Pelatihan Infografis KKP – JICA Batch 8


Keahlian mengemas informasi dan data merupakan suatu keharusan di era saat ini. Begitu banyaknya informasi dan data dan terus bertambah sehingga perlu dikemas sebaik mungkin, agar mudah dipahami. Tapi tidak semua orang paham bagaimana mengemasnya dengan baik, sehingga informasi tersebut dikemas dengan seadanya. Visualisasi data dan informasi menggunakan infografis merupakan solusi saat ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan merasakan pentingnya keahlian ini.

Oleh karena itu Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) yang diarange oleh JICA (Japan International Cooperation Agency) bekerja sama dengan Kreasi Presentasi untuk mengadakan Pelatihan Pelatihan Infografis KKP – JICA Batch 8 dan sudah memiliki ratusan alumni.

Pelatihan Infografis KKP – JICA Batch 8 terlaksana pada hari Kamis-Jumat tanggal 11-12 April 2019 di Ruang Nila Lantai 15 Gedung Mina Bahari 4, Jl. Batu No.1, Gambir – Jakarta Pusat yang diikuti 35 peserta. Pelatihan Infografis ini dipandu langsung oleh Tim Kreasi Presentasi Dhony Firmansyah, Hakim Asthra Yudhie dan Heryadi Mulyana.

Dalam pelatihan ini peserta dapat membuat infografis menggunakan software PowerPoint yang tentunya semua orang familar. Dalam pelatihan ini, peserta diminta untuk berkreatifitas dengan sebebas-bebasnya, peserta pun memilih salah satu tema dalam nomor undian dengan tiga puluh lima tema infografis, tentunya tema tersebut dapat berkenaan dengan pekerjaan maupun umum. Nah tema yang sudah terpilih, akan menjadi sebuah infografis vertikal seperti koleksi yang terdapat di pinterest.com.

Tentunya peserta tidak dibiarkan begitu saja, peserta dipandu secara sistematis mendapatkan resource keilmuan terpercaya sebagai dasar dan praktik.

Dalam sebuh infografis yang perlu ditekankan pada harmonisasi warna, font dan tata letak sebuah objek. Apabila seorang maker konsisten, maka hasilnya akan optimal dan mempunyai daya tarik. Karena infografis merupakan informasi yang divisualkan.

Pembagian font yang diajarkan kepada peserta sangat simple, pembagian font yang sering digunakan untuk bisnis dan pendidikan terbagi menjadi tiga kategori besar yaitu : Serif, Sans Serif (Sans) dan Dekoratif.
Mari kita bahas secara singkat.

Pertama: Serif, cirinya font ini mempunyai lekukan di ujung-ujung hurufnya, ibarat manusia dia menggunakan topi dan sepatu. Font menampilkan kesan profesional dan kaku, sehingga font ini lebih berat dibaca dalam paragraph. Buktinya, butuh berapa waktu anda membaca 1 berita di koran? Nah karena dia berat untuk dibaca maka font ini bagus digunakan untuk judul dan sub judul.

Kedua:Sans Serif (Sans), cirinya font ini tidak memiliki lekukan di ujung-ujung hurufnya ibarat manusia dia tidak menggunakan topi dan sepatu, font ini terlihat ringan dibaca. Font ini menampilkan kesan simple sehingga font ini lebih ringan dibaca. Buktinya anda dapat membaca status di sosial media dengan cepat. Karena font ini ringan di visual, maka font ini bagus digunakan untuk konten (isi).

Ketiga: Dekoratif, cirinya font ini mempunyai daya tarik, perlu bukti ? Coba saja Anda ke minimarket atau swalayan. Semua produk disana menggunakan font dekoratif. Nah font ini hanya bagus digunakan untuk 2-3 kata saja serta font ini bagus digunakan untuk judul presentasi.

Setelah kita paham pembagian font, maka bijaklah dalam penggunaannya dalam desain presentasi maupun infografis.


Bagi Anda yang ingin bersama-sama mempelajari infografis & videografis
bersama kami seperti halnya Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) dan Japan International Cooperation Agency (JICA), silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.


Sesudah tahapan mendesain, saatnya menyatukan masing – masing bagian menjadi infografis vertikal. Ternyata hasil infografis peserta bagus dengan ide luar biasa dengan berbagai tema. Bila bisa mempertahankan konsistensi warna, font, placement, supaya menghasilkan desain infografis yang harmoni.

Setiap orang mempunya ide dan sense yang berbeda-beda, terlihat dari hasil yang sangat luar biasa dari peserta.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Pelatihan Infografis KKP – JICA Batch 8 atas kepercayaan yang diberikan kepada Kreasi Presentasi.

Salam Amazing