Workshop Infografis di B2P2TOOT Tawangmangu


Berbicara tentang data, biasanya yang paling sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah data dalam bentuk tabel dan grafik. Masalahnya, data-data tersebut disajikan dengan cara yang kurang menarik dan membuat kita, pembaca menjadi bosan. Namun, seiring berjalannya waktu dan tren dalam penyajian data, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyajikan data tersebut menjadi lebih menarik dan eye catching. Salah satu cara untuk menyajikannya adalah dalam bentuk infografis. Hal ini juga menjadi perhatian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT), oleh karena itulah diadakan workshop infografis di B2P2TOOT Tawangmangu.

Mengapa Infografis? Alasannya, karena Infografis dapat menarik perhatian lebih dari segi visual. Jelas sekali bahwa orang-orang lebih menyukai konten yang menonjol secara visual karena dianggap lebih menarik & mudah dipahami. Tidak hanya itu saja, dengan Penggunaan warna-warna yang cerah dan lembut di mata memungkinkan infografis untuk diingat oleh banyak orang dengan cepat.

Kreasi Presentasi selaku perusahaan pelatihan presentasi dan desain slide di Indonesia mendapatkan kesempatan dan dipercaya untuk berbagi ilmu tentang infografis di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) di Tawang Mangu Solo. Acara ini berlangsung pada tanggal 9 – 10 November 2016 dan diikuti + 20 orang dari berbagai bidang di B2P2TOOT. Dalam pelatihan ini para peserta dipandu langsung oleh Dhony Firmansyah a.k.a Pakar Slide dan dibantu oleh dua orang asisten dari Kreasi Presentasi yaitu Panji Priambudi & Bheny Setyawati.

Di hari pertama workshop infografis di B2P2TOOT Tawangmangu, para peserta mendapatkan materi tentang sejarah infografis & mengenal elemen-elemen yang ada di dalamnya. Salah satu elemen penting yang dibahas dalam infografis ini adalah tentang image (gambar). Pada sesi ini para peserta mendapatkan materi tentang Pentingnya Image (gambar) + Harmonisasi Warna dalam membuat infografis serta sumber-sumber dalam mencari gambar yang berkualitas tinggi dan legal. Tugas para peserta di hari pertama ini adalah membuat Cover Slide yang menarik sebagai tugas awal dalam membuat infografis mereka masing-masing. Dalam artikel ini saya berikan contoh jenis cover untuk infografis yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Hari Kedua workshop infografis di B2P2TOOT Tawangmangu, para peserta mendapatkan materi tentang berbagai jenis font yang bisa digunakan dan contekan kombinasi font yang sudah teruji dan eye catching. Selain itu juga para peserta mendapatkan materi pengenalan tentang animasi, grafik dan diagram. Berbicara tentang grafik, ternyata ada 3 (tiga) Kesalahan dalam membuat grafik, yaitu: 1. Terlalu banyak data, 2. Tidak bisa diedit, dan 3. Warna yang tidak harmoni (terlalu banyak).

Sebagian besar para peserta dari B2P2TOOT merasakan manfaat yang besar dari training ini karena bisa langsung diaplikasikan dalam bidang pekerjaan mereka. Bahkan beberapa orang yang sudah sering menggunakan Ms.PowerPoint merasa takjub karena hanya dengan menggunakan Powerpoint saja mereka bisa membuat infografis layaknya infografis profesional yang selama ini mereka biasa lihat di lapangan.

Jadi… Bagaimana dengan Anda? Sudah siap untuk menjadikan Data Anda lebih Menarik dan Visual sehingga dampaknya AMAZING? Kami dari Kreasi Presentasi siap membantu Anda melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi dan Infografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (24 Jam)

Terima Kasih & Salam Hangat

Panji Priambudi

| Presentation Consultant & Associate Trainer Kreasi Presentasi |