Permasalahan Sebelum Menggunakan Tableau


Satu bulan yang lalu, Kreasi Presentasi launching produk baru yakni Amazing Data Presentation, yang lebih mudah dikenal dengan workshop analisa dan visualisasi data menggunakan software tableau. Hal itu dilatarbelakangi karena dalam era big data ini, pertumbuhan data dan informasi semakin pesat hingga muncul data-data yang heterogen sehingga membutuhkan tantangan baru untuk memahaminya. Analisa data harusnya dilakukan dengan mudah dan menyenangkan sehingga tidak memberatkan dalam penyelesaian pekerjaan tertentu. Akhirnya, setelah melakukan penelitian mendalam tentang software analisa data, kami menemukan tableau sebagi solusinya.

For your information, tableau ini merupakan salah satu business intelligent atau kecerdasan bisnis yang kemampuannya sungguh tidak mengecewakan. Ia dipercaya sebagai software analisa data terbaik, terpraktis, terdepan, dan ter plus-plus lainnya. Visualisasinya pun dapat dilakukan dengan bermacam-macam baik dalam bentuk bagan maupun dashboard. Dengan begitu, banyak orang-orang yang mencari tableau demi keuntungan-keuntungan yang menjanjikan. Apa saja permasalahan sebelum menggunakan tableau yang dihadapi oleh instansi-instansi? Berikut ulasannya:

1- Boros waktu

Permasalahan sebelum menggunakan tableau dapat dirasakan ketika kita menghabiskan 3 jam bahkan lebih untuk menganalisa data. Setelah menggunakan tableau, kita dapat menganalisanya hanya dalam beberapa menit saja. Hal ini tentunya menjadi kemajuan yang signifikan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.

2- Kesalahan Entri Data

Seperti misalnya saat entri beberapa data laporan ke dalam software tertentu, kita perlu menggabungkan beberapa laporan tersebut untuk menghasilkan laporan akhir yang akan menjadi data keseluruhan. Hal itu rawan kesalahan karena dilakukan secara manual. Dengan menggunakan software tableau, data yang ada menjadi lebih rapi. Maksudnya, sebelum mengarah ke tableau, kita akan melihat kumpulan data dalam excel yang berisi beberapa kolom. Ketika menggunakan software tableau, kita dapat melihat semua data dalam kolom di tahun tertentu hanya satu kali sorot.

3- Presentasi Data Kurang Efektif

Mengapa dikatakan kurang efektif? Karena audiens kurang aktif dalam menerjemahkan data yang dipresentasikan. Mereka hanya melihat elemen-elemen data dalam sebuah spreadsheet. Tableau dapat menstimulasi audiens untuk berfikir lebih dalam seperti menganalisa karakteristik konsumen, mengambil keputusan tertentu untuk memperbaiki sistem yang ada di sebuah perusahaan, serta menyimpulkan informasi dengan efektif dan efisien. Dengan begitu presentasi berjalan dengan efektif dan memuaskan.

Nah, cukup itu saja permasalahan sebelum menghadapi tableau yang dialami oleh beberapa instansi. Semoga bermanfaat bagi Anda yang mendalami dunia analisa data. Jika ingin mendalami lebih lanjut terkait analisa data, kami akan senang membantu mendampingi perusahaan Anda, silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 untuk melakukan kerjasama spesial.

Salam Amazing,