Pelatihan Infografis KKP – JICA Batch 9


Media visual benar-benar perlu dalam penyajian informasi maupun data di era saat ini, agar terlihat menarik serta mudah dipahami. Media visual seperti infografis merupakan solusi juga sangat tren saat ini yang sudah dirasakan oleh semua instansi pemerintah, BUMN, swasta maupun personal. Begitu juga maanfaat yang dirasakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang sudah menggunakan media visual infografis sejak 2016 silam.

Peningkatan skill sangat diperlukan, untuk mengimbangi perkembangan zaman. Oleh karena itu Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) yang di-arrange oleh JICA (Japan International Cooperation Agency) bekerja sama dengan Kreasi Presentasi untuk mengadakan Pelatihan Infografis KKP – JICA Batch 9 dan saat ini mempunyai ratusan alumni.

Pelatihan Infografis KKP – JICA Batch 9 terlaksana pada hari Kamis-Jumat tanggal 30-31 Januari 2020 di Ruang Nila Lantai 15 Gedung Mina Bahari 4, Jl. Batu No.1, Gambir – Jakarta Pusat yang diikuti 40 peserta. Workshop Infografis ini dipandu langsung oleh Tim Kreasi Presentasi Dhony Firmansyah, Hakim Asthra Yudhie dan Agil Fitrah Febrianto.

Selama dua hari materi yang dipelajari sangat padat, adapun materi yang dipelajari yaitu overview tentang infografis itu sendiri, elemen-elemen yang ada di dalam infografis serta bagaimana mengoptimalkan template warna yang dipilih dan kombinasi font yang digunakan. Workshop Infografis ini tidak sebatas kulitnya saja, tapi materinya lebih mendalam disertai dengan praktik sehingga peserta dapat merasakannya langsung. Di dalam workshop ini, peserta diminta untuk berkreatifitas sebebas-bebasnya dengan tema infografis yang menantang. Peserta dipandu dan didampingi oleh tim Kreasi Presentasi yang sudah memiliki banyak pengalaman, selama workshop berlangsung peserta dapat bertanya juga berkonsultasi.


Untuk Anda yang ingin mempelajari Presentasi, Infografis, Visualisasi data & Videografis, dan Analisa Data, silahkan hubungi Bu Isti (0857 3333 0407)


Membasa tentang warna, berikut ada tips singkat dalam pemilihan paket warna dan menentukan warna background juga warna teks. Mari kita bahas secara singkat.

Pertama, Pilih warna yang tersedia pada website penyedia template warna, yang mempunyai warna netral bisa dikatakan warna terang juga warna gelap.

Kedua, Gunakan warna netral atau yang mendekati netral tersebut sebagai warna background. Bisa dikatakan warna netral tersebut dapat mengakomodasi semua warna.

Ketiga, Tentukan warna teks untuk konten dan judul dalam desain. Bila Anda sudah memilih warna background, maka selanjutnya pilihlah warna teks konten. Kenapa demikian, karena waran background berkebalikan (berlawanan) dengan warna teks konten dia harus terlihat dengan jelas. Pengertiannya seperti ini, warna background anda terang, maka warna teks konten pilih yang sangat gelap, begitu juga sebaliknya. Berikutnya tentukan warna judul, yang mempunyai daya tarik.

Bila tepat memilihnya, Anda mendapatkan hasil desain warna yang cocok serta nyaman divisual. Itulah tips sederhana yang bisa Anda coba.

Masih banyak lagi yang dipelajari dalam workshop infografis ini, tentunya ilmunya dapat membantu peserta untuk diaplikasikan dalam pekerjaannya.

Bagi Anda yang penasaran dengan ilmu yang dipelajari dalam workshop infografis ini, silahkan ikuti workshop-nya seperti yang diadakan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Bila Anda penasaran dengan hasil peserta workshop, Anda dapat mengunjungi galeri kami di “Hasil Infografis Peserta”.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Pelatihan Infografis KKP-JICA Batch 9 atas kepercayaan yang diberikan kepada Kreasi Presentasi, semoga kerjasama ini dapat terus terjalin.

Terimaksih & Salam Amazing