yakni seberapa banyak tulisan ditampilkan dalam slide PowerPoint. Slide yang hanya dibaca sekilas lebih baik mempertajam gambar atau background slide. Untuk fontnya, sebaiknya menggunakan ukuran besar dan banyak lengkungan seperti Cooper. Untuk slide yang benar-benar harus dibaca, alangkah baiknya menggunakan font ukuran sedang yang tidak terlalu banyak variasi, misalnya Arial.

Nah, itulah cuplikan pertimbangan dasar pemilihan font yang dapat digunakan sebelum membuat slide presentasi. Jika ingin praktek langsung, silakan menghubungi 08573330407, dengan senang hati kami akan memandu langsung di perusahaan Anda. Anda pun boleh melengkapi referensi tentang desain slide presentasi dengan membeli buku Amazing Slide Presentation, silakan menghubungi 0812 3271 6030 untuk pemesanannya ya…

Salam Amazing,