Pelatihan Infografis PGASCOM Batch 2


Kreasi Presentasi Kembali mengadakan pelatihan infografis untuk memenuhi permintaan dari pimpinan PGAS Telekomunikasi Nusantara(PGASCOM). Pelatihan infografis PGASCOM ini merupakan yang kedua kalinya (batch 2) dan diselerenggarakan pada tanggal 26-27 November 2019. Pelatihan infografis PGASCOM batch 2 sebagai salah satu pelatihan yang diharapkan bisa memberikan peningkatan kompetensi pada staff mereka.

Pelatihan infografis PGASCOM batch 2 ini dihadiri oleh + 23 orang dari berbagai divisi dan dipandu langsung oleh Dhony Firmansyah. Tentunya tak lupa workshop ini juga diasistensi oleh tim trainer kreasi presentasi yaitu Panji Priambudi dan Hakim Asthra Yudhie. Selama 2 hari para peserta mendapatkan materi seputar infografis dan bagaimana mengaplikasikannya ke dalam tema yang telah mereka pilih di awal pelatihan.

Menyampaikan informasi secara visual telah menjadi kebutuhan dalam penyajian data beberapa tahun belakangan ini. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa penyampaian informasi yang disampaikan secara visual memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teks saja, karena manusia dapat jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan. Salah satu alasannya adalah informasi yang ditangkap secara visual akan diproses sekaligus oleh otak, berbeda dengan informasi yang disampaikan via teks, dimana informasi akan diproses secara linear (dari awal kalimat hingga ke ujung kalimat).

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk penyajian data ataupun informasi yang menarik adalah dengan menggunakan infografis. Hal inilah yang mendorong rekan-rekan di PGAS Telekomunikasi Nusantara untuk belajar membuat infografis dengan menggunakan software yang familiar dengan mereka yaitu MS. PowerPoint.

Adapun materi yang dipelajari di hari pertama workshop adalah pengenalan seputar infografis, macam-macam infografis, syarat infografis yang baik, pemilihan kombinasi font yang tepat serta pembuatan template warna. Tidak hanya itu, peserta juga diberikan tips dalam menentukan diagram dan icon yang menarik sehingga nuansa infografisnya terlihat professional. Hal yang menjadi tantangan dalam membuat infografis sebenarnya adalah ide dan kreativitas sehingga kami memberikan beberapa alternatif diagram dengan model infografis dengan harapan para peserta bisa mendapatkan insight baru terkait materi yang mereka buat.

Materi yang dipelajari di hari kedua adalah bagaimana membuat teks layout yang baik dalam infografis sehingga sisi estetika dalam desainnya lebih mudah untuk disajikan. Pada hari kedua ini peserta juga belajar tentang bagaimana membuat grafik yang sederhana, menarik dan bernuansa infografis. Selain itu peserta juga mendapatkan tips penyajian data untuk tabel agar ke depannya para peserta memiliki cara baru dalam penyajian tabel yang lebih menarik lagi.

Semua peserta mendapat tugas yang harus dikumpulkan di hari pertama dan kedua agar semakin paham dengan materi yang sudah dipelajari. Tugas yang dikumpulkan nantinya akan diberikan feedback dan apresiasi dari tim Kreasi Presentasi kepada para peserta agar makin semangat dalam menyusun infografisnya. Pada akhir sesi hari kedua, peserta diminta untuk memilih 5-7 slide dan kemudian menyusun slide tersebut hingga menjadi infografis vertikal. Rata-rata peserta mengatakan bahwa mereka mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru dari workshop ini dan akan mengaplikasikannya di divisi kerja masing-masing.


Untuk Anda yang ingin mempelajari Presentasi, Infografis, Visualisasi data & Videografis, dan Analisa Data, silahkan hubungi Bu Isti (0857 3333 0407)


Pada akhir sesi, Kami dari Kreasi Presentasi memberikan apresiasi untuk 3 orang terpilih yang menurut kami hasil desain infografisnya paling bagus dan sesuai dengan yang telah diajarkan di kelas. Semua pemenang berhak mendapatkan Premium powerpoint template dengan tema infografis serta kenang-kenangan dari Kreasi Presentasi.

Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaannya semoga dengan adanya pelatihan infografis PGASCOM batch 2 bisa membantu para peserta di PGAS Telekomunikasi Nusantara di bidang kerjanya masing-masing.

Terima Kasih & Salam Hangat