Pertanyaan Sebelum Membuat Grafik


Dalam presentasi data, tujuan utama adalah bagaimana agar audiens mengetahui poin penting dalam data yang disajikan. So, sudah selayaknya jika penampilan data ditampilkan sevisual mungkin. Grafik lebih direkomendasikan dibandingkan tampilan tabel dan angka karena lebih mudah diterima oleh indera penglihatan. Data yang seabrek akan sulit dicerna karena memori yang dimiliki manusia terbatas sehingga perlu upaya untuk mengatasinya. Untuk mengatasinya, sangat perlu mengetahui 5 pertanyaan sebelum membuat grafik berikut agar tampilannya terlihat amazing:

1- Apakah jenis grafik yang dipilih sudah tepat?

Pertanyaan sebelum membuat grafik yang pertama yakni pemilihan jenis grafik. Jenis grafik itu bermacam-macam berdasarkan fungsinya sehingga perlu untuk mempertimbangkan ketepatan dalam memilihnya. Apa saja macamnya dapat Anda simak dalam tajuk Macam Grafik Infografis karya Pakar Slide Dhony Firmansyah. Dalam mempresentasikan sebuah laporan yang mengharuskan untuk menampilkan grafik, seringkali audiens atau atasan akan mempertanyakan tentang grafik tersebut dan alasan apa yang membuat Anda memilihnya. Maka, berikan penjelasan yang baik serta pilihlah grafik yang tepat berdasarkan fungsinya.

2- Apakah grafiknya bermakna ganda?

Tampilan grafik yang ambigu menyebabkan audiens salah tafsir terhadap apa yang disampaikan sehingga akan menyesatkan mereka. Usahakan untuk membuat grafik yang jelas dan tidak membingungkan agar kebenaran informasi pun didapatkan dengan mudah tanpa teka-teki yang berbelit-belit.

3- Apakah sumbu grafiknya sudah benar?

Pastikan agar masing-masing kategori mempunyai interval yang sama sehingga benar-benar dapat dibaca oleh audiens. Dalam hal ini, yang diperlukan adalah ketelitian agar tidak salah dalam menghitung intervalnya.

4- Apakah skala sumbu nilai dimulai dari nol?

Hampir jarang sekali ditemukan grafik garis atau batang yang sumbunya tidak dimulai dari nol. Jika tidak dimulai dari nol, dikhawatirkan audiens akan kebingungan karena harus menghitung dan menfasirkan sendiri isi dari data tersebut. Jika memungkinkan, usahakan agar sumbu X dan Y nya dimulai dari nol, silakan simak juga dalam tajuk Membuat Grafik Garis Memukau karya Pakar Slide Dhony Firmansyah.

5- Apakah tampilannya konsisten?

Pertanyaan sebelum membuat grafik yang terakhir yakni konsistensi grafik. Konsistensi yang dimaksud di sini adalah semua grafik dari slide pertama hingga terakhir menggunakan skema wana, font, dan ukuran teks yang konsisten sehingga terlihat rapi dan terstruktur.

Nah, itulah Pertanyaan Sebelum Membuat Grafik yang dapat Kreasi Presentasi sampaikan. Semoga dapat melejitkan skillmembuat infografis berkelas dunia. Jika ingin praktek langsung, Kreasi Presentasi siap hadir mengunjungi Anda kapan pun dan di mana pun. Untuk melakukan kerjasama, silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing,