Pelatihan Infografis Kementerian BUMN


Pernahkan Anda bertanya-tanya bagaimana agar data presentasi yang Anda punya (biasanya dalam bentuk tabel) menjadi  lebih VISUAL & MENARIK?

Pertanyaan ini diajukan oleh Dhony Firmansyah pada saat pembukaan Pelatihan Infografis Kementerian BUMN kepada para peserta batch-1 25-26 Juli dan batch-2 27-28 Juli 2016 lalu. Menurut Dhony Firmansyah a.k.a Pakar Slide, untuk membuat data presentasi yang sebelumnya membosankan serta sulit dipahami bisa dibuat menjadi LEBIH VISUAL & LEBIH MENARIK melalui INFOGRAFIS.

Apa itu Infografis? Infografis terdiri dari dua kata yaitu Informasi dan Grafis. Singkatnya infografis merupakan Gambaran (Bentuk Visual) tentang data/informasi/ilmu pengetahuan yang disajikan baik online maupun offline (cetak). Biasanya untuk membuat infografis kebanyakan orang menggunakan software Adobe Illustrator/Corel Draw. Masalahnya adalah software grafis seperti Adobe Illustrator kurang familiar dengan para presenter atau pembicara yang akan mempresentasikan datanya.

Hal ini dikarenakan ada perbedaan peran serta orang dalam membuat infografis. Di satu sisi ada yang mendesain infografis (biasanya satu orang khusus) dan disisi lain ada yang akan menyajikan datanya sebagai report/laporan kepada para kolega atau atasan di instansi/perusahaan. Hal inilah yang menjadi kendala karena ketika ada perubahan data maka prosesnya dimulai dari awal lagi. Berangkat dari hal tersebut ternyata ada satu solusi yang masih belum banyak orang yang tahu bahwa hanya dengan bermodalkan PowerPoint saja Anda juga bisa membuat Infografis yang MENARIK. Dalam Pelatihan Infografis Kementerian BUMN kemarin tim Kreasi Presentasi berbagi materi dan tips bagaimana mendesain infografis dengan menggunakan powerpoint.

Selama 2 hari dalam 2 batch training, pelatihan dimulai dari jam 09.00 – 16.00 WIB dengan materi di awali dari Definisi infografis, macam-macam infografis, 3 Kunci Penting dalam Membuat Infografis, pengenalan image (gambar) sebagai salah satu faktor penting sebagai unsur visual dalam infografis dan dilanjut dengan membuat template presentasi serta beberapa slide make over yang menjadi studi kasus sebagai bahan praktek dalam training ini. Dari sudut pandang peserta, hal ini menjadi hal yang baru bagi mereka karena selama ini yang mereka tahu, Powerpoint hanya dipakai untuk presentasi saja. Bagi saya pribadi, setelah beberapa kali membantu memfasilitasi Mas Dhony, saya merasakan selalu ada update materi yang beliau bawakan di setiap kesempatan. Contohnya dalam hal ini adalah dalam hal membuat grafik batang yang (awalnya) saya pikir sudah bagus ternyata bisa dibuat menjadi Lebih AMAZING lagi.

Image from: Inmagine.com

Sebenarnya ada 3 Prinsip dari Infografis yang bagus yaitu Harmoni , Simple dan Unik. Di Pelatihan Infografis Kementerian BUMN para peserta dibimbing untuk bisa menerapkan 3 prinsip tersebut dan full praktek tentunya. Hasil dari para peserta ini bisa Anda lihat di web www.KreasiPresentasi.com , di fanpage www.facebook.com/kreasipresentasi dan di https://twitter.com/kreasiprsentasi .

Jadi sebagai penutup reportase saya kali ini, saya mengutip quote dari Seth Godin yang berbunyi “I think the most productive thing to do during times of change is to be your best self, not the best version of someone else.” (Hal yang paling produktif selama waktu berganti adalah menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri dan bukan menjadi versi orang lain)”

Begitu juga ketika kita membuat slide ataupun infografis, hal yang paling mendasar adalah Buatlah versi terbaik yang akan membuat Anda bangga dan bisa menjadi inspirasi bagi orang lain serta bisa membantu mereka untuk lebih mudah memahami hal yang selama ini rumit seperti data yang ada di sekitar kita. Make it Simple & Meaningful.

PS : Bagi Anda yang ingin mengundang Kreasi Presentasi untuk membantu melejitkan skill Anda dalam mendesain slide Presentasi dan Infografis, silakan hubungi Hotline Kreasi Presentasi 0857 3333 0407 (24 Jam).

Terima Kasih & Salam Hangat

Panji Priambudi
| Presentation Consultant & Associate Trainer Kreasi Presentasi |